Sisi Terang
Sisi Terang

Beginilah Perubahan 8 Produk Wanita Seiring Waktu

Cara kita memandang banyak produk saat ini adalah hasil perubahan selama ratusan atau bahkan ribuan tahun. Pembalut wanita sekali pakai bukan baru muncul kemarin sore—desain awalnya enggak senyaman yang sekarang dan berukuran kecil.

Kami di Sisi Terang merasa penasaran bagaimana tampilan beberapa produk khusus wanita di masa lalu dan akan membagikan 8 informasi yang mungkin menarik bagimu.

1. Pembalut wanita sekali pakai

Pembalut wanita sekali pakai pertama umumnya diproduksi sebagai kain wol katun segiempat yang ditutup lapisan penyerap. Ujung-ujungnya memanjang ke depan dan belakang agar bisa pas masuk lingkaran di korset atau ikat pinggang khusus yang dipakai di bawah pakaian dalam. Pembalut ini enggak begitu nyaman sebab bisa bergeser ke depan dan belakang.

2. Bra

Prototipe bra modern ditemukan para peneliti di sebuah kastel Austria dan umurnya kurang lebih 600 tahun. Perubahan bra adalah sebuah proses panjang; kamu bisa menemukan banyak ilustrasi vintage tentang cara wanita menyangga payudara mereka. Misalnya, salah satu dari ilustrasi ini menggambarkan sehelai pita kain yang membalut dada dan dikancingkan.

Kemudian, ketika korset menjadi ketinggalan zaman, penduduk New York, Marie Tucek, menemukan “penyangga payudara,” yang merupakan modifikasi dari korset. Bra ini terbuat dari pelat logam dan kardus, yang dibentuk agar pas dengan batang tubuh di bawah payudara. Bagian dasarnya ditutup sutra atau jenis kain lain dan meluas di atas plat sehingga membentuk kantong untuk masing-masing buah dada yang melengkung di sekeliling batang tubuh, berakhir di dekat ketiak.

3. Lipstik

Lipstik pertama kemungkinan dibuat kurang lebih 5.000 tahun lalu oleh orang Sumeria kuno dan pria serta wanita di Lembah sungai Indus. Mereka menghancurkan batu permata dan memakainya untuk menghias bibir dan area di sekitar mata. Orang Mesir, seperti Cleopatra misalnya, menghaluskan serangga untuk memberi warna merah di bibirnya.

4. Maskara

Maskara pertama ditemukan di Mesir Kuno. Ini berupa bahan bernama kohl yang dipakai untuk menghitamkan bulu mata, kelopak mata, dan alis guna mengusir roh jahat baik oleh pria maupun wanita. Bahan itu terbuat dari galena, perunggu, arang atau jelaga, dan air ludah.

5. Rol rambut

Metode mengeriting rambut sudah dipakai sejak tahun 1575 SM. Orang Mesir Kuno memakai jepitan pengeriting dari perunggu yang telah dipanaskan di atas api sebelum rambut dililitkan di sekelilingnya. Rol rambut yang dipanaskan dengan listrik ditemukan oleh Solomon Harper tahun 1930, tapi baru tahun 1960-an alat tata rambut ini menjadi populer.

6. Korset

Bukti pertama pemakaian korset ditemukan di peradaban Minoa dari Kreta awal. Sejak saat itu, barang ini telah mengalami banyak perubahan—pada suatu masa, pria memakainya untuk merampingkan tubuh mereka.

7. Sepatu bertumit

Alas kaki tebal sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Awalnya, sepatu bertumit berbentuk sandal bersol sangat tebal yang dipakai untuk menandakan status kelas atas. Selain itu, pasukan kavaleri Persia memakai sepatu bertumit tinggi. Ini sejenis sepatu bot bertumit yang bertujuan untuk memastikan bahwa kaki tetap berada di sanggurdi, sehingga penunggang kuda lebih aman.

8. Stoking

Secara historis, stoking—atau kain penutup kaki wanita yang terbuat dari sutra, nilon, atau wol—dipakai oleh pria di abad kedua belas. Sebelum abad keenam belas, stoking terbuat dari kain yang ditenun atau dijahit.

Sejarah item mana yang paling mengejutkan kamu? Mana dari produk-produk ini yang paling berguna bagi kamu?

Sisi Terang/Fakta Menarik/Beginilah Perubahan 8 Produk Wanita Seiring Waktu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya