12 Kali Aktor Rela Mengubah Diri demi Menjiwai Peran yang Mereka Mainkan

Memberi tanda tangan, sesi foto yang tiada akhir, dan menerima penghargaan yang selalu dinanti bukanlah kehidupan yang biasa dijalani aktor dan aktris. Realitas mereka jauh lebih membosankan: yakni aktor yang mengikuti diet ketat atau menambah berat badan, mempelajari keterampilan baru (yang bisa seru, atau kebalikannya), dan sering kali, bekerja di tempat yang jauh dari kata nyaman.

Sisi Terang mengagumi stamina dan ketahanan para selebritas ini dan bahkan ingin memberikan penghargaan kepada mereka, khususnya atas segala rintangan yang mereka lalui saat atau sebelum memulai peran lain.

1. Blake Lively — The Shallows (2016)

Sang aktris memainkan peran yang mengharuskan dia mengenakan bikini beberapa bulan setelah melahirkan. Untuk mengembalikan bentuk tubuhnya, Blake Lively melakukan olahraga fisik selama 13 jam sehari bersama pelatihnya. Melihat penampilannya di film tersebut, kami pikir dia lebih dari sekadar mencapai targetnya.

2. Rooney Mara — The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Beberapa minggu sebelum memulai produksi film, sang aktris pindah ke Stockholm atas keinginannya sendiri supaya mendapatkan waktu yang cukup untuk meresapi atmosfer kota tersebut, tempat karakternya tinggal. Demi memenuhi penampilan karakternya, Rooney Mara mengecat rambut pirangnya menjadi hitam, menindik, dan memutihkan alisnya.

3. Jennifer Lawrence — Winter’s Bone (2010)

Karena karakternya adalah gadis kota kecil yang sangat miskin dan tinggal di perkebunan, Jennifer Lawrence harus mempelajari cara melakukan hal-hal non-Hollywood. Misalnya, dia menguasai seni memotong pohon menggunakan kapak. Kami bisa melihat bagaimana dia mempraktikkannya di film.

4. Daniel Day-Lewis — The Last of the Mohicans (1992)

Agar siap memerankan Hawkeye, sang aktor harus bekerja keras: dia belajar cara berburu, membuat perahu kano, menggunakan tomahawk, dan mengisi ulang senapan berburu saat beraksi.

5. Olivia Munn — X-Men: Apocalypse (2016)

Untuk memainkan peran Psylocke, sang aktris menguasai seni pedang dan yang lainnya. Sekitar 6 bulan pelatihan yang melelahkan memberikan hasil memuaskan — 95% trik yang ditampilkan pada film dilakukan oleh Olivia Munn sendiri, tanpa pemeran pengganti. Penurunan berat badan menjadi efek samping pelatihan yang intens ini — Olivia Munn mengaku dia turun 5 kg saat pembuatan film ini, meski itu bukan bagian dari rencananya.

6. Hilary Swank — Million Dollar Baby (2004)

Sang aktris mendapatkan penghargaan untuk peran Maggie. Dia berlatih keras sebelum produksi: selama 3 bulan dia belajar tinju dan angkat beban setiap hari selama beberapa jam. Berkat olahraga dan diet proteinnya, massa otot Hilary Swank bertambah hingga 8 kg.

7. Dustin Hoffman — Marathon Man (1976)

Agar mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai, sang aktor berlari tidak kurang dari 6 km setiap hari. Ketika tiba adegan saat karakternya kehabisan napas dan tidak berenergi, sebelumnya dia berlari sekitar 800 meter agar tampak lebih natural di film.

8. Jared Leto — Dallas Buyers Club (2013)

Sang aktor kehilangan 14 kg demi peran ini dan dengan serius mendalami karakternya 24 jam per hari. Selain itu, Jared Leto mempelajari cara menggunakan lipstik dan mencukur rambut halus di kaki dan alisnya.

9. Aaron Eckhart — Rabbit Hole (2010)

Karena plot film ini berfokus pada pasangan yang kehilangan anak, Aaron Eckhart memutuskan untuk mengunjungi kelompok dukungan untuk orang tua yang berhasil melewati masa sulit kematian anak, demi menguasai karakternya. Cara ini cukup dingin karena Eckhart harus berpura-pura di depan orang yang benar-benar menghadapi kesedihan ini. Namun, ini tampaknya sepadan karena dia mendalami perannya secara menyeluruh. Namun, film ini tetap tidak mendapatkan banyak perhatian publik.

10. Ashton Kutcher — Jobs (2013)

Agar siap memainkan perannya, sang aktor memulai diet buah, yang terinspirasi dari Steve Jobs. Dia secara khusus memilih wortel. Sayangnya, tubuhnya tidak kuat dan Ashton Kutcher mengidap masalah pankreas, yang membuatnya dirawat di rumah sakit.

11. Jamie Dornan — The Fall (2013)

Di serial ini, Dornan memainkan peran pelaku tindak kriminal. Agar menguasai peran dan memahami apa rasanya menguntit orang lain, sang aktor melakukan tindakan tak terduga. Di kereta bawah tanah, dia memperhatikan satu gadis dan terus mengikutinya sampai beberapa blok sambil menganalisis perasaannya. Menurut Dornan, pengalaman ini menarik, namun juga membuatnya merasa “kotor”.

12. Ruth Wilson — Dark River (2017)

Sebelum memulai produksi film, Ruth Wilson tinggal dan bekerja di perkebunan sungguhan selama 3 minggu untuk mendalami karakter yang tumbuh di lingkungan petani. Ini memang kedengarannya tidak menarik, dan sang aktris harus melakukan pekerjaan non-Hollywood, seperti mencukur bulu hewan peternakan, memotong kuku kaki, menyeretnya, dan bahkan mengebiri domba.

Andaikan kamu akan memainkan suatu peran di film, hal apa yang siap kamu lakukan demi karakter yang kamu mainkan?

Bagikan Artikel Ini