24 Barang yang Terbukti Tidak Lekang oleh Waktu

Mungkin kita terbiasa dengan barang-barang yang tidak awet. Usia perkakas rumah tangga paling lama tidak melebihi 5 tahun, dan bahkan kurang dari itu bagi perkakas yang dipakai setiap hari. Tapi di masa lalu, situasinya berbeda karena barang-barang diproduksi untuk tahan lama. Hal ini terbukti benar berkat beberapa pengguna media sosial yang dengan bangga memperlihatkan harta warisan atau pembelian mereka yang sudah digunakan beberapa dekade dan masih berfungsi seperti barang baru.

Sisi Terang mengumpulkan rangkaian foto barang-barang yang pernah diunggah yang terbukti tidak lekang oleh waktu.

1. “Kuali panci ibuku yang dia beli pada Januari 1980–41 tahun yang lalu dan masih berfungsi tanpa masalah.”

2. “Sepatu wol kempa Valenki Rusia ini seluruhnya terbuat dari wol yang dikeraskan dan membantuku dengan baik di Texas selama beberapa hari. Tanpa sol, tanpa cetakan, pada dasarnya seperti memakai kaus kaki wol keras setebal 5 cm yang antisalju. Aku sudah memilikinya selama 5 tahun, tidak ada tanda-tanda aus.”

3. “Pulpen-pulpen Cross ini adalah milik kakekku dari tahun 1960-an. Dia bekerja sebagai teknisi analisis kegagalan uji di General Dynamics. Pulpen-pulpen ini digunakan dalam usaha memenangkan perlombaan antariksa, dan kini aku menggunakannya setiap hari saat aku bekerja mengikuti langkahnya.”

4. “Ini adalah sendok dan gelas ukur dari Lee Valley Tools. Orang tuaku telah menggunakan milik mereka selama 25 tahun dan aku telah menggunakan milikku selama sekitar 10 tahun.”

5. “Swing-A-Way yang sudah tua—ini barang yang orang tuaku gunakan untuk membuka makananku sewaktu bayi. Tidak bisa dihancurkan!”

6. “Pentel P205, kuterima saat kelas empat SD. Masih kugunakan di perguruan tinggi sampai hari ini.”

7. “TI-83—Aku menggunakan kalkulator ini saat SMA dan kini aku menggunakannya untuk mengajar murid SMA! Sudah dimiliki selama 19 tahun!”

8. “Truk sampah Tonka ini kumainkan saat aku kecil—Kini aku 24 tahun, dan keponakanku masih memainkannya setiap hari. Luar biasa awet!”

9. “Sudah 10 tahun lebih aku memiliki mug ini, dan selalu kugunakan. Anak balitaku mematahkan tutupnya, aku menyurati perusahan untuk menanyakan penggantinya, dan meskipun sudah tidak diproduksi selama bertahun-tahun, mereka mengirimiku tutup baru secara gratis! Ini untuk 10 tahun lagi menghemat kertas dan plastik!”

10. “Blenderku yang usianya mendekati 10 tahun menghitung berapa kali telah digunakan.”

11. “Putraku menggunakan Jansport yang kudapatkan 20 tahun lalu saat mulai masuk SMP. Masih terlihat baru.”

12. “Rumah kami masih memiliki kenop pintu asli dari tahun 1928!”

13. “Frigidaire RD-20-64, melayani rumah ini sejak 1964, dan SETIAP fiturnya berfungsi.”

14. “Pacarku menggunakan mesin jahit ini untuk membuat masker. Nenek buyutnya membelinya baru pada tahun 1925. Masih berfungsi dengan sempurna.”

15. “Kulkas General Electric dari tahun 1942 di rumah temanku berfungsi dengan sempurna!”

16. “Suhu −8 derajat Celsius, pemadaman listrik bergilir. Lihatlah cerek kopi Pyrex kuno ini. Semua bagiannya masih utuh dan berfungsi. Kami tidak akan kekurangan kopi!!!!”

17. “Ibu tiriku datang ke pesta barbeku kami dengan membawa wadah Tupperware dari tahun ’70-an yang pernah digunakan oleh ibunya dan berpindah tempat dari AS ke Inggris.”

18. “Berhasil membeli kursi kantor Yrjö Kukkapuro dari tahun ’70-an.”

19. “Selesai membersihkan peralatan kakekku. Menemukan inisialnya di salah satu kunci yang kubersihkan. Dia meninggal sebelum aku lahir. Aku tidak pernah bertemu dia, tapi kami telah memutar kunci yang sama.”

20. “Hari ini, mobilku berumur 30 tahun, dan telah menempuh 397.507 km. Menurut KBB, kini harganya tidak lebih dari sekitar Rp18,7 juta (Rp3,5 juta kalau tukar tambah). Sebaiknya kusimpan saja.”

21. “Rumahku sangat tua dan kami masih punya kunci kerangka aslinya dari 100 tahun yang lalu.”

22. “Ini mesin popcorn udara panas JC Penney yang dibeli tahun 1980. Masih berfungsi dengan baik (Kurasa ini diproduksi oleh Waring)!”

23. “Juicer merk Juicit dari akhir tahun ’60-an ini memang juara. Aku baru saja membuat 4,7 liter jus!”

24. “Pisau cukurku, Gillette Slim Adjustable, dari tahun 1965—kuat seperti tank!”

Adakah barang di rumahmu yang lebih tua darimu? Apa kamu mewarisinya atau membelinya?

Bagikan Artikel Ini