Sisi Terang
Sisi Terang

10 Aktor yang Memainkan Peran dengan Sangat Baik dan Layak Diapresiasi

Bayaran tinggi dan meraih piala Oscar bukanlah hal utama yang diinginkan bintang film. Bagi sebagian besar dari mereka, mendalami karakter yang mereka perankan dan menyampaikannya kepada penonton jauh lebih penting. Itulah sebabnya beberapa aktor dan aktris melakukan persiapan serius sebelum syuting dimulai.

Kami di Sisi Terang mendukung pendekatan menyeluruh dalam seni pertunjukan dan dapat mengonfirmasi bahwa berkat kerja keras mereka, beberapa aktor dan aktris berhasil menyatu dengan karakter yang mereka perankan.

Julia Garner — Inventing Anna

Julia Garner hanya memiliki waktu persiapan selama 3 minggu sebelum syuting untuk memerankan Anna Delvey. Anna yang asli tinggal di beberapa negara dan hal itu sangat memengaruhi aksennya. Dalam waktu singkat, Julia berhasil meniru aksen yang digunakan karakternya.

Julia mengenakan gigi palsu di lokasi syuting agar sesuai dengan citra Anna. Ini adalah idenya dan disetujui oleh sutradara. Dan ternyata sukses besar—wajah Julia benar-benar mirip dengan wajah karakternya.

Selain itu, Julia juga bertemu dengan Anna yang asli dan mengatakan bahwa Anna tampak seperti gadis yang baik dan memiliki selera humor yang bagus.

Austin Butler — Elvis

Joseph Gotfriedy/Broadimage/East News, © Elvis / Warner Bros. and co-producers

Austin Butler, pemeran utama film Elvis, juga melakukan riset menyeluruh dari arsip-arsip video Elvis. Aktor ini mengatakan bahwa dia menonton sebanyak mungkin rekaman video Elvis Presley karena dia merasa bertanggung jawab kepada Elvis, keluarganya, dan semua penggemarnya.

Di samping itu, setahun sebelum syuting dimulai, Austin mengikuti les vokal hampir setiap hari karena dia ingin suaranya di film terdengar seperti suara Elvis.

Emilia Jones — CODA

Emilia Jones mendapatkann peran yang sulit—dia memerankan satu-satunya orang yang bisa mendengar di keluarganya. Orang tua dan kakak laki-lakinya tuli. Untuk menyelami perannya, aktris ini mempelajari bahasa isyarat selama 9 bulan.

Berdasarkan jalan cerita, karakter Emilia membantu orang tuanya memancing dan bernyanyi di paduan suara. Oleh karena itu, Emilia juga belajar memancing dan bernyanyi demi peran tersebut.

Kirsten Dunst — The Power of the Dog

Kirsten Dunst melakukan pendekatan total ketika mempersiapkan diri untuk syuting film, meskipun ia memerankan karakter pendukung bernama Rose. Kirsten harus belajar bermain piano.

Kebetulan, suami Kirsten, Jesse Plemons, memainkan salah satu peran utama di film tersebut. Itu sebabnya pasangan ini bisa berlatih beberapa adegan satu sama lain. Kirsten juga berkata bahwa kadang dia tidak akan berkomunikasi dengan siapa pun di lokasi syuting agar ia bisa merasakan “tenggorokannya tercekat” seperti yang dialami karakternya.

Gwendoline Christie — Game of Thrones

Si, PacificCoastNews/East News, © Game of Thrones / HBO and co-producers

Gwendoline Christie tidak ingin memiliki kesamaan dengan karakternya hanya dari sisi penampilan saja (tinggi badan). Berkat latihan intensif, berat badan aktris ini turun hampir 10 kg sebelum audisi.

Setelah mendapatkan peran tersebut, Gwendolin terus berlatih dan berhasil menaikkan massa otot sebesar 6 kg.

Namun, hal tersulit bagi aktris ini adalah ketika harus mengorbankan rambutnya untuk peran tersebut. Dia mengakui bahwa dia menangis selama 2 jam setelah rambutnya dipotong. Di luar peran, Christie tampil sangat feminin—dia mengenakan gaun cantik, riasan, dan sepatu hak tinggi.

Liu Yifei — Mulan

Zabulon Laurent/Abaca/East News, © Mulan / Walt Disney Pictures and co-producers

Sutradara film Mulan, Niki Caro, mengatakan bahwa kru filmnya telah mengaudisi sekitar 1.000 kandidat untuk peran Mulan. Audisi Liu Yifei memakan waktu lebih dari 2 jam, tetapi itu bukan akhir dari segalanya. Setelah audisi, Yifei diminta ke gym dan berlatih selama 1,5 jam untuk mengecek kemampuan fisik dan staminanya. Dan dia melakukannya dengan sangat baik.

Selain itu, beberapa bulan sebelum syuting, semua pemeran film Mulan, termasuk Yifei, dilatih di tempat pelatihan khusus. Yifei berkata bahwa sesi latihan memakan waktu sekitar 6-7 jam setiap hari dan latihannya sangat sulit.

Michael C. Hall — Dexter

Sebelum syuting serial TV Dexter, Michael C. Hall melakukan penyelidikan menyeluruh tentang penjahat, motif, dan metode mereka. Namun, selain mempelajari “teorinya”, aktor ini mengaku bahwa dia beberapa kali pergi ke kota, mencari orang yang sendirian, dan mengikuti mereka. Untuk lebih memahami Dexter, aktor ini bahkan secara mental menanamkan kualitas yang dimiliki para korban dari karakternya kepada orang-orang ini.

Emma Watson — Noah

Dalam film Noah, aktris ini berperan sebagai istri dari putra Nuh dan sedang hamil. Emma sendiri belum pernah hamil, tetapi dia sangat menginginkan proses kehamilan dan persalinan terlihat alami di film. Oleh karena itu, Emma berusaha untuk mendapatkan informasi tentang pengalaman serupa dari wanita lain, dokter kandungan, serta film dan video.

Emma juga meminta perancang kostum untuk membuatkan perut palsu yang besarnya seperti perut wanita yang sedang hamil bayi kembar. Keesokan harinya, Emma mengatakan kepada perancang kostum bahwa dia sangat lelah dan lunglai karena kostum ini, dan si perancang kostum menjawab bahwa itu karena perut palsu yang beratnya sama dengan perut wanita yang benar-benar sedang hamil.

Zendaya — The Greatest Showman

LAURENT LAURENT VU/SIPA/Sipa Press/East News, © The Greatest Showman / Bona Film Group and co-producers

Sutradara ingin sebagian besar adegan dalam film ini dilakukan tanpa pemeran pengganti. Itulah mengapa sebelum syuting dimulai, Zendaya mempelajari senam sirkus. Namun, aktris ini mengaku bahwa trik akrobat yang dilakukannya dalam film bukanlah tugas yang mudah.

Selama sesi latihan, Zendaya menjadi terbiasa dengan palang gantung sirkus dan jaring pengaman. Namun, lokasi syuting tidak dilengkapi dengan jaring pengaman seperti saat latihan (diganti dengan sejenis asuransi keselamatan), dan palang gantung memiliki ketinggian yang berbeda. Namun, Zendaya tetap berhasil mengatasi tantangan ini dan melakukan trik yang diperlukan dengan baik.

Benedict Cumberbatch — The Power of the Dog

Untuk berperan sebagai Phil, salah satu pemilik peternakan di Montana, Benedict Cumberbatch pergi ke Montana sebelum syuting dimulai. Di sana, ia tinggal bersama keluarga peternak yang membawanya menelusuri negara bagian tersebut dan mengajarinya cara koboi berdagang. Misalnya, dia menggembalakan dan memberi cap ke hewan ternak dan juga belajar cara menunggang kuda dengan benar.

Apakah kamu tahu selebritas lain yang melakukan persiapan dengan sangat matang sebelum syuting dimulai?

Sisi Terang/Film/10 Aktor yang Memainkan Peran dengan Sangat Baik dan Layak Diapresiasi
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya