Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Kuku Jari Tangan Tumbuh Lebih Cepat Daripada Kuku Jari Kaki

----
327

Kita memiliki kuku untuk bantu melindungi kita dari virus dan bakteri. Tapi ada satu pertanyaan yang masih membuat penasaran: mengapa kuku jari kaki tumbuh lebih lambat daripada kuku jari tangan? Ilmuwan tidak menyukai misteri dan mempelajari topik ini untuk mendapatkan jawaban.

Sisi Terang memutuskan mencari tahu alasan di balik pertanyaan sederhana ini dan menemukan beberapa teori berbeda. Selain itu, ada fitur bonus yang menarik di bagian akhir.

Sirkulasi darah ke kuku jari kaki kurang

Sel dalam tubuh kita membutuhkan hal-hal tertentu untuk tumbuh, seperti energi, nutrisi, dan sirkulasi. Jadi, faktor-faktor ini mungkin menjadi alasan utama atas pertumbuhan yang lambat ini. Ya, kuku jari tangan dan kaki adalah bagian dari tubuh kita, tapi kita memperlakukannya secara berbeda. Kita tidak memakai sepatu atau kaus kaki di tangan sehingga tangan bisa lebih bebas “bernapas” daripada kaki dan sirkulasi darah di tangan lebih lancar.

Selain itu, ada faktor penting lainnya. Tangan terletak lebih dekat ke jantung. Karena itu, aliran darah yang mencapai kaki lebih sedikit. Ini artinya kaki mendapatkan lebih sedikit oksigen untuk produksi sel-sel baru. Akibatnya, kuku kaki kita tumbuh dengan lambat. Ini bisa menjelaskan mengapa kuku kaki tumbuh lebih lambat pada musim dingin. Semakin dingin suhunya, semakin lambat aliran darah kita.

Jari kaki mendapatkan lebih sedikit nutrisi.

Faktor pertumbuhan lainnya adalah nutrisi. Beberapa orang mungkin memperhatikan bahwa saat kita mulai mengonsumsi lebih banyak nutrisi sehat, kuku dan rambut mulai tumbuh lebih cepat. Pada dasarnya, hal yang sama berlaku juga untuk kuku kaki. Begitu sirkulasi darah kita di kaki berkurang, kuku kaki mendapatkan lebih sedikit nutrisi.

Biasanya, karena faktor-faktor ini, kuku tanganmu tumbuh rata-rata 3,47 mm per bulan atau sekitar sepersepuluh milimeter per hari. Sedangkan rata-rata pertumbuhan kuku kaki adalah 1,62 mm per bulan.

Kuku kaki lebih jarang cedera.

Penjelasan lainnya adalah kecenderungan mengalami cedera. Ini adalah teori terbaru dan melengkapi teori lainnya. Coba ingat seberapa sering jari dan kuku tanganmu terluka. Jari dan kuku tanganmu mungkin terbentur atau terluka saat manikur, kemudian proses regenerasi dimulai dengan pergantian sel secara intensif.

Kita mungkin lebih sering mengalami cedera kecil pada kuku tangan daripada kuku kaki. Proses regenerasi juga memengaruhi pertumbuhan menjadi lebih cepat.

Bonus: Fakta mengherankan tentang kuku

  • Diketahui bahwa pertumbuhan kuku pada laki-laki umumnya lebih cepat, tapi ada satu pengecualian. Kuku perempuan tumbuh lebih cepat selama kehamilan.
  • Selain itu, satu penelitian menemukan bahwa kuku jari kelingking tumbuh lebih lambat daripada yang lain.
  • Jika kamu kidal, kuku tangan kirimu tumbuh lebih cepat daripada tangan kanan, begitu juga sebaliknya. Terjadi demikian karena tangan itu lebih aktif.

Seberapa sering kamu melakukan manikur dibandingkan dengan pedikur? Apakah kamu lebih suka melakukannya sendiri atau mendatangi ahlinya?

----
327
Bagikan Artikel Ini