Sisi Terang
Sisi Terang

Menurut Ahli Paleontologi, Seperti Inilah Bumi sebelum Ada Manusia

Memang benar, dinosaurus hidup di Bumi sebelum manusia ada, tapi apa kamu tahu ada banyak hewan lain yang ternyata hidup sebelum kita? Berkat para ahli paleontologi dan catatan fosil, ilmuwan bisa mendapat lebih banyak informasi tentang apa yang ada di Bumi jauh sebelum kita—banyak makhluk yang disebutkan dalam artikel ini hidup sekitar 500 juta tahun lalu.

Sisi Terang mencari informasi tentang kehidupan di Bumi jauh di masa lampau untuk menunjukkan beberapa hewan yang sangat aneh dan menakjubkan.

1. Mamalia mirip gajah berkeliaran.

Gomphotheriidae adalah famili mamalia mirip gajah yang sudah punah. Mereka hidup sekitar 24 juta sampai 10.000 tahun lalu. Meskipun tidak berkerabat dengan gajah, mereka memiliki beberapa kesamaan. Ilmuwan percaya mereka hidup di area berumput, dengan ditemukannya fosil mereka di seluruh Asia Tengah dan sekitarnya.

2. “Monster Tully” menghantui lautan.

Seperti namanya, makhluk laut ini dianggap seperti monster karena matanya berada pada semacam tangkai aneh di sisi kepalanya dan mulutnya tidak punya rahang. Ilmuwan menemukan bahwa mereka adalah nenek moyang dari lamprey masa kini yang hidup di Danau-Danau Besar Amerika. Konon, mereka memburu ubur-ubur dan hewan laut lain dengan “belalai” panjang yang dilengkapi beberapa gigi kecil di ujungnya.

3. Panjang kaki seribu sampai 2,6 meter.

Bayangkan betapa seramnya hidup di zaman yang sama dengan serangga raksasa ini. Bobot mereka saja seberat anjing besar. Fosilnya yang masih dalam kondisi baik selama jutaan tahun menunjukkan bahwa mereka seukuran mobil dan hidup di tempat-tempat seperti Inggris Raya dan Jerman 300 juta tahun lalu. Menurut ilmuwan, kaki seribu bisa tumbuh sebesar ini karena atmosfer Bumi mengandung lebih banyak oksigen pada zaman dulu.

4. Ada lobster raksasa di laut.

Makhluk-makhluk purba berukuran besar tidak hanya ada di darat, karena ditemukan juga fosil Aegirocassis benmoulae sepanjang 213 cm. Mereka hidup di laut sekitar 480 juta tahun lalu. Berkat penemuan fosil dalam kondisi baik di gurun Sahara, kami bisa menggambarkan ulang rupa hewan besar mirip lobster ini.

5. Kungkang besar berkeliaran di hutan.

Rupa mereka memang mirip kungkang masa kini, tapi hewan prasejarah ini setinggi jerapah dan bahkan lebih berat daripada beruang grizzly. Pantas saja, dulu mereka dianggap salah satu mamalia terbesar yang pernah ada di Bumi. Mereka hidup di Amerika Selatan sekitar 1,8 juta sampai 12.000 tahun lalu. Ahli paleontologi juga percaya mereka pemakan daging. Jadi, mungkin sebaiknya jangan ganggu mereka.

6. Cacing hallucigenia berjalan di dasar laut.

Cacing kecil yang sudah punah ini memiliki rupa seperti ulat. Fosil mereka ditemukan dalam kondisi baik di Kanada dan Tiongkok. Bentuknya cukup aneh bagi kita sekarang. Mereka sangat aneh sampai ilmuwan tidak bisa mengetahui evolusinya dalam waktu lama. Namun, kini para ilmuwan tahu mereka memiliki beberapa kesamaan dengan cacing beludru masa kini. Sejujurnya, kami tidak keberatan melihat cacing ini di pantai.

7. Serangga terbesar yang pernah ada.

Capung ini hidup di Bumi pada zaman Paleozoikum sebelum dinosaurus ada—tidak disangka, ternyata capung lebih tua dari dinosaurus, ya? Mereka hidup sekitar 300 juta tahun lalu di hutan luas dan hangat yang pernah menyelimuti Prancis. Mereka adalah salah satu serangga terbesar dengan bentangan sayap selebar 71 cm. Sungguh keren.

8. Makhluk laut bermata 5 berkeliaran di laut kita.

Ini dia makhluk paling aneh. Opabinia benar-benar membuat kita kagum. Dengan 5 mata yang menjulur dari kepalanya dan belalai panjang, hewan ini tidak seperti artropoda lain. Kemungkinan besar, mereka menggunakan belalai seperti lengan untuk mencari makan di dalam lumpur laut dan menangkap mangsa sekitar 500 juta tahun lalu. Meskipun tubuhnya kecil (panjangnya 6 cm), mereka menarik perhatian ilmuwan selama lebih dari 100 tahun dengan penampilan dan sifatnya yang unik.

Apa pendapatmu tentang menghidupkan kembali hewan yang sudah punah? Hewan mana yang ingin kamu lihat hidup kembali?

Sisi Terang/Fakta Menarik/Menurut Ahli Paleontologi, Seperti Inilah Bumi sebelum Ada Manusia
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya