Sisi Terang
Sisi Terang

12 Aktor Ini Sok Jual Mahal Sebelum Akhirnya Menerima Peran Terbaiknya

Aktor hebat selalu mendapatkan tawaran naskah dan mereka jarang menolak tawaran ini. Bahkan bagi bintang besar sekalipun, sulit bagi mereka untuk membayangkan akan sesukses apa film-film tertentu ketika sudah sampai di mata khalayak. Ada kalanya para aktor menyesali pilihan mereka, tapi terkadang seseorang mendorong mereka hingga akhirnya menerima peran yang akhirnya bisa mengubah hidup mereka.

Sisi Terang sudah mengumpulkan kisah-kisah sejumlah aktor dan aktris yang hampir menolak peran luar biasa, tapi untungnya ada seseorang yang meyakinkan mereka untuk menerima tawaran peran itu pada waktu yang tepat.

1. Mark Ruffalo sebagai Hulk dalam The Avengers

Dalam suatu wawancara, Mark Ruffalo mengonfirmasi bahwa dia hampir menolak peran Hulk karena merasa tak ada hal baru yang bisa dia bawa ke dalam sang karakter. Namun, sutradara Joss Whedon mengatakan kepadanya bahwa dia yakin Mark adalah aktor yang sempurna untuk karakter ini. Selain itu, rekannya, Robert Downey Jr. (Iron Man), meyakinkannya untuk menerima tawaran tersebut agar mereka bisa bekerja sama.

Ruffalo akhirnya meminta sang sutradara menyerahkan beberapa halaman naskah, dan setelah membacanya, dia akhirnya yakin.

2. Jennifer Lawrence sebagai Katniss dalam Hunger Games

Jennifer kurang begitu yakin untuk menerima peran dalam waralaba film besar, tapi, pada akhirnya, ibunya-lah yang meyakinkannya.

Lawrence tak peduli film yang dia mainkan besar atau tidak, dia cuma melihat karakter yang dia perankan dan kisahnya. Kalau menyukainya, barulah dia memerankannya. Tapi ibunya mengungkapkan bahwa dalam hal ini, Lawrence memang menyukai alur ceritanya, jadi, tidak ada alasan baginya untuk menolak peran itu.

3. Leonardo DiCaprio sebagai Jack dalam Titanic

Setelah syuting film Romeo and Juliet, Leo bilang kepada Paul Rudd (Ant-Man) bahwa dia ditawari peran Jack dalam film Titanic. Ayah Rudd adalah seorang ahli Titanic, dan Paul bilang kepada Leo bahwa kisah nyata dari kejadian itu sangatlah luar biasa. Leo tidak terlalu yakin mau menerima peran itu, tapi Rudd meyakinkannya, dengan berkata, “Kamu harus mengambilnya.”

4. Christian Bale sebagai Batman dalam Batman Begins

Christian Bale baru saja selesai syuting film The Machinist, di mana dia mengambil peran dramatis yang mengharuskannya menurunkan banyak berat badan. Oleh karena itu, saat ditawari peran Batman, Bale bahkan tidak ingin menggubris proposalnya. Meski begitu, sang sutradara film itu sendiri, Christopher Nolan, secara pribadi pergi untuk meyakinkan Bale.

5. Maggie Gyllenhaal sebagai Elizabeth dalam Donnie Darko

Sutradara Donnie Darko baru-baru ini mengatakan dalam sebuah wawancara bagaimana Maggie enggan menerima peran Elizabeth Darko. Awalnya, Maggie mengira dia ditawari peran hanya karena dia adalah saudara perempuan Jake Gyllenhaal. Sang aktris berpikir bahwa mereka seharusnya menawarkan peran itu kepada seorang aktris yang lebih penting dibanding dirinya.

Namun, cara Maggie bicara, tekad, dan ketulusannya, membuat sang sutradara ingin sekali meyakinkannya untuk menerima peran ini.

6. Peter Dinklage sebagai Tyrion Lannister dalam Game of Thrones

Saat David Benioff, produser dan penulis naskah Game of Thrones HBO, mendekati Peter Dinklage untuk menawarkan peran Tyrion, sang aktor merasa ragu. Dia tidak ingin bermain karakter berjanggut panjang dan sepatu runcing dan jatuh ke stereotip orang berbadan kecil.

Benioff meyakinkan Peter bahwa hal itu takkan terjadi dalam seri ini. Karakternya bukan pahlawan atau penjahat, dia punya kelemahan dan kekuatannya sendiri, seperti manusia pada umumnya. Seperti kita ketahui, kompleksitas Tyrion akhirnya meyakinkan Dinklage untuk mengambil peran tersebut.

7. Penn Badgley sebagai Dan Humphrey dalam Gossip Girl

Penn Badgley hampir menolak salah satu perannya yang paling berkesan. Dalam sebuah wawancara, Badgley bilang dirinya sedang frustrasi, tidak punya uang, dan depresi. Tapi orang tua dan manajernya meyakinkan Badgley bahwa peran Dan inilah yang dia butuhkan. Sang aktor menolaknya, tapi sang sutradara tidak bisa menemukan orang yang lebih layak untuk memerankan peran Dan ini, dan Badgley akhirnya menerima.

8. Daniel Day-Lewis sebagai Bill dalam Gangs of New York

Martin Scorsese yakin bahwa Daniel harus memainkan peran ini. Leonardo DiCaprio menjemput Daniel di rumahnya. Mereka berjalan di sekitar New York selama 10 menit tanpa mengucapkan sepatah kata pun, sampai Leo akhirnya mengumpulkan keberanian untuk bicara. Akhirnya, mereka makan malam dengan Tobey Maguire (Spider-Man) dan mereka berdua berhasil meyakinkan Daniel.

9. Viggo Mortensen sebagai Aragorn di Lord of the Rings

Viggo Mortensen sudah pernah menolak peran Aragorn karena dia tidak ingin melakukan proses pembuatan film panjang yang jauh dari rumahnya. Namun, putranya melihat naskah film ini di meja dapur. Dia bicara dengan penuh semangat kepadanya tentang saga Lord of The Ring dan akhirnya meyakinkan ayahnya untuk menerima peran itu.

10. Tom Cruise sebagai Maverick dalam Top Gun

Untuk meyakinkan Tom Cruise agar mau menerima peran Maverick dalam film Top Gun, para produser membawanya terbang bersama para ahli naik sebuah fasilitas penerbangan di California. Sang pilot ingin mengerjai Cruise, jadi, mereka mencoba memberinya pengalaman terbang yang ekstrem, yang menurut mereka akan membuatnya takut. Tapi mereka sepertinya kurang mengenal Tom Cruise. Segera setelah sang aktor turun dari pesawat, dia menelepon produser untuk mengonfirmasi bahwa dia akan mengambil peran itu.

11. Meryl Streep sebagai Margaret Thatcher dalam The Iron Lady

Meryl Streep tidak ingin memerankan Thatcher karena tidak menyukai karakter itu. Namun, sang sutradara meyakinkannya bahwa itulah sebabnya dia harus mengambil peran ini, karena Meryl bisa punya kesempatan untuk menampilkan Thatcher dengan cara yang dia inginkan. Menurut Meryl, itu adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan betapa buruknya karakter Thatcher.

12. Chris Evans sebagai Captain America dalam Captain America: The First Avenger

Ibu Chris Evans adalah orang yang berhasil meyakinkan sang aktor untuk menerima peran utama dalam Captain America. Chris takut menjadi terlalu terkenal karena dia takkan bisa keluar dan berjalan-jalan bersama anjingnya tanpa gangguan lagi. Tapi saat dia meminta nasihat kepada ibunya, ibu Chris meyakinkannya bahwa ini adalah kesempatannya untuk bekerja sebagai aktor sepanjang hidupnya dan tak perlu mencemaskan biaya sewanya lagi.

Bonus: Julia Roberts dalam Friends

Saat Matthew Perry (Chandler) mendekati Julia Roberts untuk menanyakan apakah dia tertarik tampil dalam serial Friends, Julia menjawab dengan bercanda, “Tulis makalah tentang fisika kuantum dan aku akan menerimanya.” Julia pun terkejut saat tahu Matthew benar-benar menulisnya dan mengirim faks kepadanya besok harinya. Pada saat itu, Julia tidak bisa menolak lagi.

Film atau seri apa yang menurutmu takkan berhasil tanpa aktor yang ada di dalamnya?

Sisi Terang/Film/12 Aktor Ini Sok Jual Mahal Sebelum Akhirnya Menerima Peran Terbaiknya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya