12 Karakter Disney Ini Terinspirasi dari Orang-Orang di Dunia Nyata

Sepanjang sejarahnya, Disney telah menciptakan banyak kisah luar biasa yang sudah menemani kita sejak kecil. Banyak dari karakter mereka juga menjadi favorit kita, dan beberapa di antaranya sangat dekat dengan hati kita. Meski begitu, kamu mungkin belum tahu bahwa banyak dari karakter-karakter ini terinspirasi dair orang-orang di dunia nyata dan adakalanya, selebritas.

Sisi Terang ingin membagikan sejumlah karakter Disney ikonis yang terinspirasi dari orang-orang di dunia nyata dan membandingkannya langsung dengan sumber inspirasi mereka.

1. 4 Burung Nasar — The Beatles

Saat memproduksi versi novel animasi The Jungle Book, Disney dan pembuat film yang mengurus adaptasinya, menghasilkan kameo yang lumayan cerdik berupa The Beatles. Pada tahun 1967, The Beatles sudah menjadi salah satu band paling populer saat itu.

John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr menjadi pengisi suara di balik 4 burung nasar. Keempat burung ini juga memiliki gaya rambut gila dan menyanyikan lagu That’s What Friends Are For. Namun, meksi band ini menjadi inspirasi di balik burung-burung ini, alasan yang ada tak cukup untuk melanjutkan rencana ini.

Kabarnya, Lennon tidak begitu suka muncul dalam film ini. Dia menjelaskan kepada manajer band, Brian Epstein, bahwa sang manajer harus meminta Disney untuk menampilkan Elvis Presley saja. Karena penolakan ini, film yang dihasilkan hanya menunjukkan empat burung nasar yang bicara dengan aksen mirip orang-orang yang tinggal di Liverpool. Pengisi suaranya adalah J. Pat O’Malley, Digby Wolfe, Lord Tim Hudson, dan Chad Stuart.

2. Maleficent — Eleanor Audley

Eleanor Audley bukan cuma menjadi pengisi suara Maleficent di Sleeping Beauty, sang pembuat film Disney juga memintanya memerankan dan merekam adegan yang akan membantu animator menghasilkan sang karakter fiksi. Artinya, fitur dan gerakan aktris ini menginspirasi gerakan dan wajah Maleficent.

Selain itu, Eleanor juga menjadi inspirasi karakter animasi lainnya, Lady Tremaine, ibu tiri Cinderella yang legendaris dan jahat.

3. Jessica Rabbit — Rita Hayworth

Wanita menarik dari film Who Framed Roger Rabbit? menjadi ikon karena citranya dalam film dan sosoknya yang menakjubkan. Tapi penampilannya bukan cuma hasil keberuntungan semata: Jessica Rabbit adalah hasil inspirasi dari aktris cantik, Rita Hayworth.

Pada awal masa desain karakter, sang penulis, Gary K. Wolf, mengambil inspirasi dari penari di film pendek animasi Red Hot Riding Hood, karya Tex Avery. Akan tetapi, dalam proses produksi film, citra Jessica Rabbit berubah. Perubahan ini terinspirasi dari beberapa aktris, tapi terutama dari Rita. Richard Williams, sang pengarah animasi film ini, mengatakan dia mencoba membuat karakternya agar terlihat mirip Hayworth, tapi dengan rambut Veronica Lake.

4. Mad Hatter — Ed Wynn

Mad Hatter adalah salah satu karakter yang paling khas dan unik di Alice in Wonderland. Dalam film itu, inspirasi Hatter berasal dari gerakan, penampilan, dan kepribadian aktor Ed Wynn. Dia juga menjadi suara di balik sang karakter, jadi, bisa dibilang, dia adalah model yang sempurna bagi sang animator untuk mendesain Hatter.

5. Edna Mode — Linda Hunt

Kisah Edna, karakter dalam The Incredibles, awalnya terinspirasi dari kehidupan seorang perancang busana, Edith Head. Namun, karakter tersebut punya kemiripan yang hampir sempurna dengan aktris Linda Hunt.

6. Scat Cat — Louis Armstrong

Scat Cat dari The Aristocats adalah sebuah peran yang awalnya ditulis untuk Louis Armstrong, penyanyi jazz dan pemain trompet terkenal. Idenya adalah dia akan mengisi suara si kucing populer, yang awalnya akan dinamai Satchmo si Kucing.

