Mendengarkan Musik Saat Bangun Tidur Baik Bagi Tubuh, Inilah Alasannya

Musik memunculkan hal-hal baik dalam diri kita, khususnya di pagi hari. Jika kamu terbiasa bangun dengan perasaan kesal, putar musik favoritmu dan mulailah bernyanyi. Kamu akan langsung merasa lebih bahagia dan jauh lebih produktif. Kamu juga bisa menggunakan musik sebagai bunyi alarmmu. Ini juga bisa memengaruhi caramu bangun tidur dan bagaimana kamu memulai hari.

Sisi Terang mengumpulkan semua alasan kenapa mendengarkan musik bisa saja mengubah harimu menjadi lebih baik, setiap harinya. Dan lagu favoritmu mungkin ada di bagian bonus di akhir artikel ini.

1. Mendengarkan musik menurunkan level kortisol.

Menurut sebuah studi, mendengarkan musik favorit bisa menurunkan tingkat stres. Hormon stres, yang dikenal dengan nama kortisol, akan menurun, dan tampaknya musik dapat mempercepat waktu penyembuhan setelah menjalani kegiatan yang membuat stres. Jadi, masuk akal kalau memulai hari dengan mendengarkan lagu yang enak didengar bisa menghilangkan stres yang disebabkan oleh faktor eksternal. Oh ya, ini juga bisa menjadi pengawal hari yang baik.

2. Mendengarkan musik meningkatkan level dopamin.

Suasana hatimu langsung berubah saat kamu memutar sebuah lagu. Musik bisa mendorong produksi hormon dopamin, yaitu salah satu hormon “bahagia” yang langsung membuatmu merasa senang. Dengan begini, kamu bisa melepaskan perasaan negatif, seperti kegelisahan dan depresi. Jadi kalau kamu terbangun dengan merasa sedih, nyalakan saja lagu di daftar putarmu.

3. Mendengarkan musik menstimulasi daya ingat.

Musik bisa membantumu mengingat lebih banyak hal, tidak peduli kamu menyukai lagu dengan beat yang cepat atau lambat. Fungsi kognitifmu akan meningkat begitu kamu memutar lagu favoritmu. Menurut satu penelitian, kalau aktivitas ini berlangsung dalam jangka panjang, kamu akan memiliki daya ingat yang lebih kuat. Ketika ingatan terbentuk, sekelompok neuron akan diaktifkan.

4. Mendengarkan musik meningkatkan sistem imun.

Mendengarkan musik bisa memperkuat sistem imunmu. Suara lagu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi dan sel pembunuh alami. Sel ini dapat membantu menyerang virus apa pun yang mungkin hinggap di tubuhmu. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuhmu akan lebih aktif menyerang penyakit apa pun.

5. Mendengarkan musik mengurangi rasa pening.

Berdasarkan sebuah penelitian, tampaknya bunyi yang kamu dengar saat bangun tidur berkontribusi secara signifikan terhadap pikiranmu. Kalau kamu terbangun dengan melodi tertentu, tingkat kepeninganmu di pagi hari akan lebih rendah, kamu juga akan bangun lebih cepat, dan kamu akan lebih awas. Pada dasarnya, hal ini akan membuat tubuhmu lebih berenergi, sementara alarm bersuara “bip-bip” mungkin tidak akan memberi efek yang sama.

6. Mendengarkan musik meningkatkan kreativitas.

Sebelum duduk di depan desktop atau laptop, kenakan headphone dan dengarkan musik, terutama lagu yang gembira. Sepertinya lagu seperti ini akan membuatmu jadi lebih kreatif, jadi semua ide yang tertahan dalam dirimu akan menyeruak keluar. Bukankah jika kamu memulai hari kerjamu dengan jauh lebih produktif dan mencentang semua poin dalam daftar tugas yang harus kamu kerjakan, kamu akan merasa jauh lebih baik?

Bonus

Bunyi alarm apa yang kamu gunakan untuk membangunkanmu setiap pagi? Apa lagu favoritmu yang bisa membuatmu berdansa di pagi hari?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini