Sisi Terang
Sisi Terang

Ayah Lebih Perhatian kepada Anak Perempuan, Menurut Sebuah Penelitian

Sosok ayah adalah salah satu figur terpenting di dunia. Mereka menyayangi, membesarkan, dan makin banyak yang memilih menjadi ayah rumah tangga. Namun, ternyata, para ayah terkadang lebih perhatian kepada anak perempuan. Selain itu, jenis kelamin anak cukup berpengaruh dalam tindakan dan pikiran para ayah.

Tim Sisi Terang akan menjelaskan lebih lanjut bagaimana hal ini bisa memengaruhi masa depan anak. Ternyata, ada kesimpulan tak terduga yang lahir dari sebuah penelitian yang mempelajari hubungan antara ayah dan anak. Tentu saja kami akan membagikan semuanya kepadamu di artikel ini.

Penelitian ini melibatkan 52 ayah yang memiliki anak laki-laki atau perempuan berumur 1-2 tahun. Para peneliti mempelajari interaksi antara ayah dan anak, lalu memindai otak mereka dengan gelombang MRI. Hasilnya, jenis kelamin anak sangat memengaruhi hubungan antara ayah dan anak.

Menghabiskan waktu bersama ayah

Pertama-tama, ayah yang memiliki anak perempuan bernyanyi dan bersiul lebih sering saat bersama anak perempuan mereka dibandingkan dengan saat bersama anak laki-laki mereka. Sementara dengan anak laki-laki, seorang ayah cenderung berinteraksi dalam bentuk permainan kontak fisik yang kasar dan kuat, seperti permainan yang berhubungan dengan gerakan jatuh atau menusuk. Karena hal ini, biasanya si anak laki-laki bisa lebih populer daripada teman seumuran mereka.

Respons ayah terhadap emosi

Ayah lebih merespons wajah bahagia anak perempuan. Sedangkan dengan anak laki-laki, ayah lebih merespons ekspresi wajah natural mereka. Yang berarti ayah dengan anak perempuan lebih menikmati wajah bahagia sang anak dibandingkan dengan ayah dengan anak laki-laki.

Gaya bicara ayah

Gaya bicara ayah dengan anak-anaknya juga berbeda. Dengan anak laki-laki, ayah berbicara tentang prestasi. Sedangkan dengan anak perempuan, mereka berbicara lebih banyak tentang tubuh dan emosi yang melibatkan bahasa analitis. Komunikasi seperti ini membuat anak perempuan cenderung tidak puas dengan tubuh mereka dan lebih sukses di bidang akademik.

Atensi dari ayah

Terakhir, tapi tak kalah penting, sosok ayah dinyatakan lebih dekat dan responsif terhadap anak perempuan daripada anak laki-laki. Mereka juga lebih memperhatikan anak perempuan dan kesedihan sang putri. Hal ini membantu perkembangan empati anak perempuan menjadi lebih baik, sedangkan anak laki-laki bisa jadi lebih tertutup saat dewasa.

Cinta adalah jawabannya

Seperti yang kamu baca dalam artikel ini, detail dan tindakan kecil bisa sangat memengaruhi masa depan anak. Setiap orang tua tentu memiliki cara tersendiri dalam membesarkan buah hatinya. Namun, alangkah baiknya untuk tidak membedakan anak dari jenis kelamin mereka, karena yang paling penting adalah memberikan cinta yang tulus kepada mereka.

Apakah kamu percaya jenis kelamin anak memengaruhi hubungan si anak dengan sang ayah? Atau semuanya tergantung pada cinta dan perhatian orang tua semata?

Harap diingat: Artikel ini diupdate pada Februari 2022 untuk memperbaiki materi sumber dan ketidakakuratan faktual.
Sisi Terang/Fakta Menarik/Ayah Lebih Perhatian kepada Anak Perempuan, Menurut Sebuah Penelitian
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya