Mari Intip Bagaimana Rasanya Bekerja di Perusahaan Terkenal Sedunia

Kita semua tahu benar produk dari perusahaan terkenal di dunia. Tapi apa kamu pernah bertanya-tanya bagaimana keseharian karyawan yang mengembangkan teknologi baru atau pengepak pesananmu dari Aliexpress? Perusahaan raksasa mencoba mendesain kantor mereka sehingga setiap orang yang bekerja di sana merasa senyaman mungkin.

Kami di Sisi Terang sudah mengintip, secara virtual, ke dalam kantor perusahaan terkenal sedunia dan ingin membagikan hal keren yang kami temukan di sana.

Kantor Google di Singapura punya ruang kecil dengan 4 area yang dilengkapi peralatan tidur. Mereka juga menyediakan masker mata untuk semua orang.

Sementara kantor mereka di Meksiko memiliki ayunan untuk istirahat para karyawannya dan kolam bola untuk bermain.

Departemen Mountain View punya sepeda yang digunakan sebagai alat transportasi antara gedung Google.

Di tengah-tengah kantor, ada seluncuran yang bisa dengan cepat membawamu ke lantai bawah.

Kantor Google New York mengundang karyawannya ke lantai atas dengan bantuan tangga vertikal alih-alih tangga tradisional.

Agar tidak menjatuhkan komputer atau barang bawaan lain saat naik tangga ini, ada kantong khusus yang digantung di pohon hijau di samping tangga.

Departemen Tiongkok di Alibaba menggunakan robot kecil untuk memindahkan barang.

Ada robot lain yang mengantarkan pesanan ke pekerja antar gedung dari kantor pusat Alibaba.

Tidak ada kasir di kafetarianya. Mesin penjual mengenali makanan di nampan lewat kamera, menentukan harga, dan menghitung totalnya, yang kemudian dibayar dengan kartu khusus.

Karyawan Alibaba yang telah bekerja untuk perusahaan tersebut untuk jangka waktu yang panjang memperoleh hadiah tak terlupakan.

Karyawan yang bertanggung jawab menyortir surat di kantor Facebook punya area kerja yang terlihat seperti mobil pengantar surat.

Kantor yang sama juga memiliki kapsul khusus tempat para karyawan bisa memulihkan energi mereka.

Kalau karyawan tidak ingin tidur, mereka bisa menghadiri kelas master seni.

Seluruh karyawan di kantor Samsung di Korea Selatan berjalan melalui bingkai khusus saat keluar.

Ini dilakukan demi keamanan perusahaan dan pengembangan saat ini, sehingga tak satu pun orang meninggalkan gedung membawa apa pun yang tidak boleh dibawa keluar.

“Aku tidak tahu kalau warna nampan punya makna tersendiri di kafetaria Samsung. Rupanya kalau kamu pakai nampan warna cokelat artinya kamu mau makanan yang lebih banyak; nampan hijau artinya kamu mau makanan lebih sedikit.”

Salah satu kampusnya juga punya taman tempat para karyawannya bisa beristirahat saat makan siang.

Di Silicon Valley, gedung kantor Samsung didesain untuk membuat karyawan berjalan lewat tangga.

Ini karena perusahaan tersebut tidak ingin stafnya hanya duduk di satu tempat. Bahkan kafetarianya, yang bisa saja dengan mudah diletakkan di dalam ruangan, ditempatkan di luar ruangan. Sistem ini membantu karyawan membakar 800 kalori per harinya.

Bill Gates ingin menempatkan kantor Microsoft sedekat mungkin dengan alam. Dia bahkan membangun beberapa rumah pohon untuk karyawan.

Mereka juga punya area “hutan” tempat karyawan bisa bekerja.

Interior kantor Adobe ini punya warna-warna terang, termasuk warna oranye khusus. Menurut desainernya, ini membuat karyawan merasa senang dan mendorong mereka untuk bekerja.

Gedungnya bahkan punya taman sendiri tempat mereka menumbuhkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk hidangan yang disajikan di kafe setempat.

Setiap karyawan bisa berpartisipasi dalam proses ini sementara ahli khusus memberikan nasihat yang diperlukan dalam merawat tanaman.

Ada juga kapsul khusus untuk relaksasi di kantor Adobe. Sehingga para karyawannya bisa bermeditasi sambil mendengarkan suara lautan.

Manajemen Amazon meyakini kalau otak manusia bekerja lebih aktif jika mereka dikelilingi oleh alam. Itu sebabnya kantor mereka di Seattle terlihat sangat tropis.

Kantor mereka menyediakan stan khusus tempat para karyawan bisa memiliki privasi saat bercakap-cakap di telepon.

Bahkan ada gerobak khusus dekat gedungnya, di situ para karyawan atau siapa pun dalam komunitas tersebut bisa mengambil pisang gratis. Orang yang menyortir pisang ini disebut “banista”.

Bonus keren buat seluruh karyawan Amazon adalah kesempatan untuk membawa anjing mereka ke kantor. Perusahaan ini telah membangun semua kondisi yang diperlukan bagi hewan peliharaan.

Hal atau fasilitas apa yang ingin kamu tambahkan ke kantormu?

Kredit foto pratinjau CNBC International / YouTube
Bagikan Artikel Ini