Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Ini yang Terjadi jika Wanita Melahirkan di Pesawat

----
115

Memang tidak ada pernyataan resmi mengenai hal ini, tapi diketahui ada sekitar 60 bayi yang lahir di pesawat, dan itu dikenal sebagai “skyborne” atau “airborne”. Pesawat bukan ruang persalinan yang diidamkan calon ibu, tapi itu bisa dan pernah terjadi—dalam beberapa kasus, bayi yang baru lahir itu menerima hadiah dan hak istimewa.

Kami di Sisi Terang senang memasuki wilayah baru untuk mencari jawaban dan mengungkap hal tak diketahui hanya untuk dibagikan denganmu. Itu yang kami lakukan untuk mencari tahu tentang bayi yang lahir di pesawat.

1. Awak pesawat memutuskan apakah pendaratan darurat diperlukan.

Meskipun sebagian besar maskapai penerbangan sekarang telah menerapkan batasan untuk perempuan hamil yang bisa naik pesawat (biasanya tak lebih dari 38 minggu atau 30 hari sebelum waktu melahirkan dan dipastikan dengan surat dokter), persalinan tak terduga masih bisa terjadi.

Meskipun jarang, jika itu terjadi dan seorang wanita melahirkan, awak pesawat tak punya banyak pilihan. Pertama, awak kabin tidak dilatih untuk membantu kelahiran bayi. Jadi, pada saat itu, semua orang berharap ada dokter atau perawat di pesawat.

Jika tak ada dokter atau perawat di pesawat, awak kabin akan bertindak sebagai bidan dan membantu persalinan. Ini mungkin terjadi jika mereka tak bisa melakukan pendaratan darurat dan pesawat melanjutkan ke tujuan awal.

2. Tidak ada aturan pasti mengenai kewarganegaraan bayi itu.

Aturan memang belum ditetapkan dan bisa berubah bergantung pada maskapai penerbangan dan wilayah yang tengah dilewati pesawat, tapi satu hal yang pasti: bayi itu akan mendapat kewarganegaraan yang sama dengan ibu dan ayahnya.

Dua kemungkinan lainnya adalah bayi itu akan mendapat kewarganegaraan negara tempat pesawat itu terdaftar atau tempat pesawat itu melintas pada saat sang ibu melahirkan. Sebagai contoh, bayi yang lahir di wilayah negara AS, di udara sekalipun, akan langsung mendapat kewarganegaraan AS. Tapi jika bayi itu lahir di wilayah udara Inggris, dia tak akan mendapat kewarganegaraan Inggris.

3. Beberapa maskapai mungkin akan memberikan tiket gratis untuk bayi itu.

Ada beberapa rumor yang beredar bahwa bayi yang lahir di pesawat mendapat tiket pesawat gratis seumur hidup. Sayangnya, ini tak diberikan kepada semua orang. Hanya ada beberapa bayi yang mendapat tiket gratis seumur hidup, seperti bayi laki-laki yang lahir di sebuah maskapai India dan bayi perempuan yang lahir di Pesawat Egyptair.

Bayi yang lahir di Polar Airlines, AirAsia, Asia Pacific Airlines, atau Airways — dan satu bayi dari pesawat Virgin Atlantic—mendapat tiket gratis sampai umur 21 tahun. Dan pada tahun 2017, seorang bayi laki-laki lahir di pesawat Spirit Airlines dan diberi tiket gratis pada hari ulang tahunnya seumur hidup, dengan satu penumpang tambahan.

4. Nama pesawat itu mungkin akan diganti dengan nama si bayi.

Pada tahun 2019, pesawat JetBlue mendarat dengan penumpang tambahan. Tenaga medis yang ada dan awak kabin membantu kelahiran bayi laki-laki di ketinggian ribuan kilometer. Mereka mengganti nama pesawat itu menjadi “Born to Be Blue” dari nama bayi itu sekaligus penumpang termuda mereka.

Bayi bisa mendapat hadiah dari maskapai penerbangan. Pada tahun 2018, seorang bayi perempuan lahir di pesawat Chick-fil-A. Dia diberi makanan gratis seumur hidup dan bahkan mendapat jaminan posisi pekerjaan saat dia sudah cukup dewasa.

5. Kesehatan bayi bisa dalam bahaya.

Ada beberapa alasan kenapa pesawat bukan tempat ideal untuk melahirkan. Pertama, lapisan udara di atas sana lebih tipis, sehingga akan membuat bayi kesulitan bernapas. Kedua, di pesawat tidak ada peralatan berteknologi tinggi yang bisa membantu persalinan, terutama jika diperlukan operasi sesar. Selain itu, telinga bayi yang baru lahir bisa bermasalah karena tekanan udaranya.

Meskipun kasus melahirkan di pesawat cukup jarang, para awak akan memastikan sang ibu merasa aman dan nyaman. Sang ibu bisa pindah ke kursi lebih luas, seperti kelas satu atau kelas bisnis.

Di mana kamu dilahirkan? Apa kamu kenal seseorang yang lahir di pesawat? Tempat apa yang ingin kamu kunjungi jika punya tiket pesawat gratis seumur hidup?

----
115
Bagikan Artikel Ini