Sisi Terang
Sisi Terang

10+ Pertanyaan tentang Dunia Harry Potter Ini Dijawab Langsung oleh JK Rowling

Film terakhir tentang anak yang bertahan hidup ini dirilis 10 tahun lalu, tapi banyak penggemar masih belum siap untuk berpamitan dengan karakter tercinta kita. Jadi, mereka rela melakukan apa saja untuk mencari tahu apa yang terjadi pada dunia penyihir ini setelah kekalahan Voldemort. Selain itu, beberapa orang juga mencoba menemukan kesalahan dalam bukunya.

Kalau boleh jujur, Sisi Terang juga tidak bisa menerima kenyataan bahwa saga Harry Potter telah berakhir dan kami butuh detail lebih lanjut tentang kehidupan karakter yang sangat kami sayangi. Kali ini, kami telah menemukan jawaban J.K. Rowling atas beberapa pertanyaan dari para penggemar yang telah dibiarkan menggantung lama. Dan di bagian bonus, terdapat cerita tentang bagaimana reaksi para aktor utama saat mengetahui akhir kisah dunia penyihir ini.

Kenapa potret Dumbledore tidak membantu Harry menemukan Horcrux?

Albus Dumbledore terus memberikan nasihat yang bijak, bahkan setelah dia meninggal, lewat potret yang digantung di kantornya. Tapi kenapa dia tidak membantu para karakter utama menemukan Horcrux dan menghancurkannya?

Masalahnya, potret bukanlah salinan penyihir yang ditampilkan, melainkan hanya proyeksi. Potret Dumbledore hanya mencerminkan apa yang diketahui Hogwarts tentangnya, ditambah pengetahuan dan kebijaksanaan yang dibagikan sang kepala sekolah dengan potretnya itu. Jadi, jika Albus tak memberi tahu apa-apa tentang Horcrux-nya kepada lukisan itu, berarti lukisan itu tidak punya informasi tentang topik tersebut dan tidak bisa membantu Harry.

Apakah orang tua Neville Longbottom membaik?

Frank dan Alice Longbottom kehilangan ingatan mereka setelah diserang oleh para Pelahap Maut (Death Eaters) yang menggunakan Kutukan Cruciatus untuk mencari tahu keberadaan Voldemort. Pasangan itu berakhir di Rumah Sakit St Mungo saat putra mereka, Neville, baru berusia 1 tahun. Banyak penggemar berharap pasangan itu dapat pulih, tapi J.K. Rowling memutuskan sebaliknya.

J.K. Rowling menjelaskan, “Aku tahu banyak orang ingin ada harapan untuk kesembuhan mereka, dan aku bisa melihat alasannya sebab hal yang terjadi pada orang tua Neville jauh lebih buruk daripada apa yang terjadi pada orang tua Harry.”

Berapa biaya untuk bersekolah di Hogwarts?

Sebuah artikel Mic pernah menghitung biaya bersekolah di Hogwarts, yaitu lebih dari $43.000 (sekitar Rp600 juta) dalam setahun, termasuk jubah dan kuali. Jadi, menurut perhitungan ini, 7 tahun bersekolah di sana akan menelan biaya lebih dari $300.000 (Rp4 miliar). Angka ini sangat besar. Tapi di Twitter-nya, Joanne Rowling menghibur para penggemar bukunya yang masih mengharapkan surat Hogwarts mereka, dengan mengatakan bahwa bersekolah di Hogwarts dibiayai penuh oleh Kementerian Sihir.

Jika Voldemort bertemu boggart, akan seperti apa bentuknya?

Sang Pangeran Kegelapan membuat Horcrux untuk mengalahkan kematian karena kematian adalah hal yang paling dia takuti. Jadi, boggart Voldemort akan terlihat seperti mayatnya sendiri yang tergeletak di tanah.

Ketika menjadi Animagus, bisakah kamu memilih wujud hewanmu?

Sayangnya, tidak. Rowling berkata, “Jika bisa memilih Animagus, kita semua pasti akan memilih menjadi singa, anak anjing yang imut, atau elang yang perkasa. Tapi sebenarnya, Animagus terkait erat dengan kepribadianmu.”

Perlu diingat, mempelajari sihir ini sangatlah sulit, dan tidak semua penyihir bisa melakukannya. Tapi banyak penyihir bisa mengetahui bentuk hewan Animagus mereka. Biasanya, bentuk hewan Animagus mereka sama dengan Patronus mereka. Misalnya, James Potter adalah rusa jantan, sementara Minerva McGonagall adalah kucing.

Keluarga Voldemort punya Batu Kebangkitan dan keluarga Potter punya Jubah Gaib. Apakah Voldemort dan Harry berkerabat?

Benar. Tapi lumayan jauh. Harry adalah keturunan Ignotus Peverell, yang memberikan jubah ini kepada putranya. Putranya punya seorang putri yang menikahi Hardwin Potter. Kemudian, jubah itu diberikan kepada setiap anak pertama di Keluarga Potter dan akhirnya berakhir di tangan kakek buyut Harry.

“Tentu saja, hampir semua keluarga penyihir berkerabat jika kita melacaknya mundur berabad-abad. Seperti yang diperjelas dalam Relikui Kematian (Deathly Hallows), darah Peverell akan mengalir di dalam banyak keluarga penyihir.”

Seperti apa tampilan ruang rekreasi Hufflepuff?

Baik buku maupun film sama sekali tidak mendeskripsikan ruang rekreasi Hufflepuff. Menurut Rowling, dia berencana mengungkap seperti apa tampilan semua asrama yang ada, tapi tidak pernah menemukan alasan bagi Harry untuk mengunjungi ruang rekreasi Hufflepuff. Rowling berkata, “Meski begitu, aku melihatnya sangat mirip dengan 3 asrama lainnya, dan aku tahu persis ke mana para anggota Hufflepuff pergi saat masuk ke dapur setelah pelajaran.”

Ruang rekreasi Hufflepuff adalah ruangan bundar yang nyaman dengan langit-langit rendah dan terlihat mirip liang. Warnanya kuning dan hitam dengan kayu berwarna madu mengilap yang digunakan pada meja dan pintu menuju asrama.

Ruang rekreasi itu berisi banyak tanaman. Beberapa di antaranya melambaikan ranting dan menari di depan orang-orang yang masuk.

Apakah Snape punya kesempatan untuk bisa bersama Lily?

Dari buku dan film, kita mengetahui Lily Evans cuma menganggap Severus sebagai teman. Tapi menurut Rowling, mereka bisa saja menjadi pasangan. Sang penulis mengatakan, Lily menyayangi Severus sebagai teman dan perasaan ini bisa berubah menjadi lebih besar andai Severus tidak terlibat terlalu jauh dengan Sihir Hitam, orang-orang jahat, dan hal-hal buruk.

Sama seperti banyak orang yang tidak percaya diri, Severus ingin menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar, lebih kuat, dan mengesankan. Dia terbutakan oleh kehausannya akan Sihir Hitam sehingga dirinya berpikir bisa membuat Lily terkesan dengan menjadi Pelahap Maut sejati.

Apa Harry masih bicara bahasa Parseltongue setelah Horcrux di dalam dirinya dihancurkan?

J.K. Rowling mengatakan Harry telah kehilangan kemampuan bicara dengan ular. Dan Harry senang akan hal itu.

Kenapa Harry tidak memperbaiki penglihatannya dengan sihir?

Kenapa Harry tidak menggunakan sihir untuk memperbaiki penglihatannya? Beberapa orang berpikir bahwa matanya rusak akibat Avada Kedavra yang digunakan Pangeran Kegelapan padanya. Menurut Rowling, cedera yang ditimbulkan oleh sihir tidak dapat sepenuhnya disembuhkan oleh para penyihir.

Apakah para muggle menyadari adanya perubahan di dunia setelah Pangeran Kegelapan dikalahkan?

Pada tahun 2007, Rowling mengatakan, "Ya, dunia ini terlihat seperti tempat yang jauh lebih cerah (secara harfiah. Dengan perginya para Dementor, cuaca pun makin baik!).

Apakah Petunia benar-benar membenci keponakannya?

Jurnalis pernah bertanya kepada Rowling apa yang ingin disampaikan bibi Harry kepadanya saat dia akan meninggalkan rumah mereka selamanya. Sang penulis berkata, “Dia mau bilang, ’Aku tahu apa yang akan kamu perjuangkan dan semoga semua akan baik-baik saja.’”

Petunia ingin sekali menjadi penyihir dan dia marah besar saat tahu dirinya tidak bisa menjadi penyihir. Lalu dia menikahi Vernon, pembenci sihir terbesar yang pernah ada. Tapi jauh di lubuk hatinya, dia menyayangi Harry dan berharap Harry baik-baik saja. Tapi Petunia tidak sanggup mengatakannya. Dia berusaha sangat keras untuk menganggap dirinya tidak peduli kepada Harry.

Selain itu, sampai di hari akhirnya, Petunia selalu menyimpan selimut yang Harry berikan untuknya.

Bagaimana mungkin Molly Weasley yang ramah dan penyayang berurusan dengan Bellatrix Lestrange yang kejam?

Menurut Joanne Rowling, banyak orang berpikir Neville yang seharusnya berurusan dengan Bellatrix dan membalas orang tuanya. Tapi sang penulis berkata, “Tanpa ragu, aku memilih Molly. Aku tahu dia adalah penyihir yang sangat hebat. Dan aku ingin memberi tahu para pembaca bahwa meski seorang wanita mampu membesarkan anak-anaknya, bukan berarti dia tidak punya bakat lain.” Selain itu, Joanne ingin menunjukkan perbedaan antara cinta tercela Bellatrix untuk Voldemort dan cinta yang Molly miliki sebagai seorang ibu.

Bonus: Apakah para aktor utama tahu bagaimana cerita ini akan berakhir?

Rowling mengungkapkan dalam salah satu wawancaranya, “Mereka takut menanyakan apa pun kepadaku. Aku pernah datang ke lokasi rekaman dan mengobrol dengan Daniel Radcliffe, lalu aku bilang, ’Aku sedang menulis buku ke-7 dan aku kesulitan dengan Dumbledore.’ Lalu Daniel berkata, ’Tapi dia sudah meninggal!’ Lalu dia langsung berteriak, ’Jangan bilang apa-apa! Jangan bilang!’ Aku menceritakan sedikit tentang kisah itu kepada semua aktor. Emma Watson, yang memerankan Hermione, yang paling banyak tahu. Dia hampir jatuh dari kursi saat tahu siapa yang akan dia cium di buku terakhir.”

Apakah kamu punya pertanyaan untuk J.K. Rowling?

Sisi Terang/Film/10+ Pertanyaan tentang Dunia Harry Potter Ini Dijawab Langsung oleh JK Rowling
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya