Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Menurut Sains, Mengumpat Itu Baik bagi Kita

Kita sering kali menggunakan umpatan sebagai cara mengekspresikan perasaan kita, baik itu positif atau negatif. Namun, manfaat dari mengumpat tidak hanya itu. Secara ilmiah, cara ini terbukti baik untuk kita, dan tentu saja kita harus memanfaatkannya.

Sisi Terang mendukung umpatan bermanfaat, ketika pantas digunakan. Jadi, kami ingin menjelaskan alasan kenapa melakukannya baik bagi kita dan apa saja hal yang bisa kamu peroleh.

1. Mungkin merupakan tanda kecerdasan

Menurut studi ini, mengumpat dapat berarti kamu adalah orang yang pintar. Peserta penelitian diminta untuk membuat daftar kata yang dimulai dari huruf F, A, atau S yang bisa terpikirkan dalam satu menit. Setelahnya, mereka diberikan menit tambahan untuk memikirkan kata umpatan yang dimulai dari huruf tersebut. Hasil dari studi ini adalah orang yang berhasil menuliskan kata dengan huruf F, A and S paling banyak juga berhasil menuliskan kata umpatan paling banyak.

2. Mungkin merupakan tanda kejujuran

Dalam tiga rangkaian studi yang dilakukan pada tahun 2017, ditemukan kaitan positif antara ejekan dan kejujuran. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa orang yang suka mengumpat tidak sering berbohong saat berkomunikasi dan, secara keseluruhan, memiliki tingkat integritas yang lebih tinggi.

3. Dapat meningkatkan toleransi rasa sakit

Berbagai studi telah membuktikan bahwa mengumpat bisa meningkatkan toleransi rasa sakit. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang memasukkan tangan mereka ke dalam air es dan mengucapkan kata-kata ini mampu mengurangi rasa sakit dan membiarkan tangan mereka tetap di dalam air dingin lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menggunakan kata makian. Di sisi lain, studi ini menunjukkan bahwa pesepeda yang harus mengayuh pedal melewati berbagai rintangan memiliki lebih banyak tenaga ketika mengumpat, dibandingkan mereka yang menggunakan kata yang netral.

4. Bisa menjadi penetral emosi

Menggunakan kata makian memungkinkan kita mengungkapkan banyak bentuk suasana hati. Ini memungkinkan kita mengomunikasikan perasaan dengan cepat dan efektif. Dan sains memastikan bahwa mengumpat benar memiliki efek yang positif dan bersifat netral bagi kita.

5. Bisa membangun pertemanan dengan rekan kerja

Menurut studi ini, mengumpat merupakan wujud berkelakar di tempat kerja dan memiliki dampak positif terhadap atmosfernya. Telah ditemukan bahwa bentuk-bentuk makian digunakan untuk mengekspresikan pertemanan dan solidaritas, tetapi juga berarti memperbaiki dan meredam situasi rumit, misalnya komplain atau permintaan yang ditolak.

Apa kamu biasa mengumpat? Pernah merasakan manfaat ketika menggunakan kata makian seperti yang disebutkan dalam artikel ini?

Bagikan Artikel Ini