Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Mata Manusia Tidak Berwarna Hitam

----
356

Warna mata kita sebenarnya terus berkembang dan berubah hingga usia sekitar 3 tahun. Namun, sebenarnya mustahil bagi manusia untuk memiliki warna mata yang hitam legam. Mata kita tampak hitam hanya karena cahaya, pantulan pakaian yang kita kenakan, atau penggunaan lensa kontak berwarna.

Sisi Terang penasaran kenapa manusia dengan warna mata hitam legam hanya ada dalam cerita fiksi, dan kami menemukan jawabannya. Kami juga menemukan warna mata paling langka, yang bisa kamu baca di akhir artikel ini sebagai bonus.

Gen kita tidak memungkinkan hal ini terjadi.

Ada sekitar 16 jenis gen yang memengaruhi warna mata kita. Dua di antaranya adalah faktor utama, yaitu gen HERC2 dan gen OCA2. Gen tersebut menyesuaikan warna mata kita dengan jumlah melanin yang ada pada iris mata. Warna yang dihasilkan melanin dalam mata kita bisa beragam, seperti biru dan abu-abu. Sementara potensi warna paling gelap adalah cokelat gelap, bukan hitam.

Kita mungkin jadi terus menangis.

Objek yang berwarna hitam menyerap lebih banyak cahaya agar tampak sangat hitam. Sisa cahaya dan energi yang diserapnya diubah menjadi energi panas. Itu bisa berarti bahwa jika gen kita berhasil menciptakan warna hitam, mata kita mungkin memerlukan banyak air mata agar tidak terlalu panas dan kering.

Mata kita tidak tahan terhadap cahaya berbahaya.

Kita juga akan kesulitan untuk keluar di bawah terik matahari jika warna mata kita hitam. Ini karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet atau UV, dan objek hitam cenderung menyerap lebih banyak sinar UV dibandingkan warna lain. Paparan sinar UV yang berkepanjangan bisa memperburuk kesehatan mata dan menyebabkan masalah seperti katarak atau kanker kulit. Namun, berkat kemampuan gen kita, melanin yang memberikan warna pada iris melindungi kita dari cahaya ultraviolet. Berbagai studi menunjukkan bahwa melanin bisa menghancurkan lebih dari 99,9% radiasi UV yang diserapnya, dan melindungi mata kita dari kerusakan karena terpapar matahari.

Bonus: warna mata alami yang paling langka

Warna mata alami yang paling langka ternyata hijau. Hanya ada sekitar 2% dari seluruh populasi dunia yang memiliki mata berwarna ini. Ada pula kondisi langka di mana mata penderita berwarna merah atau violet karena albinisme okular, serta ada yang memiliki warna iris mata yang berbeda yang disebabkan heterokromia.

Apa warna matamu? Warna mata mana yang menjadi favoritmu, atau mana yang kamu inginkan?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
----
356
Bagikan Artikel Ini