Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Menurut Penelitian, Inilah Alasan Kenapa Satu Sisi Wajahmu Lebih Menarik Dibanding Sisi yang Lain

Para pengguna Instagram menghabiskan waktu lebih dari 5 jam seminggu (48 menit per hari) untuk swafoto. Biasanya dibutuhkan 7 kali swafoto untuk setiap “jepretan sempurna” yang mereka unggah di media sosial. Annukka Lindell, seorang dosen neuropsikologi di Universitas La Trobe, Melbourne, telah menemukan bahwa kebanyakan pelaku swafoto menunjukkan sisi kiri wajah dalam foto-foto mereka. Dia menganalisis 2.000 foto selfie di Instagram untuk memahami kenapa kita menganggap sisi wajah sebelah kiri lebih menyenangkan.

Kami, di Sisi Terang juga suka melakukan swafoto, dan ingin tahu kenapa wajah sebelah kiri kita adalah sisi yang terbaik.

Kita lebih suka wajah sebelah kiri dalam selfie biasa maupun swafoto cermin.

Peneliti tersebut telah menemukan bahwa orang juga lebih suka menunjukkan bagian kirinya saat melakukan swafoto cermin. Ketika orang melakukan selfie dengan berpose di depan cermin, dan memotret bayangannya, dia biasanya menunjukkan pipi kanannya. Karena cermin membalikkan kiri menjadi kanan, preferensi terhadap pipi kanan pada selfie cermin berarti orang tersebut berpose dengan pipi kiri di depan cermin.

Seniman biasanya melukis potret yang menunjukkan profil wajah sebelah kiri orang.

Lukisan potret orang lain menunjukkan bias asimetris yang sama: orang lebih suka pipi sebelah kiri mereka. Peneliti ini percaya bahwa kemungkinan hal itu mencerminkan kemauan yang tidak disadari orang untuk menunjukkan pipi kiri mereka yang lebih menarik.

Pipi kiri kita menunjukkan lebih banyak emosi.

Penelitian menyatakan bahwa wajah sebelah kiri itu lebih ekspresif secara emosional. Ini bisa dijelaskan dengan bagaimana cara perasaan diproses dalam otak. Sisi kanan otak yang mengendalikan otot-otot pada tubuh sebelah kanan didominasi oleh emosi. Itu sebabnya orang secara intuitif menunjukkan pipi kirinya ketika diminta berpose untuk foto yang emosional, dan menunjukkan pipi kanan untuk foto yang menyembunyikan perasaan mereka.

Seberapa sering kamu melakukan swafoto? Apa kamu sudah menyadari bahwa wajah sebelah kiri tampak lebih bagus dalam foto?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini