Sisi Terang
Sisi Terang

Fakta yang Cuma Diketahui Sedikit Orang tentang Rahasia Taman Hiburan Langsung dari Karyawan Disney

Salah satu hal paling menarik dari film-film Disney adalah kamu juga bisa pergi ke taman hiburan mereka yang penuh keseruan. Namun, agar semua ini bisa terwujud, pasti ada banyak rahasia yang sulit diakses oleh masyarakat. Emiliano Ochoa, lewat akun media sosialnya, memberi tahu kita tentang pengalamannya setelah bekerja di sana pada tahun 2018 dan menunjukkan kepada kita bagaimana keajaiban di sana bisa terjadi.

Sisi Terang ingin berbagi beberapa rahasia dan fakta tentang apa yang terjadi di dalam taman-taman Disney yang mungkin tidak diketahui banyak orang, dan semua ini diungkapkan langsung oleh salah satu karyawannya.

1. Alasan karakter Disney tidak suka dipeluk di bagian leher

Menurut Ochoa, area leher kostum karakter Disney sangat rentan karena bagian kepalanya sangat berat. Maka dari itu, memegang leher untuk memeluk karakter Disney bisa menyakiti orang yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, banyak karakter selalu menarik diri dan mencoba memeluk turis dari samping, bukan dari depan.

2. Apa yang Disney lakukan dengan barang yang tidak terjual

Terdapat toko khusus karyawan taman yang bernama Cast Connection. Di sana, mereka bisa membeli barang dagangan dengan diskon sampai 70%. Tempat ini menjual produk Disney yang sudah tidak musim atau ada kekurangan di bagian detail.

3. Klub VIP di dalam taman

Ada klub eksklusif di dalam taman Disneyland, yang bernama “Club 33”. Klub ini dibuat oleh Walt Disney dan pertama kali dibuka pada tahun 1967. Menurut Ochoa, sekarang, klub ini cuma bisa menerima 500 anggota aktif, dan ada daftar tunggu 15 tahun untuk bergabung. Menurut Ochoa, biaya keanggotaan untuk bergabung dalam klub ini adalah $50.000 (Rp720 juta) per tahun.

4. Yang tidak boleh diunggah karyawan Disney di jejaring sosial mereka

Di video lain, Ochoa menceritakan bahwa para pemimpin Disney sangat memperhatikan unggahan karyawan mereka. Para karyawan Disney dilarang mengenakan seragam atau lencana mereka di tempat-tempat tertentu dan tidak boleh berkomentar di media sosial tentang pekerjaan atau pengalaman mereka di dalam taman.

5. Dilarang mengenakan kostum di taman.

Pengunjung yang umurnya di atas 14 tahun dilarang memasuki taman jika mengenakan kostum. Tapi ada pengecualian untuk acara Halloween, di mana para pengunjung diizinkan memakai kostum. Meski begitu, topeng dan berbagai alat peraga tetap dilarang. Informasi ini dikonfirmasi oleh Ochoa di salah satu videonya.

6. Karakter spesial muncul selama Halloween.

Ochoa mengatakan bahwa saat Halloween, tema taman ikut berubah, karena para karakter jahat Disney mengambil alih panggung utama dengan penampilan unik. Di antara semua karakter ini, kamu bisa melihat kakak-kakak tiri Cinderella, Cruella de Vil, serta Jack dan Sally yang terkenal.

7. Tidak semua karakter mengenakan wig.

Orang sering mengira semua putri Disney memakai wig agar tampil sesuai karakter mereka, tapi nyatanya tidak begitu. Menurut Ochoa, orang yang sudah terlihat sangat mirip dengan karakter yang mereka perankan bisa meminta tim casting dan riasan untuk tidak mengenakan wig dan tetap tampil dengan rambut mereka sendiri.

8. Pekerjaan terburuk di Disney, menurut Ochoa

Dalam salah satu videonya, Ochoa mengatakan bahwa ada pekerjaan yang sangat buruk, tapi penting di taman. Karyawan di setiap wahana harus bergantian mengisi posisi ini, yang pada dasarnya mengharuskan mereka berdiri sepanjang sif, bersiap menekan tombol darurat berwarna merah jika terjadi kesalahan. Ini adalah sistem yang diatur untuk memperingatkan orang-orang jika ada kecelakaan atau jika ada wahana atraksi yang tidak berfungsi dengan baik.

9. Terowongan rahasia di Magic Kingdom

Ada terowongan di dalam taman, jadi, para pekerja bisa berjalan dari satu tempat ke tempat lain tanpa terlihat oleh wisatawan. Ochoa mengatakan bahwa pipa drainase dan sampah juga ada di terowongan ini, jadi, biasanya ada bau yang kurang sedap di dalam sana.

10. Polisi rahasia di dalam taman

Menurut Ochoa, di dalam taman, ada banyak polisi berpakaian turis yang selalu siaga dan siap membantu dalam keadaan darurat serta memastikan semuanya berjalan lancar. Mereka juga memasuki pertunjukan untuk memastikan semua karakter bisa berakting dan bernyanyi dengan baik, serta mengikuti naskah.

11. Keuntungan bekerja di Disneyland, menurut Ochoa

Menjadi karyawan Disney memberimu kesempatan untuk memasuki semua tempat di taman dengan gratis, kamu juga mendapatkan diskon untuk produk dan tiket bagi siapa pun yang ingin kamu ajak. Ada acara eksklusif yang cuma bisa diikuti oleh para karyawan, dan kamu bisa melihat atau naik wahana atraksi yang ada sebelum dibuka untuk umum. Selain itu, kamu bisa bertemu orang-orang luar biasa dari seluruh dunia.

12. Tantangan bekerja di Disney, menurut Ochoa

Jam kerja adalah bagian yang paling sulit dari pekerjaan ini. Menurut Ochoa, jam kerja di sini cukup panjang. Selain itu, kamu harus sering berurusan dengan orang-orang yang sulit dihadapi dan kamu harus selalu berada dalam mode “bahagia” untuk memenuhi ekspektasi keajaiban Disney. Para karyawan tinggal di “Perumahan Disney”, di sana, mereka membayar sewa dan berbagi kamar dengan sesama karyawan lain. Tentu saja, pengalaman mereka sangat bervariasi, tergantung teman sekamar mereka.

13. Cara dapat kerja di Walt Disney World

Ada beberapa program bagi mahasiswa dan non-mahasiswa yang umurnya sudah di atas 18 tahun untuk bekerja di Disney World. Pelamar bisa pergi ke situs web Disney dan mencari program yang paling sesuai dengan keinginan mereka. Menurut Ochoa, ada pilihan musim panas yang durasinya 3 bulan (inilah yang dia ambil), serta program 6 dan 12 bulan.

Pelamar harus menulis surat yang menjelaskan kenapa mereka ingin bekerja di Disney, mengirim resume, dan melakukan wawancara dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan keterampilan komunikasi mereka.

14. Cara karyawan dilatih

Anggota baru di tim Walt Disney World dilatih di Disney University. Menurut Ochoa, semua karyawan baru dilatih di sana, tempat mereka diajari sejarah taman dan penciptanya. Selain itu, mereka menginspirasi anggota baru dengan keajaiban Disney dan memberi peralatan serta bahan kerja, seperti lencana dan telinga Mickey. Lalu, semua ini diakhiri dengan tur taman.

Apakah kamu ingin bekerja di Walt Disney World? Apa kamu tahu hal seru lain yang terjadi di dalam sana?

Sisi Terang/Fakta Menarik/Fakta yang Cuma Diketahui Sedikit Orang tentang Rahasia Taman Hiburan Langsung dari Karyawan Disney
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya