Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Ternyata, Ada Jutaan Serangga Tak Kasat Mata Berpesta Pora di Wajahmu Setiap Malam

Rupanya, ada tungau tak kasat mata yang menetap di kulit kita sejak lama. Ini mungkin terdengar mengerikan pada awalnya, tapi tungau yang bentuknya mirip laba-laba ini sudah ada di wajah kita sesaat setelah kita dilahirkan. Menariknya, kita lumayan mendapat manfaat dari tungau ini. Namun, kita harus selalu memperhatikan semua fakta terkait tungau yang bebas berkeliaran ini, sebelum memutuskan apakah makhluk ini berbahaya atau tidak.

Kami di Bright Side begitu tercengang dengan tungau wajah ini dan ingin membagikan apa yang kami ketahui tentang makhluk ini dengan kamu semua.

Makhluk ini memiliki DNA penting dari masa lalu kita.

Tungau ini telah hidup berdampingan dengan kita sepanjang evolusi manusia, dan yang ditemukan di wajah manusia sebenarnya memiliki kaitan dengan leluhur kita. Karena manusia berkembang dan bermigrasi ke seluruh dunia, tungau ini juga ikut berpindah bersama kita. Karena itulah, para ilmuwan bisa menemukan di mana leluhur kita dulu tinggal dengan meneliti tungau ini.

Ada 2 tungau di setiap 3 sentimeter persegi area kulit.

Ada 2 jenis tungau yang hidup di kulit kita, dan salah satunya hidup di wajah kita. Keduanya adalah kerabat dekat laba-laba. Tungau ini hidup di bagian kulit yang berminyak serta bersebum, dan memakan minyak serta sel-sel. Para peneliti juga menemukan ada 2 tungau yang hidup di setiap 3 sentimeter persegi kulit.

Tungau ini senang sekali merayap dalam gelap, dan sepertinya mereka berhenti bergerak saat ada cahaya terang. Biasanya makhluk ini bereproduksi di malam hari. Setelahnya, tungau akan bertelur di pori-pori kulit atau folikel rambut.

Hewan ini mungkin menyebabkan rosasea atau kemerahan di wajah.

Tungau yang hidup di wajah kita memang tidak berbahaya. Sayangnya, hewan ini bisa jadi berbahaya, kalau jumlahnya meningkat dan menyebabkan rosasea, yaitu kemerahan pada bagian tertentu di wajah. Orang-orang dengan sistem imun yang lebih lemah dan memiliki masalah pada kulit berisiko besar mengalami gejala ini. Jika ini terjadi, dokter bisa memastikan seberapa banyak tungau yang ada di kulit dan meresepkan obat yang sesuai.

Tungau wajah dalam jumlah kecil bisa sangat bermanfaat.

Umumnya, tungau ini tidak menyebabkan gejala apa pun. Bisa saja mereka hidup di kulit tanpa kamu sadari. Bahkan, dalam jumlah sedikit, jenis tungau ini bisa sangat bermanfaat bagi kulitmu. Itu karena makhluk ini menyingkirkan kulit mati yang berlebih.

Tanda-tanda kamu harus mengatasi tungau wajahmu

Jika jumlah tungau di wajahmu sedikit, maka tidak akan menyebabkan masalah atau gejala apa pun. Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Tapi, jika jumlah tungau di wajahmu sangat banyak, hal yang pertama kamu sadari adalah kulit menjadi kasar. Namun, gejala lain seperti sensasi terbakar, kulit menjadi lebih sensitif, kemerahan, kulit bersisik atau gatal, atau eksem bisa jadi merupakan tanda-tanda ada tungau wajah. Kalau kamu mengalami hal ini, lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Apa kamu pernah mengalami gejala yang mungkin mengindikasikan jumlah tungau di kulitmu terlalu banyak? Fakta menarik apa dari artikel ini yang ingin kamu pelajari lebih mendalam lagi?

Bagikan Artikel Ini