Sayangnya, karena masalah kesehatan yang tidak terduga, Armstrong tidak bisa menjadi bagian dari proyek ini. Para pembuat film ini pun terpaksa menggantikannya dengan musisi Scatman Crothers. Karena alasan ini, mereka mengganti namanya menjadi Scat Cat, dan menulis lagu baru untuknya yang dibawakan oleh Crothers.

7. Dr. Facilier — Michael Jackson

Dr. Facilier, penjahat di film The Princess and the Frog, mengambil inpirasi dari Michael Jackson. Kemiripan yang kuat di antara keduanya bukan cuma terbukti lewat sosok ramping dan pilihan pakaiannya, tapi juga dalam koreografi karakter Dr. Facilier yang diperlihatkan di sepanjang film. Gaya dan posturnya sama dengan yang biasa digunakan Sang Raja Pop.

8. Ariel — Alyssa Milano

Ketika orang-orang kreatif di Disney mau mendesain karakter Ariel untuk The Little Mermaid, mereka ingin menampilkan citra wanita muda yang cantik, manis, dan kontemporer, jadi, mereka menggunakan Alyssa Milano sebagai inspirasi.

Dalam sebuah wawancara, sang aktris mengungkapkan bahwa dia tidak mengetahuinya, setidaknya saat si karakter sedang diproduksi. Baru kemudian, dia diundang untuk menampilkan film dokumenter yang memperlihatkan sang produser menunjukkan bagaimana film itu dibuat. Saat itulah dia menemukan bahwa dirinya menjadi inspirasi karakter Ariel. Para pembuat film ini menggunakan foto-fotonya saat masa remaja untuk menciptakan kembali putri duyung yang tak terlupakan ini.

9. Ursula — Divine

Harris Glenn Milstead, yang juga dikenal sebagai Divine, adalah sosok populer di Amerika yang menjadi inspirasi dalam penciptaan karakter Ursula yang jahat dari The Little Mermaid. Penampilan dan pertunjukannya sangat penting untuk membentuk fitur, gaya, dan kepribadian sang antagonis yang menakjubkan.

10. Alice — Kathryn Beaumont

Karakter utama dalam Alice in Wonderland menjadikan Kathryn Beaumont sebagai sumber inspirasi utamanya. Dia juga menjadi pengisi suara Alice. Para animator Disney menggunakan gadis itu sebagai model untuk menghidupkan Alice. Usianya baru 10 tahun pada saat itu. Tak terhitung jumlah foto yang menggambarkan karya-karya Kathryn, bahkan, ada video di mana dia terlihat berakting dan menyuarakan peran Alice.

11. Cruella de Vil — Tallulah Bankhead

Cruella de Vil versi animasi muncul untuk kali pertama di layar lebar pada tahun 1961 lewat film A Hundred and One Dalmatians. Dalam film ini, Betty Lou Gerson mengisi suara si penjahat ikonik. Namun, Marc Davis, sang kepala animasi, harus membuat Cruella dari awal, jadi, dia dan timnya mengandalkan kepribadian dan gerakan Tallulah Bankhead untuk mendesainnya.

12. Snow White — Marge Champion

Marge Champion adalah salah satu penari terkenal abad ke-20. Saat dia baru berusia 14 tahun, artis muda ini ikut audisi untuk memerankan Snow White. Tugasnya adalah mereka adegan karakter di depan animator. Akan tetapi, saat melakukannya, dia malah diminta untuk menjaga keanggunan dan gerakan-gerakan halus dari pengalaman menarinya yang juga cocok bagi sang putri.

Salah satu alasan kenapa Marge mendapat peran ini adalah karena ayahnya. Marge punya bakat yang luar biasa dalam menari dan berakting, tapi juga dibesarkan dan berperilaku seperti bangsawan. Ernest Belcher, ayah Marge, mengajarinya membungkuk dan secara teratur berperilaku sangat hati-hati. Pembawaannya memungkinkan dia untuk mendapatkan peran karena gerakan dan posturnya mirip dengan yang diinginkan para produser untuk Snow White.

Karakter Disney mana yang paling membuatmu terkejut? Apa kamu tahu karakter Disney lain yang terinspirasi dari orang-orang di dunia nyata? Tulis di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau The Incredibles / Disney, Wikimedia
Bagikan Artikel Ini