Seorang Pria Menghabiskan 40 Tahun Mengubah Gurun Menjadi Hutan; Bukti Bumi Masih Punya Harapan

Orang bilang sudah tak ada lagi manusia yang peduli dengan alam, tapi pria ini membuktikan sebaliknya. Majuli adalah sebuah pulau sungai terbesar di dunia yang terletak di India Utara, dulunya kering, berpasir, hampir terlupakan, dan nyaris tak ada kehidupan. Hingga seorang penjual susu berani mengubah ’wajah’ pulau tersebut.

Sisi Terang tak sabar ingin membagikan pencapaiannya kepadamu. Jadi, bersiaplah untuk berkenalan dengan pria yang memiliki kisah menanami seisi hutan sendirian.

Saat masih berumur 16, Jadav Payeng menyaksikan sebuah pemandangan menyedihkan: beberapa ular tergeletak tak bernyawa di tepi Pulau Majuli, sebuah pulau di Sungai Brahmaputra. Banjir telah menyeret hewan ini ke pulau tersebut dan menyebabkan mereka mati kepanasan akibat kurang rimbunnya pepohonan.

Jadav pun tergerak hatinya, dan setelah melihat kerusakan ini dia membuat sebuah resolusi, yaitu membaktikan hidupnya untuk menghidupkan kembali pulau berpasir nan tandus ini dengan menanam sebuah pohon setiap hari. Resolusi yang tadinya hanya berupa janji dan impian di tahun 1979, terwujud menjadi Hutan Molai 40 tahun kemudian, dengan area lebih besar dibandingkan Central Park di New York dan lebih dari 12 kali luas Kota Vatikan.

Berkat Jadav, hutan tersebut telah ikut andil dalam menjaga ekosistem dan kehidupan satwa liar setempat. Sekarang hutan ini menjadi rumah bagi harimau Bengal, rusa, badak, burung hering, gajah, dan tentu saja, ular. Penghijauan ini juga telah membuat Majuli jadi lebih aman berkat pepohonan yang menghubungkan pulau ini ke daratan utama, serta melindungi area ini dari erosi.

Persembahan Jadav kepada alam ini kemungkinan besar tidak akan diketahui oleh orang banyak jika bukan karena jurnalis foto asal India, Jitu Kalita, yang menemukan hutan rahasia ini saat melakukan perjalanan untuk mengambil foto burung-burung pada tahun 2007. Kita pun, kemungkinan besar takkan mengetahui keberadaan hutan ini jika bukan karena film dokumenter Jitu Kalita tentang pencapaian Jadav yang berjudul Forest Man.

Untungnya kerja keras Jadav diketahui banyak orang, dan upayanya telah diakui oleh Presiden India terdahulu yang memberikannya gelar “Manusia Hutan dari India.”

Apa kamu sanggup membuat komitmen sebesar ini untuk memperbaiki lingkungan sekitarmu? Beri tahu kami bagaimana cara kamu melakukannya di kolom komentar di bawah ini!

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini