Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Rahasia Olahraga Populer yang Tidak Diketahui Banyak Penontonnya

----
375

Sekitar separuh populasi total dunia yang berjumlah 7 miliar—menonton setidaknya satu menit pertandingan Olimpiade 2016. Dan banyak penggemar cabang olahraga juga memainkannya—sekitar 4% populasi dunia bermain sepak bola! Tapi tidak semua orang tahu hal menarik tentang berbagai cabang olahraga. Banyak orang tidak tahu alasan pesepak bola terkadang memakai “bra” dan alasan pemain tenis melenguh.

Kami di Sisi Terang menemukan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini dan cukup terkejut dengan beberapa di antaranya.

Melenguh memberi pemain tenis keunggulan.

Meskipun terdengar aneh, saat menonton pertandingan tenis, kamu pasti langsung sadar para atletnya melenguh. Para ahli mengatakan lenguhan itu memberi mereka peluang lebih besar untuk menang dan riset memastikan ini.

Kebanyakan petenis memukul bola saat menarik napas dan melenguh membuat pukulan mereka lebih kuat. Selain itu, melenguh pada saat memukul bola membuat lawan tidak mendengar saat bola menyentuh raket. Jadi, mereka lebih sulit bereaksi pada pukulan dan kekuatan pukulannya.

Pesepak bola terkadang memakai “bra” khusus untuk meningkatkan kualitas performa mereka.

Terkadang, pemain sepak bola memakai sesuatu yang mirip bra di balik kaus mereka. Tapi itu bukan bra biasa. Sebenarnya itu pelacak yang memonitor detak jantung, metabolisme, posisi di lapangan, dan data lain. Sistem pelacak itu memungkinkan pelatih melihat informasi terkait kebugaran fisik para pemain, menurunkan kemungkinan cedera, dan meningkatkan performa mereka.

Banyak atlet menggunakan koyok warna-warni.

Banyak atlet, terutama saat Olimpiade, memakai koyok warna terang di tubuh mereka. Koyok ini digunakan dalam kedokteran olahraga. Ini dipasang pada otot-otot persendian untuk mengurangi rasa sakit setelah cedera atau mencegah gerakan berbahaya.

Beberapa atlet bahkan percaya koyok ini meningkatkan performa mereka, tapi berdasarkan penelitian, itu tidak benar.

Riasan mencolok dan sempurna atlet renang indah menyembunyikan rahasia.

Atlet renang indah harus terlihat mencolok agar para juri dan penonton bisa melihat ekspresi wajah mereka. Ini alasan mereka memakai beberapa lapis riasan dan mencampur kosmetik dengan Vaseline agar riasan mereka tidak luntur. Ada beberapa rahasia tentang cara mereka menata rambut juga. Mereka mengoleskan gelatin pada rambut dan menggunakan banyak jepit agar bentuknya tidak berubah.

Atlet balap sepeda kencing saat balap.

Pada balap sepeda terbesar, Tour de France, atlet balap sepeda harus bersepeda ratusan kilometer selama beberapa hari. Mereka menghabiskan berjam-jam di sepeda dan minum banyak air. Dalam keadaan ini, mereka menunggu ritme balapan mulai melambat, lari ke pinggir jalan, lalu kencing.

Tapi terkadang, itu mustahil sehingga mereka harus kencing sambil bersepeda.

Atlet senam tampil telanjang kaki, dan mereka punya alasannya.

Kamu mungkin menyadari beberapa atlet perempuan tampil memakai kaus kaki khusus, dan yang lainnya tidak. Itu pilihan pribadi dan ditentukan oleh program yang mereka lakukan. Misalnya, beberapa tarian lebih nyaman dilakukan dengan sepatu agar tidak sakit.

Tapi bertelanjang kaki memberi lebih banyak traksi yang membantu mereka “berpegangan” pada sesuatu dengan jari kaki mereka jika diperlukan.

Atlet renang memakai dua penutup kepala untuk meningkatkan hasil.

Dalam berenang, perbedaan beberapa detik sangat berpengaruh, itu sebabnya para atlet melakukan segalanya untuk menjadi sedikit lebih cepat. Misalnya, mereka mencukur seluruh tubuh mereka untuk mengurangi gesekan air dan memakai kacamata renang sangat ringan. Mereka juga memakai dua penutup kepala.

  • Karena penutup kepala membuat kacamata renang mereka lebih kencang. Pertama, mereka memakai penutup kepala pertama, lalu kacamata renang, lalu penutup kepala lagi.
  • Karena itu membantu mereka mengurangi hambatan. Penutup kepala pertama terbuat dari lateks yang berkerut. Di atasnya, mereka memakai penutup kepala silikon yang tak nyaman, tapi memiliki kerutan lebih sedikit.

Ada alasan bola basket berwarna ini.

Dalam basket profesional, mereka selalu menggunakan bola oranye dengan pola yang sama. Ini karena warna terangnya bisa dengan mudah dilihat para pemain dan penonton. Bola pertama dibuat dari kulit asli yang berwarna cokelat dan warnanya dibuat lebih terang agar bisa lebih mudah terlihat.

Pola garis hitam tipis yang mudah dikenali muncul beberapa waktu kemudian. Itu membuat bola lebih tahan lama dan menjaga bentuk bulatnya untuk waktu lama. Selain itu, beberapa ahli mengatakan garis itu membantu para atlet mengontrol bola dengan jauh lebih baik.

Olahraga apa yang kamu suka? Apa rahasia yang bisa kamu bagikan dengan kami?

----
375
Bagikan Artikel Ini