Inilah yang Terjadi Jika Kamu Tidur Pukul 10 Malam

Kim Kardashian, Anna Wintour, dan Oprah Winfrey punya satu kesamaan: mereka semua tidur sekitar pukul 10 malam. Sepertinya para wanita ini ingin memperoleh suatu pencapaian karena tidur lebih awal bisa memberikan dampak positif terhadap tubuh dan pikiran. Mungkin tidak mengejutkan bahwa beberapa wanita sukses zaman sekarang mengakhiri hari sangat dini agar siap di hari berikutnya!

Setelah menggali lebih dalam, Sisi Terang ingin menunjukkan kamu kenapa tidur lebih awal itu perlu dan kenapa kamu juga harus merawat diri sendiri.

Kita dapat tidur lebih pulas.

Tidur kita dibagi menjadi siklus 90 menit tidur ayam dan tidur pulas, dari tidur non-REM yang nyenyak hingga tidur REM. Waktu paling nyenyak dan pulas dari tidur kita adalah antara pukul 22.00 dan 02.00. Ini artinya, agar tidur pulas, kamu harus mulai tidur lebih awal.

Selain itu, satu studi mengatakan bahwa tidur lebih awal dan lama membantu kita berhenti memikirkan hal negatif dan membuat cemas, yang dapat membuat kita terjaga pada malam hari. Inilah alasan lain untuk naik ke tempat tidur pukul 10 malam!

Bentuk tubuh kita kembali seperti semula.

Saat kita berada di siklus tidur pulas, tubuh kita menyembuhkan diri dengan memproduksi hormon pertumbuhan dan regenerasi. Aktivitas penting ini akan memastikan bentuk tubuh kita tetap baik di hari esok, khususnya bagi orang-orang yang atletis.

Tingkat stres kita menurun.

Tidak cukup tidur bisa membuatmu stres karena tingkat hormon stres kortisol yang sangat tinggi di tubuhmu. Terlalu banyak kortisol bisa membuat kita cemas dan dapat memengaruhi kesehatan. Namun, setelah mulai tidur lebih awal, masa tidurmu akan lebih panjang, yang mana benar-benar bisa mengendalikan tingkat kortisol.

Energi kamu juga akan terisi kembali di siang hari setelah tingkat stres kamu menurun, karena kamu mengistirahatkan pikiran dan tubuh saat tidur di malam hari!

Risiko penyakit kita lebih kecil.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih awal lebih sehat dibandingkan yang bekerja sif malam atau yang suka begadang. Orang yang tidak cukup tidur pulas memiliki risiko yang lebih tinggi hidup dengan penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan hipertensi.

Para peneliti juga menemukan bahwa fase tidur pulas antara jam 22.00 dan 02.00 sangat penting untuk sel imun kita. Orang yang tidak tidur pulas memiliki respons antibodi virus yang lebih rendah, yang artinya mereka bisa lebih mudah sakit.

Kita bisa mengendalikan emosi lebih baik.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa orang dengan waktu tidur yang cukup biasanya memiliki hidup yang lebih bahagia. Jika tidak cukup tidur pulas, emosi kita bisa menjadi tidak stabil dan kita kesulitan untuk mengendalikannya. Selain itu, tidur lebih awal bisa berarti bangun lebih pagi, dan itu penting jika kita ingin mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

Kita bisa memahami emosi orang lain lebih baik.

Satu studi menyatakan bahwa melewatkan tidur malam yang baik membuat kita lebih sulit memahami perasaan bahagia dan sedih. Menurut studi, tanda-tanda emosi yang lebih samar terlewatkan, yang artinya hampir mustahil untuk menangkap isyarat untuk tahu apakah perilaku seseorang tulus atau tidak.

Namun, emosi lain, seperti marah dan takut, mudah terbaca. Mungkin karena ini adalah emosi yang lebih primitif dan insting bertahan hidup yang penting untuk memahami situasi berbahaya.

Pukul berapa biasanya kamu tidur? Berapa lama kamu tidur untuk merasa segar kembali saat pagi?

Bagikan Artikel Ini