15 Tempat yang Tidak Bisa Diakses oleh Orang Biasa

Zaman sekarang, sepertinya hampir tidak ada tempat yang belum pernah dijelajahi. Sayangnya, ini tidak sepenuhnya benar, karena ada tempat rahasia yang hanya bisa dimasuki oleh para karyawan, misalnya. Dan orang biasa hanya bisa melihatnya dari kejauhan.

Di Sisi Terang, kami memutuskan untuk mencari tahu tempat apa saja yang tidak bisa diakses oleh orang sembarang. Di bagian bonus, kamu akan mengetahui tahun berapa kamu bisa masuk ke Kolom Rostral di Saint Petersburg.

Tempat ini terlarang bagi penumpang.

Inilah tempat pilot dan pramugari tidur selama penerbangan panjang. Di dalam pesawat Boeing 787 Dreamliner, posisinya ada di lantai atas dek penumpang.

Belakang panggung gedung pertunjukan opera Glyndebourne.

Akses terbatas pada mahkota dan obor Patung Liberty yang telah ditutup sejak tahun 1916.

  • Ada museum yang didedikasikan untuk sejarah patung ini di bagian penopangnya. Fakta menariknya adalah bagian penopang ini punya langit-langit yang transparan, dari langit-langit tersebut kamu bisa melihat kerangka baja bagian dalam dari patung ini. Terdapat 2 dek observasi di atasnya: yang pertama adalah di mahkotanya, dan yang kedua adalah di obornya. Sayangnya, dek di bagian obor ini telah ditutup sejak tahun 1916 demi alasan keamanan. Tapi kamu masih bisa naik ke mahkotanya—terdapat tangga spiral sempit, yang terdiri dari 356 anak tangga menuju ke sana.

Ruang Arsip Apostolik Vatikan hanya dapat diakses oleh para bangsawan dan peneliti.

Kamu tidak akan melihat depot kereta bawah tanah Moscow Metro, meskipun kamu ketiduran di dalam gerbongnya.

Pabrik pembuatan pesawat juga tidak dapat diakses.

Kantin di dalam kapal selam Prancis ini secara strategis juga sangat penting.

Kamu hanya bisa melihat stasiun kereta bawah tanah Pyongyang Underground dalam tur wisata. Sebelum tahun 2010, turis hanya diizinkan untuk mengunjungi 2 stasiun.

Di Formula 1, penonton hanya bisa menyaksikan balapan dari area penonton.

Hampir tak mungkin untuk mengevaluasi proses renovasi Notre-Dame de Paris dari atas derek.

Kamu juga tidak akan bisa berpartisipasi dalam eksperimen medis yang dijalani oleh para astronot dalam lingkungan gravitasi nol.

Kamu hanya bisa melihat anjungan lepas pantai di Laut Utara dari kejauhan.

Kamu bisa memasuki Mezhgorye (kota di Republik Bashkortostan, Rusia) hanya dengan izin khusus.

Kamu hanya bisa melihat Penumbuk Hadron Raksasa secara langsung, jika kamu adalah pelajar atau guru.

Gunung Athos hanya bisa dikunjungi oleh peziarah pria. Wanita dilarang mendatangi tempat ini.

Bonus: kisah Kolom Rostral di Saint Petersburg yang tidak lagi dibuka untuk umum.

  • Pada akhir tahun 1980-an, kolom ini dibuka untuk umum. Jadi, orang senang naik ke kolom ini di malam hari. Tapi ada satu keanehan kecil: tangganya tidak memiliki lampu, dan karena tangganya sangat sempit, kamu harus menekan punggungmu ke dinding untuk menaikinya. Banyak sekali orang yang naik dan turun saling berpapasan. Saat itu belum ada ponsel, jadi orang menerangi tangganya dengan pemantik api. Pemandangan di atas sana sungguh indah. Tapi semuanya jadi bencana saat musim kelulusan dan pesta prom—tangga ini berubah menjadi toilet umum. Untunglah pintu kolom ini ditutup untuk selamanya. © ldlu / Pikabu

Tempat mana dari daftar ini yang ingin kamu lihat secara langsung? Beri tahu kami di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini