19 Temuan Aneh yang Bikin Hampir Semua Orang Bingung

Saat kita mengira telah melihat segalanya dalam hidup, muncullah sesuatu yang membuat kita penasaran. Mungkin kita menemukan benda asing, atau bertanya kenapa benda itu ada, tapi untungnya, selalu ada orang yang punya jawaban atas pertanyaan kita dan langsung memecahkan rasa penasaran ini.

Sisi Terang menghimpun 19 benda misterius dan aneh yang telah dibagikan para warganet dengan harapan akan ada orang yang bisa mengungkap apa sebenarnya benda-benda tersebut.

1. “Ini ditemukan bersama peralatan tua. Sepertinya bukan bagian dari suatu benda. Benda ini bisa terkunci, dan bagian tengahnya bisa berputar, menguraikan 2 helai kain. Bingung deh!”

Jawaban: Ini alat untuk membawa buku.

2. “Aku telah memiliki barang ini untuk sekian lama, ringan, terbuat dari kayu tapi halus sekali... apa sih, ini?”

Jawaban: Itu tusuk konde. Mirip dengan yang ini.

3. “Benda ini mirip pegangan gunting plastik hijau dengan lengkung-lengkung logam dan gerigi plastik. Sayang, benda ini tidak punya tanda pengenal.”

Jawaban: Perkiraanku ini adalah alat perontok tanaman herba. Masukkan tangkai tanaman ke dalam lengkungannya, tutup geriginya, lalu tarik batangnya.

4. “Alat aneh dari besi rumit yang bisa terbuka di satu sisinya”

Jawaban: Ini pegangan cambuk kereta kuda dari besi cor.

5. “Lubang kunci apa sih yang ada di dinding di samping pintu gerbang paling luar?”

Jawaban 1: Mungkin ini untuk pemadam kebakaran. Ada lubang kunci seperti ini di sebelah gerbang tempat parkir kami. Dengan begini, petugas pemadam kebakaran bisa membukanya di saat darurat.

Jawaban 2: Itu adalah Knox Box.

6. “Kedua benda ini sudah lama sekali ada di dalam laci dapur kami, tapi kami belum tahu apa gunanya. Ada yang tahu?”

Jawaban 1: Yang hijau pengupas pisang.

Jawaban 2: Yang biru di sebelah kanan pasti pengupas jeruk dalam bentuk berang-berang. Dengan gigi di bagian depannya, kamu bisa memotong, membuat garis pada kulit jeruk, dan dengan ekornya, kamu bisa mengikis kulit jeruknya.

7. “Kutemukan alat mekanik tua ini di tempat sampah. Beratnya luar biasa. Apa ini mesin kasir? Atau kalkulator mekanik?”

Jawaban: Ini memang kalkulator mekanik, model Odhner keluaran tahun 1950/60-an.

8. “Serangga dari logam padat yang sepertinya buatan Mesir. Nenekku yakin dulu dia mendapatkannya di suatu tempat di Eropa. Di bagian bawahnya terdapat hieroglif dan lumayan berat untuk benda seukurannya.”

Jawaban: Aku punya salah satu dari benda Mesir ini. Ini jelas suvenir penindih kertas.

9. “Ini apa sih? Pasir pantai dari Ekuador ini kayak ada magnetnya.”

Jawaban: Kemungkinan itu adalah besi. Lihat di sini.

10. “Aku menemukan ini di garasi, tabung dengan takik terbuat dari kuningan dan sisa tutup di bagian atasnya. Ada juga bagian berupa batangan tembaga dengan gagang kayu.”

Jawaban: Itu rol rambut. Lihat tautan ini. Aku tahu ada yang namanya sisir panas dan rol rambut dari besi, tapi ini jenis yang lain. Ini jenis rol rambut yang dipakai sepanjang malam, seperti gambar kartun seorang wanita dari tahun 1950-an yang memakai gaun malam dan rol di rambutnya semalaman.

11. “Benda aneh dari toko retail perhiasan dan barang antik Tiffany dengan misterius diberikan kepada istriku oleh neneknya yang menolak mengatakan benda apa ini. Benda ini mungkin dibeli tahun 1930 atau 1940-an. Kira-kira panjangnya 10 cm. Yang dikatakannya cuma ’dia memakainya saat masih muda, tapi sekarang sudah tidak banyak digunakan lagi.’ Ada yang tahu ini apa?”

Jawaban: Itu buat mengaduk minuman.

12. “Aku menemukan sejumlah tiang berlengan tiga di dekat tempat parkir sepeda. Lengannya bisa berputar, dan lokasinya di luar sebuah blok pencakar langit di London.”

Jawaban: Ini adalah sebuah instalasi seni untuk Apartemen Dumont di Tanggul Albert.

13. “Benda apa ini yang banyak kaitnya di dalam lemari dapur?”

Jawaban: Itu rak cangkir.

14. “’Permen’ logam padat ini ada di dalam kantong permen kami. Apa ini bagian dari mesin permen, ya?”

Jawaban: Jelas bukan bagian dari mesin. Karena ukuran dan bentuknya sama, menurutku itu “pengukur” milik tim Penjamin Mutu untuk membantu operator memeriksa bentuk dan ukuran permen dengan sekali pandang.

15. “Alat di rumah jompo ini tampak seperti setengah wastafel setengah toilet.”

Jawaban: Itu wastafel klinis, untuk mengosongkan pispot.

16. “Ini sejenis benda promosi. Apa gunanya, ya?”

Jawaban 1: Aku tidak yakin dengan ukurannya, tapi ini seperti cincin akupresur yang tujuannya membantu peredaran darah di jari-jarimu.

Jawaban 2: Ya, menurut istriku yang berasal dari Korea, itu adalah alat pijat/penguat tangan.

17. “Seseorang diberi hadiah ini atas kelahiran bayinya tanpa penjelasan benda apa ini.”

Jawaban: Ini peredam pintu. Alat ini membalut dan menutup kunci pintu sehingga tidak terkunci, dan karetnya juga membuat pintu membuka dan menutup dengan tenang. Talinya dililitkan ke kenop pintu pada setiap sisinya.

18. “Benda ini ada di atas tempat tidurku di rumah sakit, dan tidak satu pun perawat yang tahu gunanya.”

Jawaban: Ini adalah lampu darurat bertenaga baterai. Sinar merah menunjukkan benda ini berfungsi dan baterainya sedang diisi. Kalau listrik mati, lampu ini akan otomatis menyala untuk menerangi jalan keluarmu.

19. “Aku menemukan ini di rumah nenekku (di Jerman), terbuat dari kaca tipis. Sayangnya tidak ada tutup kotak yang menjelaskan benda apa itu...”

Jawaban: Itu untuk menaruh bunga hias. Satu batang bunga dimasukkan ke dalam tabungnya. Mungkin ada penyangganya, entah di mana, tapi sebagian orang suka menancapkannya pada busa bersama dengan hiasan lain atau dalam kayu apung yang telah dilubangi. Atau bahkan ke dalam pot bunga.

Pernahkah kamu menemukan benda aneh yang tidak kamu ketahui fungsinya? Kalau pernah, bagikan fotonya kepada kami. Mungkin kami bisa membantumu mencari tahu benda apa itu.

Kredit foto pratinjau SometimesLauren / Reddit
Bagikan Artikel Ini