Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah 11 Hal Aneh yang Dipakai Orang (bahkan para Seleb) di Tahun 2000-an

Tahun 2000-an mungkin bisa disebut sebagai periode terburuk dalam sejarah mode. Makin banyak yang kita pelajari tentang dekade ini, makin yakin kita bahwa tren dari masa itu cuma dibuat agar wanita kelihatan mengerikan. Kalau tidak, bagaimana orang bisa menjelaskan banyaknya permata tiruan, kulit cokelat “asap”, dan berbagai tali yang menyembul dari bawah celana panjang? Dan ini baru sebagian kecil dari yang ditampilkan tahun 2000-an kepada kita.

Kami di Sisi Terang jadi bernostalgia dan mengenang sejumlah hal kontroversial dari periode itu, juga tampilan sejumlah selebritas paling cemerlang, yang menampilkan berbagai tren tersebut.

Celana bertali

Tentu saja, melihat celana panjang bertali alih-alih ritsleting yang biasa saat ini bisa memunculkan banyak pertanyaan, tapi beberapa waktu lalu, ini dianggap item pakaian kelas atas, karena J.Lo sendiri memakainya. Tapi saat itu pun, hanya orang paling berani yang mau membelinya.

Rompi klasik dan celana ketat

Everett Collection / East News

Mereka yang hidup di dekade pertama abad ini sangat sadar betapa populer rompi klasik kecil selama masa-masa itu. Rompi ini dipakai dengan kaus, kemeja, dan bahkan langsung di atas badan. Tren kotroversial lain saat itu adalah celana ketat. Di akhir tahun 2000-an, model flared jeans, yaitu celana jin dengan bagian bawah lebih lebar dari model cutbray, digantikan oleh celana yang sangat ketat. Terlebih lagi, jika celana begitu panjang sehingga ada lipatan kain yang tidak estetis di sekitar area mata kaki dan menutup sebagian sepatu pemakainya, ini bisa memicu rasa iri di kalangan teman-temanmu.

Perhiasan aneh

Aksesori tahun 2000-an bisa dijadikan topik untuk satu artikel tersendiri. Manik-manik plastik warna-warni, anting-anting boho besar, bulu-bulu dan permata tiruan cuma sebagian kecil dari yang dulu kita pakai.

Rok tutu

Rok tile halus menjadi salah satu hit utama tahun-tahun itu, berkat karakter utama film seri TV Sex and the City, Carrie Bradshaw. Rok tutu begitu populer, bahkan wanita dewasa tidak menolak untuk memakainya.

Celana kargo

Kelihatannya enggak ada yang tampilannya lebih buruk dari celana kargo turun pinggang, ya ’kan? Namun, 10 tahun lalu, orang-orang bukan saja tidak mempertanyakan, celana ini justru dianggap supertrendi. Selain itu, mereka yang paling berani akan menyelipkannya ke dalam bagian atas sepatu bot yang ketat.

Ikat pinggang tali

Tiap cewek punya ikat pinggang tali yang dilengkapi dengan paku keling, aplikasi bunga, dan berbagai jenis dekorasi lain di awal 2000-an. Bahkan mungkin kamu masih menyimpan salah satu ikat pinggang ini di sudut lemari pakaianmu.

Gaun balon

ASSOCIATED PRESS / East News

Untung tren gaun dan rok dengan bagian bawah diselipkan ke dalam rok itu sendiri tidak ada lagi. Tapi model ini pernah populer. Bahkan Paris Hilton, ikon gaya masa itu memakainya. Fakta bahwa model balon ini membuat tubuh kelihatan tidak proporsional sama sekali tidak mengganggu para fashionista.

Ikat pinggang lebar

Imago Stock and People / East News

Aksesori lain yang benar-benar disukai oleh fashionista di masa itu adalah ikat pinggang dengan gesper besar yang terutama merupakan unsur dekorasi, bukan fungsional.

Sepatu bot semata kaki

NIVIERE / SIPA / East News

Tiap fashionista tahun 2000-an memiliki sepatu bot semata kaki dengan hak tinggi. Bahkan Gwyneth Paltrow tidak bisa menolaknya. Jenis alas kaki ini bukan hanya tidak nyaman, tapi membuat kaki kelihatan lebih pendek secara visual

Rok lipit mini

CHRIS POLK / ASSOCIATED PRESS / East News

Rok lipit mini ala “anak sekolahan” adalah tren aneh lain masa itu. Biasanya, ukurannya begitu pendek, hingga kadang sulit dimengerti apa ini rok atau ikat pinggang lebar. Bagaimanapun, baik selebritas maupun cewek biasa dengan senang hati memakainya.

Celana ketat warna terang

Collection Christophel / East News

Celana ketat terang dalam berbagai warna yang populer di tahun 2000-an seringnya tidak cocok dengan tampilan keseluruhan dan seperti berdiri sendiri. Kalau saat ini kelihatan sangat aneh, saat itu model celana ini bisa mengubahmu menjadi cewek paling modis di kelas.

Tren mana dari tahun-tahun itu yang paling membuatmu berjengit? Item apa yang akan kamu pakai dengan senang hati, bahkan hari ini?

Sisi Terang/Fakta Menarik/Inilah 11 Hal Aneh yang Dipakai Orang (bahkan para Seleb) di Tahun 2000-an
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya