Tubuh Kita Melakukan 10 Hal Menakjubkan Ini Tanpa Kita Sadari

Meskipun saat ini penemuan ilmiah telah menjelaskan begitu banyak hal, ada film-film fantasi di luar sana yang tampak lebih realistis dibanding apa yang mungkin kita baca dalam jurnal ilmiah. Meskipun kita hanya akan membahas hal-hal seputar tubuh manusia—ini bisa menjadi inspirasi bagi karakter superhero baru. Mengecap rasa dengan hidung kita? Mata yang super cepat? Ini semua bisa dianggap sebagai kekuatan super tersembunyi.

Kami di Sisi Terang tidak bisa melewatkan begitu saja berbagai penemuan menakjubkan ini. Jadi, kami menyusun daftar ini untuk membagikannya dengan para pembaca.

1. Efek Pinokio itu nyata.

Karakter terkenal ini sepertinya diciptakan berdasarkan bukti nyata. Penelitian menegaskan bahwa berbohong benar-benar tercermin di wajah kita. Suhu hidung dan area di sekitar mata kita meningkat dan menjadi panas.

2. Tawa kita mengusir rasa sakit.

Meskipun sudah umum dipercaya bahwa tertawa itu baik untuk kesehatan, masalah ini baru benar-benar diteliti belakangan ini. Penelitian itu menunjukkan bahwa tertawa melepaskan senyawa kimia otak yang membuat kita merasa nyaman dan juga meredakan rasa sakit.

3. Kotoran telinga berfungsi sebagai pembersih.

Banyak di antara kita percaya bahwa kotoran telinga harus dibersihkan tiap hari karena alasan kebersihan. Tapi, sains membuktikan bahwa masalahnya justru sebaliknya. Kotoran telinga sendiri membersihkan saluran telinga kita dan melindunginya dari infeksi. Membersihkannya lebih menimbulkan kerugian daripada manfaat bagi kita, jadi lebih baik cukup bersihkan bagian permukaan telinga.

4. Rambut kita tahu saat kita tidur.

Sebenarnya, folikel rambut bisa mengungkap banyak hal tentang kebiasaan tidur kita. Menurut para peneliti, folikel rambut semacam melacak dan memuat 24 jam ritme sirkadian yang mengatur kebiasaan tidur kita. Mungkin suatu hari para penderita gangguan tidur bisa diobati hanya dengan menggunakan sel-sel folikel.

5. Tubuh kita menuntut tidur setelah makan siang.

Ini tidak ada kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi saat makan siang. Alasannya tersembunyi dalam jam tubuh kita. Ritme sirkadian kita mengirim sinyal peringatan tertentu pada hitungan 7-9 jam setelah kita bangun, dan sinyal inilah yang membuat kita mengantuk.

6. Berkedip berfungsi sebagai “mesin” bagi kita.

Kita menghabiskan 44 menit dari jam-jam bangun kita (dalam sehari) dengan mata tertutup karena berkedip, dan ini benar-benar berfungsi penting bagi kita. Berkedip bukan hanya membuat mata tetap terhidrasi dan melindungi dari benda-benda asing, tapi juga bisa membantu kita beristirahat. Otak kita juga memanfaatkan momen kecil saat mata tertutup itu untuk beristirahat.

7. Lambung melindungi sistem imun kita.

Sistem imun sangat penting bagi kesehatan dan membantu kita melawan semua ancaman dari luar. Tapi sistem ini juga butuh bantuan tambahan. Dan di sinilah peran lambung kita—asam lambung menghentikan sebagian besar kuman yang memasuki tubuh melalui makanan yang kita makan.

8. Mata memiliki otot tercepat dalam tubuh kita.

Otot yang paling cepat gerakannya dalam tubuh kita adalah orbicularis oculi yang ada di mata. Begitu cepatnya, hingga berhasil masuk dalam Catatan Rekor Dunia Guinness. Kita punya dua otot ini, satu di tiap mata, dan tugasnya mengatur penutupan kelopak mata. Jika ada benda yang akan menyentuh mata kita, otot ini menutup kelopak mata dalam waktu kurang dari 0,1 detik.

9. Ada “peredam guncangan” di seluruh tubuh kita.

Para ilmuwan telah menemukan struktur molekuler dalam tubuh yang berfungsi sebagai “peredam guncangan” bagi kita. Para peneliti mengatakan temuan ini menjawab pertanyaan soal bagaimana tubuh kita mengakomodasi jaringan yang hidup tanpa robek atau hancur akibat benturan dengan begitu banyak bagian yang bergerak.

10. Hidung juga bertanggung jawab atas persepsi rasa kita.

Sebenarnya, indra penciuman kita bertanggung jawab atas sekitar 80% dari apa yang dirasakan lidah. Tanpa indra ini, kita hanya akan merasakan manis, asin, asam, dan pahit. Semua rasa lainnya sebetulnya berasal dari penciuman. Itu sebabnya, saat mengalami flu dan hidung kita tersumbat, kebanyakan makanan terasa hambar.

Apa kemampuan luar biasa lainnya dari tubuh yang pernah kamu dengar?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini