Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Sains Mengungkapkan 9 Hal Positif yang Dapat Terjadi dalam Hidupmu Saat Berusia 40 Tahun

1---
854

Kita sudah biasa mendengar bahwa usia dua puluhan adalah masa terbaik dalam hidup, namun mungkin itu tidak sepenuhnya benar. Orang-orang yang berusia kepala empat juga memiliki masa terbaik dalam hidup, karena mereka bisa lebih bahagia dan bahkan lebih kaya. Kita bisa mendapatkan banyak waktu untuk hobi dan hal yang ingin kita lakukan tanpa mengkhawatirkan pekerjaan seperti sebelumnya.

Sisi Terang hadir untuk membuktikan pernyataan ini kepadamu dan kami berharap kamu bisa lebih optimis ketika menginjak usia 40-an. Kami juga menyiapkan beberapa foto bonus yang menunjukkan bahwa kamu bisa tetap tampak menarik di usia 40.

1. Keuanganmu lebih baik.

Uang bisa menjadi penyebab banyaknya stres dan masalah bagi orang-orang, namun untungnya, di usia 40 tahun ke atas, uang adalah sesuatu yang tidak begitu mengkhawatirkan. Menurut data dari Federal Reserve, nilai bersih median orang dewasa antara usia 45 tahun dan 54 tahun adalah 130.000 dolar AS ke atas atau sekitar Rp1,8 miliar lebih. Yang lebih membuat penasaran adalah menurut data dari PayScale, wanita mulai mencapai puncak pendapatan di usia 44 tahun, sementara pria, di usia 55 tahun.

2. Waktu yang kamu habiskan di media sosial lebih sedikit dan kamu memanfaatkan waktu lebih baik.

Semua orang tahu bagaimana media sosial menyita waktu kita dan betapa mudahnya menghabiskan berjam-jam menggulirkan layar di beberapa aplikasi yang sama. Namun, orang yang berusia 40-an cenderung jarang melakukannya dan mampu mengatur waktu dan cara memanfaatkannya lebih baik. Menurut data dari Pew Research Center, orang dewasa di usia empat puluhan cenderung menggunakan media sosial lebih jarang daripada yang lebih muda, dan 56% di antaranya juga mengatakan bahwa mengorbankan media sosial tidak begitu sulit.

3. Keseimbangan antara pekerjaan dan hidupmu lebih baik.

Keseimbangan antara pekerjaan dan hidup saat ini muncul di banyak pembicaraan, dan orang yang mengatakan mereka memiliki keseimbangan antara karier dan kehidupan mereka adalah hal yang langka. Namun, ternyata hal tersebut tidak selangka itu jika kamu berada di usia antara 34 dan 44 tahun, menurut pemungutan suara yang diadakan YouGov. Survei ini menunjukkan bahwa 57% pekerja profesional di antara usia tersebut puas dengan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

4. Waktu tidur yang kamu butuhkan lebih sedikit.

Hal positif lainnya dari usia 40-an adalah bahwa tubuhmu memerlukan tidur yang lebih sedikit daripada ketika lebih muda. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, orang dewasa antara usia 40 tahun dan 55 tahun tidur sekitar 23 menit lebih sedikit dibandingkan orang dewasa yang berusia antara 20-an dan 30-an. Mungkin tidak seberapa, tetapi dengan penggunaan waktu yang lebih baik, kamu bisa menyelesaikan tugas atau melakukan olahraga singkat.

5. Hubunganmu cenderung lebih bahagia dan lebih sehat.

Menikah adalah langkah besar bagi banyak orang, dan biasanya, ada ketakutan tentang gambaran kehidupan rumah tangga. Namun, bertolak belakang dengan pandangan populer, tidak ada kata terlambat untuk menikah. Malah, menurut studi ini, menikah belakangan adalah keputusan terbaik demi kebahagiaan yang berlangsung lama. Hasil dari survei ini menunjukkan bahwa orang yang menikah di usia yang sama atau lebih tua daripada teman sebayanya menunjukkan tingkat kehabagiaan dan kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta tidak depresi seperti mereka yang menikah lebih awal.

6. Kamu lebih percaya diri.

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang sulit dicapai bagi kebanyakan kita, dan ini cenderung terjadi saat kita lebih muda dan dikelilingi segala macam standar kecantikan atau standar sosial. Namun, penelitian yang diadakan Harvard mengungkapkan bahwa tingkat kepercayaan diri kita mendekati puncaknya setelah menginjak usia 40 tahun. Ini adalah salah satu keuntungan terbaik dari berusia 40-an, karena menjadi bahagia dengan diri sendiri harus menjadi sesuatu yang terjadi di sepanjang hidup kita, bukan hanya pada satu masa.

7. Melahirkan di usia yang lebih tua dapat membantu memperpanjang usiamu.

Menunggu hingga kamu siap punya anak memiliki manfaat tersendiri, meksipun berarti kamu berusia 30-an. Studi ini, yang diterbitkan dalam jurnal Menopause, mengungkapkan bahwa wanita yang melahirkan anak terakhir di usia 33 tahun memiliki peluang dua kali lipat hidup hingga usia 90-an, dibandingkan dengan wanita yang melahirkan anak terakhir di usia 29.

8. Kamu lebih fokus dan berkonsentrasi dengan lebih baik.

Keuntungan penting lainnya dari menginjak usia 40 tahun, kalau menurut kami, adalah kemampuan untuk lebih fokus dan berkonsentrasi. Menurut penelitian dalam jurnal Psychological Science, rentang perhatianmu akan mencapai puncaknya ketika kamu berusia sekitar 43 tahun. Kita tidak begitu mengkhawatirkan gangguan tidak berarti dan lebih fokus pada hal yang penting bagi kita, yang membuat kita lebih produktif.

9. Kamu terus meningkatkan diri secara mental.

Kita tidak pernah berhenti belajar dan meningkatkan kualitas diri, meskipun kita tidak menyadarinya. Menurut data dari Bureau of Labor Statistics, orang dewasa yang lebih tua menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca daripada yang lebih muda. Seluruh kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kita dan berhubungan langsung dengan kemampuan kita untuk mengekspresikan diri lebih baik. Studi dari Harvard University dan Massachusetts General Hospital ini menyatakan bahwa kosakata orang-orang terus meningkat selama usia 40-an dan berada pada ambang puncak sebelum akhirnya mencapai batasnya di usia 60-an.

Bonus: Berikut bukti bahwa kamu bisa tampak menawan di usia 40-an!

Hal apa yang kamu nantikan ketika berusia 40 tahun? Dan jika kamu sudah menginjak usia itu, hal terbaik apa yang kamu rasakan?

1---
854
Bagikan Artikel Ini