Sisi Terang
Sisi Terang

8 Kemungkinan Penyebab Panjang Umur, Ternyata Bukan Hanya Karena Gen

Sayangnya, Air Mancur Awet Muda tidak ada dan tak ada yang bisa menjamin kita hidup lebih lama. Namun, sebagian orang bisa meraih prestasi hebat ini, dan itu bukan karena tindakan luar biasa. Semua itu sebenarnya dari kombinasi gaya hidup sehat, aktif, dan bahagia—dan sedikit bantuan genetik.

Sisi Terang senang membagikan rahasia yang tak begitu rahasia untuk hidup lebih lama dan menunjukkan bahwa mencapai hal itu bisa dilakukan dan cukup mudah.

1. Gen yang tepat, gaya hidup bahagia, dan sedikit matematika

Menurut ilmuwan, centenarian atau orang yang berumur 100 tahunan memiliki satu kesamaan: gaya hidup mereka adalah pertemanan kuat, ikatan keluarga, olahraga, dan menghadapi stres dengan baik. Orang tertua yang masih hidup adalah Kane Tanaka yang berusia 118 tahun. Dia mengatakan usianya yang panjang adalah berkat keyakinannya, keluarga, tidur, harapan, makan makanan sehat, dan berlatih matematika. Saudara dan anak dari orang yang panjang umur juga dipercaya memiliki kesempatan lebih besar untuk tetap sehat dan memiliki masa hidup yang panjang.

2. Memiliki ibu yang muda

Memiliki ibu muda bisa meningkatkan kesempatanmu untuk hidup lebih lama daripada orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang melahirkan pada usia 25 tahun atau lebih muda meningkatkan umur panjang anak mereka. Alasan tepat untuk itu belum diketahui, tapi penelitian menunjukkan bahwa sel telur ibu memiliki peranan dalam hal itu.

3. Memiliki pertemanan yang kuat

Penelitian ini menyatakan bahwa isolasi dan kesendirian bisa mengancam hidup kita seperti obesitas, bahkan lebih. Generasi muda akan paling terpengaruh oleh hal ini meski hidup pada zaman saat koneksi bisa dibuat lebih mudah. Menurut Dr. Timothy Smith, penulis penelitian itu, kesepian sama berbahayanya dengan merokok dan minum-minum.

4. Banyak minum teh

“Zona Biru” adalah penelitian/proyek dari National Geographic yang meneliti gaya hidup komunitas dengan centenarian terbanyak di dunia. Tapi hal yang tampaknya paling menonjol adalah minum teh. Teh hijau, khususnya, dianggap jenis teh terbaik karena memiliki efek positif pada kesehatan kita.

5. Fisik lebih kuat

Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan bahwa orang yang fisiknya tidak kuat memiliki risiko kesehatan dan masalah kesehatan mental lebih besar. Orang yang kekuatan ototnya di atas rata-rata memiliki peluang hidup 20%-35% lebih lama. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya memiliki penyakit mental.

6. Lebih banyak makan kacang

Kacang memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi. Dan ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi kacang per minggu memiliki risiko kematian cepat lebih rendah 39%.

7. Bahagia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kepuasan hidup, optimisme, dan emosi positif bukan hanya bagus untuk kesehatan kita, tapi juga bisa memperpanjang umur kita. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang bahagia mungkin hidup sampai 18% lebih lama daripada orang yang tidak bahagia. Kane Tanaka adalah contoh utama bahwa hidup baik dan bahagia bisa membuatmu panjang umur.

8. Lebih disiplin dan teratur

Teratur, disiplin, efisien, dan fokus pada tujuan tak hanya menguntungkan kehidupan profesional dan pribadi kita, tapi juga bisa menguntungkan usia kita. Sebuah penelitian yang meneliti laki-laki dan perempuan seiring mereka menua menunjukkan bahwa orang yang teratur dan disiplin hidup 11% lebih lama daripada orang yang tidak memiliki sifat ini.

Apa ada kenalanmu yang mencapai usia sangat tua? Pernahkah kamu bertanya apa rahasia umur panjang mereka?

Sisi Terang/Fakta Menarik/8 Kemungkinan Penyebab Panjang Umur, Ternyata Bukan Hanya Karena Gen
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya