Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kabar Baik: Australia Menemukan Cara Membersihkan Air dari Polusi Plastik dan Kita Bisa Mulai Menerapkannya

Musim panas lalu, otoritas kota Kwinana di Australia memasang sistem penyaringan baru di Henley Reserve. Sistem ini sangat sederhana dan berguna. Pemerintah dan penduduk setempat sudah merasakan manfaat penggunaannya dan mereka sangat puas.

Sisi Terang sangat menyukai inovasi, khususnya yang ramah lingkungan, dan ingin menceritakan semua tentang penemuan baru yang cerdas ini.

Sistem ini terdiri dari jaring yang dipasang pada saluran keluar pipa drainase, yang bantu menangkap serpihan-serpihan besar dan melindungi lingkungan agar tidak terkontaminasi.

Pipa ini menyalurkan air dari perumahan ke tempat-tempat yang masih alami, dan sampah-sampah dari sana jumlahnya bisa sangat banyak dan berbahaya bagi lingkungan. Terlebih, sampah seperti ini biasanya tersapu hujan lebat, yang membuatnya terbawa ke sistem drainase.

Otoritas kota ini memulai dengan memasang dua jaring dan takjub dengan hasilnya—sistem penyaringan baru mereka berhasil menyaring lebih dari 362 kg sampah dalam beberapa minggu.

Akhirnya mereka memutuskan untuk memasang “jebakan” sampah ini di seluruh kota dan meminimalkan polusi di alam liar dan lingkungan sekitar. Meskipun pemasangan dan pembuatan jaring ini memerlukan biaya besar (sekitar Rp140 juta per jaring), keseluruhan sistem tetap menguntungkan karena menghemat biaya secara signifikan untuk ke depannya. Sebagai contoh, mereka kini menghemat biaya tenaga kerja yang sebelumnya harus dibayarkan kepada petugas yang mengumpulkan sampah secara manual.

Setelah penuh, jaring diangkat dan sampah dibuang ke truk pengumpul sampah khusus yang kemudian membawanya ke pusat sortir sampah. Di sana, semua sampah dipisahkan antara bahan yang tidak bisa dan bisa didaur ulang, yang kemudian diproses lebih lanjut.

Jaring-jaring itu kemudian dipasang kembali di saluran keluar drainase dan melanjutkan tugasnya.

Sistem penyaringan baru ini sekali lagi membuktikan bahwa hal-hal kecil tetaplah penting dan berfokus pada hal-hal itu bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan kemanusiaan secara umum.

Hal inovatif apa yang pernah diciptakan di negara kita, ya? Yuk, ceritakan di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini