Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Hal Ini Dapat Mengubah Warna Matamu

1---
563

Mau punya mata cokelat atau biru, kamu mungkin penasaran bagaimana jadinya penampilanmu dengan warna mata berbeda, hijau misalnya. Tapi belum banyak dari kita yang tahu bahwa ada sejumlah faktor, termasuk makanan dan emosi, yang dapat mengubah warna iris kita. Kami akan membeberkan sejumlah fakta paling menarik dan menunjukkan contoh bagaimana warna mata dapat mengubah tampilan menggunakan contoh dari para selebritas.

Sisi Terang sudah mengumpulkan beberapa fakta menarik tentang bagaimana dan kenapa mata seseorang dapat berubah.

1. Bagaimana suasana hati dapat memengaruhi warna mata.

Suasana hati yang ceria ibarat kejutan bagi tubuh kita. Saat kita merasa marah sekali atau sangat gembira, frekuensi detak jantung berubah, pernapasan meningkat, dan kita menjadi lebih sulit bernapas, tapi warna irismu juga berubah. Mungkin menjadi lebih intens, terkadang lebih gelap, dan bisa juga lebih cerah.

Tampaknya, warna yang paling jelas dapat terlihat pada orang-orang yang sedang mengalami momen bahagia.

2. Melanin dan usia.

Jika seorang bayi dilahirkan dengan mata biru keabu-abuan, kamu mungkin akan terkejut saat melihat perkembangannya. Rahasia mata biru, yang juga disebut “efek langit,” ada pada rendahnya kandungan melanin dalam iris yang menyebarkan cahaya dan mengungkap warna yang bahkan lebih cerah, seperti biru. Warna mata banyak bayi berusia 3-18 bulan bisa menjadi lebih gelap jika jumlah melanosit di irisnya bertambah. Misalnya, orang yang tinggal di daerah pegunungan sering dilahirkan bermata biru yang nantinya berubah menjadi cokelat, tapi sebagian besar tergantung pada warna mata kedua orang tuanya. Terkadang, warna mata ini tidak muncul sampai usia 12 tahun.

Tapi bayi yang dilahirkan dengan mata cokelat tidak mengalamani perubahan dan warna matanya bertahan sampai selamanya. Karena kandungan melanin yang tinggi, lapisan luar irisnya menyerap dan membelokkan cahaya yang menghasilkan warna cokelat. Meski orang bermata gelap lebih jarang mengalami penyakit mata, mereka masih harus memakai kacamata hitam. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Republik Ceko, orang-orang bermata cokelat biasanya dianggap lebih dapat diandalkan, sementara wanita bermata lebih muda memiliki lebih sedikit masalah dengan perasaan negatif dan depresi.

Selain itu, penelitian terbaru telah membuktikan bahwa ada 16 gen yang memengaruhi warna mata, Oleh karenanya, sulit untuk meramalkan warna mata seseorang sebelum kelahiran.

3. Diet makanan mentah dan detoksifikasi.

Ada teori dalam pengobatan alternatif yang mengatakan bahwa warna iris dan kesehatan organ internal saling berhubungan. Jurusan ini di dalam medis disebut Iridologi. Tapi karena basis buktinya kurang, hal ini dianggap ilmu semu. Tapi dr. Robert Morse, seorang ahli kesehatan yang punya seperempat juta pasien, meyakini kuadran luar mata terhubung dengan kesehatan otak, sedangkan lingkaran dalamnya terhubung dengan sistem pencernaan. Dia mengatakan, banyak buah dan sayuran yang terkandung di dalam makananmu dapat mengubah warna matamu dan dia bahkan membuat serangkaian video yang didedikasikan untuk penelitiannya.

Foto-foto di atas menunjukkan Carly Fraser dari Live Love Fruit yang telah berdiet vegan mentah selama 6 tahun. Kamu bisa melihat bagaimana dietnya mengubah warna matanya. Menurut dr. Morse, warna kuning yang pekat menandakan kandungan racun dalam jumlah besar. Dia berhasil meningkatkan kinerja sistem pencernaannya dan melihat warna matanya berubah dari hijau-cokelat ke hijau yang lebih cerah dan intens, dia juga berhasil mengubah bagian putih matanya menjadi lebih jernih dan cerah. Selain itu, dr. Morse mengatakan pigmen setiap orang berbeda-beda dan membutuhkan analisis individu. Dia meyakini bayam membantu menjaga mata tetap awet muda dan cerah, madu dapat menambahkan warna hangat, dan boga laut dapat membuat warna lebih intens. Makanan lain yang dapat memengaruhi warna mata adalah minyak zaitun, bawang bombai, dan kacang-kacangan.

4. Riasan dan pakaian dapat mengubah warna matamu.

Wanita punya alat ajaib yang dapat mereka gunakan untuk mengubah warna mata dan menjadikannya lebih intens. Tongkat sihir mereka adalah alat rias, pakaian, warna rambut, dan aksesori. Misalnya, wanita bermata cokelat dapat menggunakan pakaian emas, pink, dan hijau cerah agar irisnya lebih cerah.

Sementara mereka yang bermata biru dan hijau dapat memperkuat intensitas warna mata dengan memakai warna pirus, zamrud, dan biru. Warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam dapat membantu mempertegas warna mata alamimu. Selain itu, jika kamu memakai kacamata, minta spesialismu untuk membuat kacamatamu dengan lapisan AR yang menetralkan silau dan memungkinkan semua orang melihat warna mata dengan jelas.

5. Sinar matahari dan tempat tinggal.

Mata cokelat adalah warna yang paling umum di Bumi. Sekitar 70% dari populasi dunia memilikinya, dan kamu dapat menemukannya di semua benua dari Australia sampai Amerika Utara. Di daerah-daerah tertentu, persentase orang bermata cokelat mencapai 95%, seperti di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Eropa Selatan, dan Oseania. Di AS, 50% populasinya memiliki mata cokelat.

Orang-orang bermata biru lebih umum di Eropa Utara. Estonia, Denmark, Finlandia — 85%, Jerman — 75%, dan Inggris — 50%. Terkadang, warna mata ini dapat ditemukan di antara orang-orang di Timur Tengah. Para peneliti genetika dari Universitas Kopenhagen menemukan bahwa iris biru adalah hasil dari mutasi yang terjadi sekitar 6.000-10.000 tahun lalu. Eiberg menyebutkan bahwa pada awalnya, setiap orang bermata cokelat, tapi mutasi menurunkan produksi melanin. Para ilmuwan menduga itu terjadi kali pertama di daerah barat laut Laut Hitam.

Hanya 2% dari populasi dunia yang memiliki mata hijau. Rona ini terbentuk karena kandungan melanin dan kombinasi pigmen kuning-cokelat. Mata hijau paling umum di Spanyol, Irlandia, Rusia, Brasil, Islandia, dan Pakistan. Warna mata yang paling langka adalah kuning yang merupakan hasil mata yang memiliki pigmen lipokrom.

6. Laser pencahayaan warna mata.

Dahulu, operasi seperti ini sangat berisiko dan bahkan dapat mengakibatkan kebutaan, itulah yang terjadi pada pengguna Instagram Argentina ini. Tapi pada tahun 2011, dr. Gregg Homer menemukan operasi laser yang dapat mengubah warna mata. Dengan bantuan laser, sel melanin pun hancur, sehingga iris menjadi lebih cerah. Artinya, orang-orang bermata cokelat bisa memiliki mata biru atau abu-abu.

Prosedur ini hanya berlangsung selama 20 detik, dan hasil akhirnya akan terlihat dalam 2-4 minggu. Gregg Homer mendapat ide ini dari sesama dokter kulit yang berhasil menghilangkan tanda lahir dan tahi lalat menggunakan laser. Penelitian menunjukkan, operasi ini tidak memengaruhi penglihatan, tapi demi mempelajari semua efek sampingnya, masih diperlukan lebih banyak waktu. Homer bahkan berkata, “Semua orang dapat melakukan prosedur ini tanpa khawatir segera setelah aku mengizinkan putriku melakukannya.

7. Orang-orang dengan warna mata bunglon.

Beberapa orang punya mata yang dapat berubah warna. Meski fenomena ini belum dipelajari secara mendalam, semua ilmuwan masih setuju bahwa ini bukan penyakit, melainkan keunikan yang cuma dimiliki beberapa orang. Biasanya, orang dengan mata hijau-biru atau hazel memiliki warna mata bunglon. Dokter medis belum menemukan masalah dalam kualitas pandangan orang-orang ini, dan kelebihan ini juga tidak dapat diwarisi.

Menurut penelitian, perubahan warna mata yang konsisten terhubung dengan proses dalam sistem saraf dan endokrin serta kuantitas melanin. Mata bunglon bereaksi terhadap stres, perasaan romantis, dan kelelahan, perubahannya juga dapat dihubungkan dengan lingkungan serta perubahan iklim. Psikolog mengatakan orang-orang ini terkadang sulit diprediksi dan penuh misteri.

Bonus: Bagaimana penampilan para selebritas jika punya warna mata yang berbeda?

Julia Roberts.

Angelina Jolie.

Monica Bellucci.

Chris Evans.

Megan Fox.

Zac Efron.

Amanda Seyfried.

Apa kamu ingin mengubah warna matamu? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah, ya.

Kredit foto pratinjau livelovefruit
1---
563
Bagikan Artikel Ini