18 Barang Antik yang Tidak Sengaja Ditemukan dan Membuat Orang Bingung

Kamu tidak perlu mengunjungi situs penggalian untuk merasa seperti arkeolog; ke dapur nenek, ruang duduk orang tua, atau toko loak mungkin sudah cukup. Terkadang, tempat-tempat seperti ini menyembunyikan objek antik dengan makna yang akan terus menjadi misteri.

Kami di Sisi Terang sangat penasaran dan tidak bisa melewatkan netizen yang mengunggah tentang objek yang tidak lagi digunakan di masa sekarang, sembari mencari jawaban atas kegunaan benda-benda ini. Meski ada beberapa yang mudah dijawab, yang lain tetap membuat kita menggaruk kepala.

1. “Benda apa ini? Aku menemukannya di meja buffet nenekku.”

2. “Kupikir aku sudah tahu semua tentang alat dapur. Baru-baru ini, ibuku menemukan ini. Apa ini?”

3. “Benda oval apa ini yang kutemukan di dalam kotak jahit dan perlengkapan kerajinan?”

4. “Benda aneh yang mirip jam ini kutemukan di dalam rumah.”

5. “Bantu kami mencari tahu kegunaan alat makan ini.”

6. “Apa kegunaan empat alat makan ini yang kulihat di museum Jerman?”

7. “Logam tahan karat, kira-kira seukuran sendok teh, tidak ada penanda.”

8. “Kotak perak kecil yang aneh, dan di dalamnya ada rantai dengan sayap.”

  • Ini kail dompet, digantung di meja agar tidak menyentuh lantai. Perusahaan pembuat yang satu ini bernama Arbon, dan berasal dari abad pertengahan. © Skrods / Reddit

9. “Bantu aku mencari tahu benda apa ini. Aku menemukannya di dapur.”

  • Ini sejenis beliung yang digunakan untuk memotong kol. Nenekku punya benda yang sama di dapurnya, tetapi sekarang sudah hilang. © Olga Emelyanova / Facebook

10. “Ada yang tahu kegunaan landak ini? Aku bisa memasukkan telur dan menutupnya jika kupotong atasnya. Juga terlalu kecil untuk jadi wadah mentega.”

11. “Aku menemukan objek tidak dikenal! Apa ini? Temanku merapikan lemari neneknya dan terus menemukan benda-benda aneh.”

12. “Aku melihat objek ini di suatu pameran. Aku penasaran apa kegunaannya.”

13. “Tolong bantu aku mencari tahu benda apa ini. Aku menemukannya di perlengkapan jahit nenekku, tapi aku tidak yakin ini dipakai untuk kerajinan tangan.”

  • Ini adalah penjepit khusus yang digunakan untuk memadatkan karet dan pipa elastis lainnya di laboratorium. Nenekmu bekerja di lab? © Gala Ohrimenko / Facebook

14. “Aku menemukan objek logam ini. Tidak ada tulisan atau angka di atasnya, dan bisa membesar seukuran gelang.”

15. “Kami merapikan garasi ayahku dan menemukan tiga pot dengan beberapa batangan berwarna. Ada semacam per yang ditekan ke suatu cincin di dalamnya. Tidak berbau, tidak terbakar, tapi sangat berasap. Apa ini?”

  • Rasanya menyenangkan mengetahui benda yang tidak diketahui orang lain. Foto ini menunjukkan isi ulang lampu lava. Per di bawahnya memanas karena lampunya dan parafin akan mengambang di dalam air. © nkamelin / Pikabu

16. “Kami menemukan objek ini di mesin jahit tua. Bahannya plastik; kalau tombolnya ditekan, benda seperti pinset keluar. Apa ini, dan apa kegunaannya?”

  • Ini pinset untuk mencabut kutu. Aku tidak tahu kenapa ada di mesin jahit. Mungkin seseorang menggunakannya untuk mencabut kelebihan benang. Pinset ini bisa mencabut benang dengan sempurna, dan aku juga menggunakannya seperti itu. Namun, fungsi utamanya adalah mencabut kutu. © Nadejda Panchenko / Facebook

17. “Lubangnya makin kecil jika kuremas. Ditemukan di dapur rumah orang tuaku. Apa kegunaannya?”

18. “Sendok kecil dengan jepit aligator sebagai pegangan—ditemukan saat merapikan dapur.”

Apakah menurutmu kamu bisa tahu berbagai objek dari kompilasi ini tanpa melihat petunjuknya? Apa ada benda di rumahmu yang maknanya tetap menjadi misteri? Ayo tunjukkan fotonya di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau Rodica Radu / Facebook
Bagikan Artikel Ini