Sisi Terang
Sisi Terang

9 Kata-Kata Simpel yang Sering Bikin Kita Bingung

Ada beberapa istilah yang terdengar serupa dan kita sering terbalik-balik saat menggunakannya. Kalau kamu tidak tahu perbedaan antara kata “epilasi” dan “depilasi”, artikel ini pas untukmu. Kami yakin kamu akan belajar banyak fakta menarik di sini.

Sisi Terang telah mengumpulkan beberapa kata yang mirip-mirip, tapi punya arti berbeda.

Depilasi / epilasi

Depilasi dan epilasi sama-sama mengacu pada proses penghilangan rambut tubuh yang tidak diinginkan.

  • Depilasi mengacu pada penghilangan rambut hanya di permukaan dan tanpa merusak folikel. Prosedur ini tidak merusak struktur rambut sama sekali. Efeknya berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari. Untuk depilasi, kita menggunakan pisau cukur dan krim penghilang rambut.
  • Epilasi adalah pencabutan rambut seluruhnya, termasuk bagian di bawah kulit. Proses ini merusak folikel rambut kita dan efeknya berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Beberapa jenis epilasi termasuk waxing, sugaring, lasering, dan prosedur salon lainnya.

Antiperspiran / deodoran

Antiperspiran dan deodoran membantu kita melawan bau badan tak sedap. Tapi sebenarnya, keduanya punya tujuan yang berbeda.

  • Antiperspiran menyumbat pori-pori kita, dengan begitu, menghalangi keringat keluar.
  • Deodoran digunakan untuk mengontrol bau yang sudah muncul di ketiak. Deodoran juga berfungsi sebagai antiseptik yang memengaruhi bakteri.

Disinfeksi / sterilisasi

  • Disinfeksi adalah proses mengurangi mikroorganisme berbahaya dari benda mati dan suatu permukaan. Ini termasuk menjemur, mengocok, mengelap permukaan, merebus, dan menggunakan zat kimia seperti klorin, alkohol, dan sebagainya.
  • Sterilisasi adalah proses membunuh semua mikroorganisme, tidak peduli berbahaya atau tidak. Prosesnya termasuk perlakuan termal, radiasi, filtrasi, dan menggunakan zat gas atau cair.

Concealer / corrector

Kedua produk ini sama-sama membantu kita menyembunyikan semua ketidaksempurnaan di wajah.

  • Concealer digunakan untuk sedikit menutupi noda kecil. Concealer sangat cocok dipakai di kantong bawah mata dan bisa digunakan untuk menonjolkan kontur bibir. Concealer berwarna pucat dan dipakai setelah alas bedak.
  • Corrector sangat baik untuk menutupi jerawat, pigmentasi, atau bintik merah. Teksturnya pun cukup tebal dan punya banyak rona yang berbeda: sebagai contoh, warna hijau untuk menyamarkan jerawat merah. Corrector selalu dipakai sebelum alas bedak.

Bandara / lapangan terbang

  • Lapangan terbang adalah landasan pacu (runway), landasan gelinding (taxiway), dan pada dasarnya semua komponen yang tidak melibatkan terminal itu sendiri atau apa pun di dalam gedung.
  • Bandara mengacu pada landasan pacu, toko-toko, landasan gelinding untuk pesawat, semuanya.

Kondisioner rambut / hair balm

  • Kondisioner melindungi rambut kita dari pengaruh buruk lingkungan dan perawatan termal. Kondisioner merekatkan partikel keratin rambut dan menutupinya dengan lapisan pelindung. Pemakaiannya adalah dengan dioleskan ke seluruh permukaan rambut, tanpa menutupi akar, dan harus segera dibilas.
  • Hair balm melindungi dan memperkaya nutrisi rambut kita. Produk ini mengandung unsur-unsur yang berguna, seperti minyak dan mineral, yang menghaluskan rambut. Oleskan hair balm ke seluruh permukaan rambut, termasuk akar, dan tunggu sekitar 4 menit.

Rempah / penyedap / bumbu

  • Rempah adalah produk yang menambah aroma pada masakan. Rasanya bisa kuat, pahit, atau pedas. Beberapa yang termasuk di dalamnya adalah daun, akar, dan sejumlah sayuran yang beraroma harum. Kita biasanya menyebut rempah sebagai “penyedap” secara tidak sengaja. Berikut beberapa contohnya: jahe, merica, daun salam, adas, kemangi, bawang bombai, bawang putih, dan lain-lain.
  • Penyedap digunakan untuk membuat cita rasa lebih kuat (cuka dan asam sitrat), mengubah rasa hidangan (garam dan gula), atau mengubah teksturnya (ragi dan pati). Jangan kaget jika kamu mendengar soda kue, gelatin, akar manis, dan asam borat juga termasuk penyedap.
  • Bumbu adalah istilah yang luas. Rempah dan penyedap bisa masuk ke dalamnya. Nah, saat kita menambahkan krim asam ke jamur, krim asam ini juga berfungsi sebagai bumbu. Sambal, saus tomat, dan rempah kering juga merupakan bumbu. Bumbu bukanlah produk terpisah, cuma campuran bahan-bahan berbeda.

Parfum / eau de parfum / eau de toilette

  • Parfum lebih mahal karena mengandung 20% ​​hingga 30% zat aromatik per botol. Oleh karena itu, parfum lebih tahan lama. Biasanya, botolnya pun cukup kecil.
  • Eau de parfum adalah parfum untuk siang hari dengan 12% hingga 20% zat aromatik yang dilarutkan dalam alkohol 90%. Setelah aroma tingkatan pertama atau top notes-nya menguap, aroma tingkatan kedua atau heart notes akan tercium.
  • Eau de toilette mengandung 6% hingga 12% zat aromatik yang dilarutkan dalam alkohol 85%. Biasanya ini digunakan beberapa kali sehari.

Minyak nabati / minyak bunga matahari

  • Minyak nabati merupakan produk yang diperoleh masyarakat dari tanaman penghasil minyak. Tanaman ini termasuk bunga matahari, zaitun, wijen, kacang tanah, dan jagung. Minyak nabati digunakan baik di dapur maupun dalam industri lain (untuk pembuatan sabun, cat, dan sebagainya).
  • Minyak bunga matahari adalah sejenis minyak nabati. Minyak ini terbuat dari biji bunga matahari.

Apa kamu belajar hal baru lewat artikel ini? Semoga semuanya berguna, ya! Jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau Depositphotos
Sisi Terang/Fakta Menarik/9 Kata-Kata Simpel yang Sering Bikin Kita Bingung
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya