Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Penelitian Mengungkap Usia Saat Kita Merasa Paling Percaya Diri Serta Alasannya

Saat remaja, kita sering merasa tak percaya diri dan takut melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan, takut orang lain menganggap itu memalukan. Saat kita beranjak dewasa, mungkin di usia 20-an, kita akhirnya merasa paling percaya diri. Namun, sebuah penelitian yang menganalisis artikel terhadap 165.000 peserta menunjukkan bahwa usia 20-an sebenarnya bukan usia di mana tingkat percaya diri kita paling tinggi.

Sisi Terang tertarik untuk mencari tahu pada usia berapa kita memiliki tingkat percaya diri paling tinggi. Jadi, mari lihat apa hasil penelitian itu!

Tingkat percaya diri anak-anak meningkat.

Berdasarkan penelitian, rasa percaya diri meningkat pada usia 4 sampai 11 tahun. Salah satu alasannya adalah anak-anak mulai merasa semakin mandiri pada usia itu. Karena mereka belajar melakukan aktivitas sendiri, ini membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Tingkat percaya diri remaja tidak berubah.

Beberapa penelitian lama menunjukkan bahwa tingkat percaya diri menurun pada usia remaja. Itu disebut ada kaitannya dengan masa transisi. Remaja masuk SMP serta mengalami perubahan emosi dan fisik yang bisa memengaruhi tingkat percaya diri mereka. Mereka juga mulai lebih sering membandingkan diri mereka dengan orang lain dan merasa rendah diri.

Namun, penelitian sekarang mengungkap bahwa pada usia 11 sampai 15, tingkat percaya diri tidak berubah. Selain itu, pada usia 15 tahun, rasa percaya diri mulai meningkat drastis.

Tingkat percaya diri orang dewasa meningkat.

Percaya diri terus meningkat pada usia dewasa juga. Pada masa ini, kita mengembangkan sifat dewasa. Ini karena kita memikul peran sosial baru yang mengharuskan kita untuk lebih bertanggung jawab, teliti, dan stabil secara emosi. Jadi, saat kita dalam sebuah hubungan, memiliki pekerjaan, atau menjadi orang tua — itu membuat sifat dewasa kita semakin tinggi. Dan itu meningkatkan percaya diri.

Ini saat percaya diri mencapai puncaknya:

Pada usia 60 sampai 70, kita mencapai tingkat percaya diri tertinggi. Namun, setelah itu, percaya diri akan mulai sedikit menurun, lalu semakin turun setelah usia 90. Ini mungkin ada hubungannya dengan ketiadaan pasangan dan peran sosial. Sayangnya, itu bisa menyebabkan depresi, gangguan, dan membahayakan kesehatan.

Tingkat percaya diri bisa beragam.

Tidak ada perbedaan besar dalam pola percaya diri terhadap gender, suku, atau bahkan generasi. Namun, percaya diri bisa berubah sebentar atau lama, bergantung pada apa yang terjadi dalam hidup kita. Kesuksesan kita dalam pekerjaan, kehidupan pribadi, dan kejadian yang membuat stres bisa memengaruhi percaya diri kita. Meskipun tidak pasti, kita masih bisa melihat pola sama yang digambarkan para peneliti.

Kamu melihat pola yang sama dari perubahan rasa percaya dirimu dalam hidup? Kapan kamu merasa paling percaya diri sejauh ini?

Bagikan Artikel Ini