Inilah 7 Olahraga yang Harus Kamu Lihat Langsung Agar Kamu Percaya Memang Ada

Dayung, dayung, dayung labumu—ya, mendayung labu itu nyata dan bahkan ada kompetisi yang diadakan tiap tahun, lho. Kalau menurutmu ini luar biasa, bayangkan membiarkan anak kambing memanjat punggung saat kamu melakukan berbagai pose yoga. Meskipun sepertinya beberapa olahraga tampak aneh, tapi sebenarnya bisa menjadi kegiatan rekreasi yang menghibur dan seru!

Kami di Sisi Terang menemukan beberapa olahraga aneh dan fakta-fakta menarik mengenainya.

1. Yoga kambing

Bayangkan ini sebagai kelas yoga biasa dengan sedikit variasi: selusin anak kambing berkeliaran bebas di sekitarmu, dan kadang-kadang naik ke atasmu! Ini pengalaman yang sangat unik dan bukan sesuatu yang kita kerjakan setiap hari, tapi bukan itu sebenarnya tujuannya.

Yoga Kambing yang asli dimulai di tahun 2016 oleh Lainey Morse. Sebagai binatang terapi, kambing bisa meningkatkan manfaat latihanmu, baik secara fisik maupun mental. Hal ini bisa membantu melenturkan dan bahkan melawan perasaan negatifmu.

2. Mendayung perahu labu

Ini adalah perlombaan air yang hanya menggunakan labu berwarna cerah sebagai transportasi. Lomba ini diadakan sekali setahun di Danau Pesaquid, Nova Scotia, dengan lintasan sepanjang 800-an meter. Meskipun ada 3 nomor berperahu labu, yang terdiri dari mendayung, eksperimental, dan motor, tapi yang paling menyita perhatian adalah mendayung.

Meskipun lomba ini sudah resmi sejak 1999, tapi baru mendapatkan ketenaran di tahun 2005, saat Martha Stewart ingin mengikuti lomba itu.

3. Berkuda mainan

Meskipun mungkin sulit dipercaya, ini adalah olahraga yang serius dan populer di Finlandia. Sekitar 10.000 anak, biasanya berumur antara 10 sampai 18 tahun, mengambil bagian dalam naik kuda mainan. Bagaimanapun, popularitas olahraga ini meningkat di negara-negara Nordik dan juga berbagai bagian Eropa, meskipun angkanya lebih kecil.

Olahraga ini menuntut aktivitas fisik karena sama persis dengan menunggang kuda sungguhan, dan penunggangnya harus mengikuti lomba tradisional seperti meloncati rintangan.

4. Maraton manusia melawan kuda

Semuanya berawal pada 1980 karena perdebatan klasik tentang potensi dan keterbatasan manusia. Lomba itu ditemukan oleh Gordon Greene, saat dia tidak sengaja mendengar 2 lelaki yang berdebat bahwa manusia bisa mengimbangi kuda saat berlari melalui wilayah itu.

Maka, Greene membuat lomba sejauh 22 km guna menguji teori itu. Pengendara sepeda, pelari, dan kuda berpacu dalam lomba itu, dan perlahan-lahan olahraga ini memperoleh popularitas.

5. Sepak takraw

Olahraga ini sangat mirip dengan bola voli, di mana terdapat dua regu yang berebut untuk menguasai bola. Tetapi variasinya adalah pemain hanya boleh menyentuh bola dengan kepala, lutut, dada atau kaki, tetapi tidak boleh menyentuh dengan tangan. Pemenang diumumkan ketika salah satu regu memperoleh poin maksimal.

Tanda-tanda pertama dari olahraga ini sebetulnya muncul sekitar 500 tahun lalu di Malaysia. Sekarang, olahraga ini paling populer di Asia Tenggara. Di tahun 1990, Sepak Takraw dimasukkan ke dalam Asian Games.

6. Lempar telur

Juga dikenal sebagai egg-throwing, ini adalah lomba beregu. Aturannya sangat sederhana: regu tunggal atau tim yang terdiri dari 2 orang mencoba melempar telur kepada teman seregunya. Kalau telur tidak pecah, anggota regu mundur untuk melempar telur lagi. Begitu selanjutnya sampai tinggal satu butir telur yang tidak pecah.

7. Octopush

Octopush, juga dikenal sebagai hoki bawah air, adalah olahraga yang pada awalnya dimainkan pada tahun 1956 di Southsea, Inggris. Pendirinya menemukan permainan ini untuk menjaga agar anggota Klub Sub-Aqua-nya aktif dan berminat selama bulan-bulan musim dingin. Permainan ini sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, terbukti sebagai olahraga yang sangat menarik, seru, dan cepat.

Pemainnya mengenakan topi, sirip, snorkel, sarung tangan dan masker polo air. Mereka memegang stik seukuran spatula. Tujuan permainan ini adalah menggunakan stik untuk mendorong keping hoki yang beratnya ~1,18 kg ke dalam gawang lawan.

Apa kamu mau mencoba salah satu olahraga unik ini? Kenapa? Apa olahraga favoritmu?

Bagikan Artikel Ini