Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

20+ Pekerja Keras yang Menemukan Harta Karun di Bawah Tumpukan Debu Tebal

Sangat sedikit orang yang suka bersih-bersih. Namun, cepat atau lambat, kamu harus mengumpulkan tekad, mengambil lap dan spons, lalu mulai berbenah. Terkadang, hasil dari jerih payahmu ini bisa sangat menakjubkan sampai sulit rasanya percaya ada keindahan yang tersembunyi di bawah lapisan debu, minyak, dan kotoran.

Di Sisi Terang, kami suka melihat perubahan yang drastis. Itu sebabnya kami mengumpulkan foto dari para pengguna internet yang ahli bersih-bersih. Di akhir artikel, kamu akan menemukan bonus yang membuktikan bahwa kamu tidak perlu berlebihan melakukan sesuatu, bahkan saat bersih-bersih.

“Aku membersihkan dan merapikan dapur di rumah mertuaku! Kelihatannya jauh lebih baik! Totalnya sekitar 30 jam dari mulai sampai selesai.”

“Keajaiban yang diberikan pasta gigi dan sikat gigi bekas kepada sepatuku!”

“Aku memakai anting ini selama bertahun-tahun dan tak pernah membersihkannya. Ini foto sebelum dan sesudah dibersihkan.”

“Aku menemukan ini di tempat sampah komunal. Tetangga-tetanggaku pasti tidak melihat potensinya! Ya, kuambil dan kubersihkan saja.”

“Awalnya, aku pakai cuka putih untuk membersihkan karatnya, lalu kugosok dengan wol baja. Kemudian, aku membuat dua lapisan seasoning (lapisan agar tidak lengket dan tidak berkarat) pada panci menggunakan oven!”

“Ini gaun malam renda nenekku dari tahun 1920-an. Gaunnya kotor sekali sampai aku jijik menyentuhnya. Tapi kucuci sampai bersih, dan sekarang gaun ini cantik sekali!”

“Aku membersihkan wajan berkarat berumur 90 tahun.”

“Ini yang kulakukan dengan pressure washer (pembersih bertekanan) pertamaku!”

“Kompor ini tidak pernah dibersihkan selama dua tahun. Aku butuh dua jam menggosoknya untuk membersihkan lapisan kotor yang membandel.”

“Jasa pembersih karpet profesional dipanggil ke kafe tempatku kerja.”

“Aku mendapat teko bekas ini, kubersihkan, dan kusingkirkan keraknya dengan cuka. Tampak bagus, seperti baru lagi!”

“Ada yang membuang rumah mainan ini, lalu kami mengambil dan membersihkannya.”

“Sepatu ini sudah berumur 10 tahun lebih. Baru-baru ini, aku kehujanan saat memakainya. Pacarku bilang sepatu ini tidak bisa diselamatkan lagi dan kami harus membuangnya. Tapi aku yakin bisa membereskan masalah ini.”

“Aku membersihkan cetakan bintang ini.”

“Ini yang terjadi pada bangku tua saat dibersihkan dengan pressure washer.”

“Aku membersihkan wajan Wagner 1891 ini.”

“Ada gumpalan benang di bantal favoritku. Aku membersihkannya dengan pencukur murah, dan aku suka sekali dengan hasilnya!”

“Aku membeli teko teh Le Creuset ini seharga Rp50.000, lalu membersihkannya dengan sedikit soda kue.”

“Patio di belakang rumah baru kami—sudah sekitar 40 tahun tidak dibersihkan.”

“Panci ini menahan siksaan bertahun-tahun sebelum aku tahu soal keajaiban bersih-bersih.”

“Aku agak kaget. Kukira patio dan jalan kecil kami dibuat dari papan cokelat.”

“Saat kulihat sepatu ini di Facebook seharga Rp330.000, aku bertekad aku harus membelinya. Bagian dalam dan bagian luarnya penuh lumpur, tapi sudah kubersihkan dan kupakai sepanjang musim dingin.”

“Aku menghabiskan tujuh jam hari ini untuk membersihkan karpetku.”

“Proyek restorasi pertamaku dibantu oleh penggosok baja antikarat dan kerja keras.”

“Gitar lap steel National New Yorker 1951! Dijual dalam keadaan kotor dan rusak, lalu aku membelinya seharga Rp72.000! Sekarang, sudah bersih!”

“Kali pertamaku menggunakan pressure washer, suka banget!”

“Kakakku memberiku loyang dari besi tuang. Aku membersihkannya dan membuat biskuit dengan ini. Anak-anakku melahap biskuitnya dalam sekejap.”

Bonus: Hal terpenting yang perlu diingat saat bersih-bersih adalah jangan berlebihan.

“Pada pertengahan tahun ’90-an, ibuku datang berkunjung. Di hari pertama, aku menemukan wajan Teflon-ku dibersihkan sampai berwarna perak. Jantungku hampir copot. Aku bertanya kenapa dia melakukannya. Dia bilang, ’Warnanya hitam sekali. Kenapa kamu tidak membersihkan wajanmu hingga seperti itu?!’ Aku senang dia hanya menemukan satu wajan saja dan bukan seluruh set Teflon-ku! Aku tidak tahu harus tertawa atau menangis! Lucunya, wajan Teflon tersebut masih berfungsi dengan baik, bahkan tanpa lapisan yang menutupinya.” © Gabriela Rybchenko / Facebook

Kamu berhasil membersihkan benda yang sangat kotor? Bagikan kiatnya di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau iimorbiid / Reddit, iimorbiid / Reddit
Bagikan Artikel Ini