Inilah Alasan Kenapa Kita Menggosokkan Kedua Kaki Saat Tertidur

Ketika hari yang berat berlalu dan akhirnya kita bisa tidur, kebanyakan dari kita melakukan hal yang tidak dimengerti. Tanpa sadar, kita menggosokkan kedua telapak kaki supaya bisa lebih mudah tertidur. Menurut pembahasan warganet, ini adalah hal yang menimbulkan pertanyaan.

Kami di Sisi Terang menyukai topik yang menggelitik, dan telah melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mencari tahu apa kemungkinan alasan di balik kebiasaan ini.

1. Mungkin ini pertanda adanya gangguan tidur.

Menggosokkan kedua telapak kaki saat tidur mungkin tidak seaman kesan pertamanya. Ada kondisi yang dinamakan gangguan gerakan tungkai periodik yang berdampak terhadap kedua kakimu dan kamu mengalami keram atau sentakan berulang-ulang dalam tidurmu. Ini bisa berdampak negatif kepadamu dan menyebabkan kantuk di siang hari. Jika kamu menggerakkan kakimu secara ritmis saat tidur, dan ini cukup sering terjadi, kondisi inilah yang mungkin menjadi alasan dari gerakan tersebut.

2. Kondisi medis lain juga bisa menjadi alasan.

Kemungkinan ada alasan lain yang agak serius. Jika kamu merasakan sensasi pada kedua kakimu saat berbaring dan menggosokkan atau menggerakkan keduanya adalah satu-satunya cara agar menjadi lega—kemungkinan kamu menderita sindrom kaki gelisah. Ini adalah gangguan sensorik saraf yang tidak akan membiarkan kamu beristirahat dengan nyaman. Untuk memastikan apakah terdampak oleh sindrom ini, kamu harus berkonsultasi kepada dokter.

3. Merupakan cara menenangkan diri yang tidak disadari.

Kita mencoba “bernaung” dan mendapatkan kenyamanan dengan saling menggosokkan kedua telapak kaki. Kita membuat efek sentuhan pada kulit dengan melakukan hal ini dan ini membuat kita relaks. Kulit diketahui sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar, sehingga cara ini bisa menjadi alat ampuh dalam kemampuan kita untuk melepas lelah setelah hari yang penuh tekanan.

4. Mungkin ini hanya sekadar kebiasaan.

Namun, bisa jadi ini hanya sekadar cara biasa bagi kita untuk tertidur, bukan kondisi medis atau pun fenomena psikologis. Sebenarnya banyak orang menggosokkan telapak kaki mereka saat tidur bahkan tanpa menyadarinya. Meski pada awalnya mungkin hal ini terjadi karena salah satu alasan yang telah disebutkan di atas, bisa saja hal itu berkembang menjadi kebiasaan saja.

Apa kamu menggosokkan kedua telapak kakimu saat tertidur? Menurutmu apa alasannya?

Kredit foto pratinjau Peshka919 / Wikimedia Commons
Bagikan Artikel Ini