Alasan Kenapa Es Krim Anggur Mustahil Dibuat

Pencinta pencuci mulut beku mungkin sudah tahu bahwa mendapatkan es krim dengan rasa anggur itu hampir mustahil. Ternyata alasannya adalah tingginya kadar air dalam beri jenis ini. Pimpinan humas Ben & Jerry’s, Sean Greenwood, diwawancarai dan mengungkapkan rahasianya.

Sisi Terang siap menjelaskan semua kesulitannya dan memberitahumu di mana bisa mencicipi es krim anggur.

Anggur mengandung terlalu banyak air.

Anggur adalah buah yang mengandung banyak sekali air — setidaknya 81%. Saat dibekukan, anggur akan berubah menjadi es. Ini menyebabkan es krim penuh gumpalan es yang hancur saat dikunyah dan merusak teksturnya. Rasanya juga berubah, menjadi tidak lembut, dan lebih berair.

Kita dapat membuat es krim anggur sendiri karena lebih mudah diubah menjadi seperti pure. Tapi pembuatan dalam skala besar akan sulit dan terkadang hasilnya tidak layak dicoba. Sebagai contoh, perusahaan di balik Air Heads pernah coba membuatnya, tapi hasil es krim malah berwarna krem dengan corak-corak kehijauan dan tidak tampak lezat.

Es krim anggur tidak akan pernah menjadi populer.

Banyak buah dan beri lainnya yang mengandung banyak air, tapi masih digunakan sebagai rasa es krim. Ceri mengandung 82% cairan, tetapi banyak orang yang menyukai Cherry Garcia buatan Ben & Jerry, yang termasuk salah satu rasa klasik mereka.

Kita tidak langsung teringat pada anggur saat membicarakan es krim. Itu terdengar aneh dan tidak biasa. Jadi, membuatnya secara komersial terlalu berisiko. Kita cenderung tidak menginginkan sesuatu yang belum pernah kita coba. Hasilnya tidak sepadan dengan usahanya. “Sedangkan ceri membuat kita terkenang akan masa kecil,” ujar Greenwood dalam wawancaranya.

Es lilin dan sorbet anggur adalah opsi yang lebih baik.

Inti dari es lilin adalah membuatnya lebih seperti es dan sorbet terbuat dari air rasa buah yang diberi gula. Jadi, tingginya kadar air yang terkadung bukanlah masalah. Karena itu, lebih memungkinkan jika anggur dijadikan rasa makanan beku jenis ini. Sebuah toko yang berlokasi di New York City, Il Laboratorio del Gelato, membuat empat sorbet rasa anggur yang berbeda-beda. Jadi, jika kamu tertarik pada rasa anggur, sebaiknya memilih varian pencuci mulut beku jenis ini.

Apakah kamu ingin mencoba es krim rasa anggur atau lebih memilih rasa-rasa klasik?

Kredit foto pratinjau gettyimages.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini