Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Cara Kembali Terlelap dengan Mudah Ketika Terbangun Tengah Malam

1---
884

Banyak orang akan bilang kepadamu untuk mulai melakukan meditasi atau menulis buku harian jika susah tidur. Namun, ketika terbangun jam 3 pagi, cara ini tidak benar-benar membantu.. Kamu hanya ingin cara praktis agar kembali terlelap. Bagi sebagian orang, mereka perlu bangun dari tempat tidur, tapi bagi yang lain, mereka hanya perlu tetap di atas kasur.

Sisi Terang ingin menyarankan tujuh metode berbasis sains yang bisa membuat kamu langsung mengantuk.

1. Lakukan beberapa peregangan jari kaki.

Gerakan relaksasi otot yang progresif akan membantu kamu untuk merelaksasikan tubuh dan menghilangkan stres. Regangkan kakimu dengan meremas keduanya dan lemaskan perlahan. Selain itu, kamu bisa melengkungkan jari kaki ke depan dan menariknya ke arah atas, lalu kembali ke posisi normal. Tahan jari kaki di setiap posisi selama 10 detik sebelum relaks.

2. Kamu mungkin harus melatih hewan peliharaanmu agar tidak tidur di atas kasur.

Tidur bersama hewan peliharaan memiliki dampak positif dan negatif. Seperti yang ditunjukkan satu studi ini, hewan peliharaan dapat membantu kita mengurangi tingkat stres, tetapi studi lain menyebutkan bahwa ini bisa mengganggu tidurmu. Hal ini bergantung pada apakah hewan peliharaanmu tidur dengan tenang atau sering bergerak sepanjang malam. Bagi kamu yang juga menderita alergi, sebaiknya tidak membiarkan hewan peliharaanmu tidur di atas kasur.

Jadi, jika kamu merasa hewan peliharaanmu mengacaukan tidurmu, latih mereka agar tidak tidur bersama. Kamu bisa memberikan mereka kasur sendiri dan mengajarinya agar tidur di sana. Beri hadiah saat mereka mau tidur di kasur mereka dengan sendirinya, tanpa kamu tuntun.

3. Jangan bermain ponsel, tapi bacalah buku.

Melatonin adalah hormon yang penting untuk mengembalikan kantuk. Jika kamu terbangun tengah malam, kamu akan kekurangan melatonin, dan penggunaan ponsel tidak akan membuatnya bertambah. Malah, cahaya dari layar akan membuatnya berkurang dan kamu makin sulit tidur. Yang perlu kamu lakukan adalah tidak memainkan ponsel.

Hal yang bisa kamu coba untuk membantu kamu terlelap lagi adalah membaca buku. Kamu memang harus menyalakan lampu, tapi kata-kata pada lembaran buku akan membuatmu mengantuk. Inilah alasan mengapa orang tua kita membacakan buku cerita sebelum tidur. Dan jika kamu membaca buku yang tidak menarik, kamu akan lebih cepat tidur.

4. Mandi dengan air biasa atau bahkan dingin.

Banyak dokter yang menyarankan agar mandi satu jam sebelum tidur. Ini karena, supaya mengantuk, temperatur tubuh kita harus diturunkan. Jadi, jika kamu tidur sesaat sebelum jam tidur, tubuh kamu akan terasa berenergi dan tidak siap untuk tidur.

Terkadang, ketika kita terbangun tengah malam, kita merasa terlalu panas. Dengan mandi air biasa atau bahkan dingin, kita dapat menurunkan temperatur tubuh dan menjernihkan pikiran, yang membantu kita terlelap lebih cepat.

5. Hirup aroma lavender atau minum teh lavender.

Lavender telah terbukti mengurangi insomnia dan membantu mereka yang memiliki gangguan tidur. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa 6 hingga 8 tetes minyak lavender meningkatkan kualitas dan durasi tidur tanpa menyebabkan efek samping. Jika kamu tidak punya pengekstrak minyak asiri, cukup letakkan tetesan minyak asiri di kamar tidurmu.

Jika kamu tidak suka minyak lavender, kamu bisa menaruh tanaman lavender di kamar tidur. Dengan begitu, aromanya akan selalu ada. Kamu juga bisa menyeduh secangkir teh lavender, yang membantu menurunkan detak jantung.

6. Kenakan kaus kaki.

Kaus kaki memiliki kemampuan untuk memperluas pembuluh darah di kaki kita dan mentransfer sensasi hangat ke seluruh tubuh. Penelitian kecil menunjukkan bahwa mengenakan kaus kaki di tempat tidur meningkatkan kualitas tidur serta durasinya. Namun, tidak hanya sepasang kaus kaki yang membantu kamu tidur pulas. Pastikan kaus kakinya tidak ketat, agar tidak mengganggu sirkulasi darah.

Kaus kaki berbahan wol kasmir dan merino dianggap sebagai jenis kaus kaki terbaik untuk menghangatkan kaki, juga membuat kamu tetap nyaman.

7. Beranjak dari kasur dan lakukan sesuatu setelah 20 menit.

Kamu sudah di atas kasur untuk berusaha kembali tidur selama 20 menit, tetapi pikiranmu tetap aktif. Daripada tetap di sana, kamu bisa beranjak dan pergi ke ruangan lain. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dan lakukan hal yang membuat kamu relaks. Mendengarkan lagu atau membaca buku bisa menjadi pilihan yang bagus. Tetapi, yang paling penting, tinggalkan tempat tidur dan pergi ke ruangan lain.

Jika terus di atas kasur, pikiranmu akan tetap terjaga dan aktivitas apa pun tidak akan dapat mengalihkan pikiran. Selain itu, jangan melakukan hal yang membuat kamu tertekan, seperti bekerja atau menghitung pajak. Akan ada banyak waktu untuk melakukannya di pagi hari.

Apa yang kamu lakukan agar kembali tidur saat terbangun tengah malam? Apakah ada dari metode di atas yang pernah membantu kamu mengatasi susah tidur?

1---
884
Bagikan Artikel Ini