Sisi Terang
Sisi Terang

14 Detail Tersembunyi dalam Film yang Bisa Menarik Perhatian para Penonton

Menonton film merupakan pengalaman yang berkesan, karena banyak sekali hal yang dapat terjadi dalam hitungan detik. Sering kali, ketika menonton film bagus, kita fokus pada peristiwa dalam cerita dan mengabaikan beberapa detail yang tidak terlalu menarik perhatian kita. Sebagai contoh, kenapa di film Finding Nemo, Gill menjadi satu-satunya ikan yang selalu berpikir untuk keluar dari akuarium? Kita juga tidak mempertanyakan kenapa di film X-Men, Magneto bisa menghancurkan dan mengguncang furnitur, tetapi tidak bisa menggerakkan koin logam kecil. Hari ini kami akan memberitahumu semua alasan di balik misteri ini dan masih banyak lagi.

Sisi Terang ingin memberi tahu beberapa detail yang membuat film-film favorit menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

1. Arloji milik Professor X di film Dark Phoenix

Kamu mungkin ingat bahwa dalam film X-Men: Dark Phoenix (2019), ada adegan di mana Profesor X berbicara dengan Magneto. Jika dilihat lebih dekat, Profesor X memakai jam Rolex Milgauss di pergelangan tangannya. Jam ini dikenal bisa menahan medan magnet hingga 1.000 gauss, yaitu satuan yang digunakan untuk mengukur medan magnet. Meskipun jam ini pertama kali dirancang dan dibuat pada tahun 1956, Rolex tipe ini masih tersedia sampai sekarang, dan bukanlah sesuatu yang mengejutkan jika jam ini benar-benar bisa menahan medan magnet.

2. Kacamata Bogo, si kepala polisi, di film Zootopia

Entah kamu ingat atau tidak, dalam sebuah adegan di film Zootopia, kepala polisi bernama Bogo, yang merupakan seekor kerbau, memakai kacamata ketika membaca dokumen. Detail kecil ini mengacu pada fakta seru tentang kerbau, yaitu hewan yang memiliki penglihatan yang buruk.

3. Jam tangan John Wick di film John Wick

Ada beberapa adegan di film John Wick di mana kamu bisa melihat dengan jelas bahwa tokoh protagonis mengenakan jam tangan seperti kebanyakan orang. Namun, jika dicermati lagi, kamu akan melihat bahwa saat adegan laga, atau tepat setelahnya, jam tangan tersebut berubah posisi. Alih-alih memperlihatkan permukaan jamnya, John Wick memutar jam ke arah tubuhnya sendiri. Beberapa orang percaya bahwa tentara mengenakan jam dengan cara ini karena memungkinkan mereka untuk lebih berhati-hati dan mencegah cahaya memantul dari kaca jam, yang otomatis akan membocorkan lokasi mereka.

4. Planet-planet di film Hercules

Dalam sebuah adegan di film Hercules, Moirae, dewi takdir, menunjukkan kepada Hades bagaimana planet-planet akan sejajar di masa depan. Dan meskipun kita hanya bisa melihat 6 planet, jangan pikir ini adalah kesalahan dari produser Disney. Mereka sengaja melakukan ini karena pada masa itu, astronomi Yunani kuno hanya mempelajari 5 planet selain Bumi. Mereka hanya bisa melihat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

5. Alasan masyarakat di desa Moana berhenti menjelajah di film Moana

Di film Moana, mentor sekaligus nenek karakter utama menyebutkan bahwa orang-orang di pulau mereka berhenti berlayar dan menjelajahi dunia seperti yang dulu pernah mereka lakukan. Hal ini sebenarnya mengacu pada peristiwa yang terjadi dalam kehidupan nyata, yang dikenal sebagai “Jeda Panjang” (The Long Pause) dalam sejarah Polinesia. Sampai saat ini, masih belum diketahui mengapa Jeda Panjang ini terjadi.

6. Alasan King Louie diubah menjadi spesies yang berbeda di film The Jungle Book

Dalam film The Jungle Book (2016), King Louie bukan spesies orangutan seperti yang digambarkan dalam film animasinya. Dalam film live action-nya, spesiesnya diubah menjadi Gigantopithecus, yaitu spesies pendahulu gorila yang ukurannya sangat besar dan bentuknya sangat mirip dengan orangutan saat ini. Alasan produsen memutuskan untuk mengubah spesiesnya adalah karena orangutan bukan binatang endemik di India, sehingga tidak sesuai dengan cerita. Di sisi lain, diyakini bahwa Gigantopithecus memang menghuni beberapa bagian di negara India, yang menjadi latar cerita film ini. Selain itu, penampilan spesies ini memberikan tampilan seperti raja bagi karakter King Louie.

7. Alasan kenapa di film Up, hanya Dug yang bisa menemukan Kevin

Kamu mungkin ingat bahwa di film Up, Dug adalah satu-satunya anjing yang bisa melacak Kevin. Itu karena semua anggota kawanan lainnya adalah anjing penjaga, sedangkan Dug adalah golden retriever, yang merupakan anjing pemburu yang mampu melacak. Ras ini tidak hanya dikenal ramah dan lembut, tapi mereka juga sudah membantu manusia selama berabad-abad berkat indra penciumannya yang tajam.

8. Alasan kerangka Peter B. di film Spider-Man: Into the Spider-verse tidak bersinar

Dalam banyak film atau serial TV, ketika seorang karakter tersengat listrik, kamu melihat listrik mengalir di kerangkanya. Namun, ada sebuah adegan di film Spider-Man: Into the Spider-verse yang tidak memperlihatkan hal itu, melainkan sesuatu yang berbeda. Miles menyetrum Peter B. Parker, tetapi entah bagaimana listrik mengalir melalui sistem sarafnya, bukan kerangkanya.

Mungkin gambaran ini didasari oleh fakta bahwa sistem saraf pada tubuh manusia bertanggung jawab untuk menghantarkan sinyal listrik.

9. Alasan Magneto tidak bisa menggerakkan koin di film X-Men: First Class

Di film X-Men: First Class, kita bertemu Magneto muda sebelum dia menjadi musuh jahat Profesor X. Sebuah adegan di film menunjukkan Magneto dipaksa menggunakan kekuatannya untuk menggerakkan sebuah koin mata uang bernilai 5 Reichsmark, tapi dia tidak bisa melakukannya. Adegan ini sangat membingungkan, karena sangat kecil kemungkinannya bahwa karakter yang dianggap sangat kuat tidak dapat menggerakkan sebuah koin kecil. Namun, perlu diingat bahwa koin Reichsmark terbuat dari perak, bahan yang tidak mengandung magnet. Mengingat sifat logam perak ini, semuanya jadi masuk akal, apalagi Magneto baru saja mulai menemukan potensinya yang sesungguhnya.

10. Permainan strategi di film Tron: Legacy

Kamu mungkin ingat bahwa di film Tron: Legacy, Quorra merupakan bagian dari sebuah program komputer. Dia bilang pada Sam bahwa dia kesulitan mengalahkan ayahnya dalam sesuatu yang tampak seperti permainan strategi di masa depan. Namun, itu sebenarnya adalah permainan papan dari Tiongkok yang disebut go, yang cukup rumit untuk dijalankan komputer.

Faktanya, permainan ini sangat kompleks, hingga baru pada tahun 2016, sebuah program komputer mampu mengalahkan juara dunia go. Kami tidak yakin, tapi sepertinya Quorra tidak bisa bermain dengan baik karena butuh waktu lama bagi komputer untuk mengalahkan manusia dalam permainan papan ini.

11. Kenapa Jin di film Aladdin menulis “terbalik”

Dalam film animasi Aladdin, ada adegan di mana Jin menulis perintah tuannya di sebuah buku catatan. Jika kamu lihat lagi, Jin menulis dari kanan ke kiri. Karena lagu berjudul Arabian Nights terdengar di film dan terinspirasi dari cerita buku Seribu Satu Malam, diperkirakan bahwa cerita tersebut berlatar di Arab atau tempat serupa. Jadi, karakter tersebut sebenarnya menulis dengan cara yang benar dalam bahasa Arab.

12. Persamaan yang tidak bisa dipecahkan di film Bedazzled

Dalam film Bedazzled, Elizabeth Hurley, atau dikenal sebagai “Iblis” di dalam film tersebut, menyamar sebagai guru biasa hanya untuk menghapus sebuah persamaan Matematika dari papan tulis. Namun, siapa tahu kamu tidak memperhatikan, yang dihapus adalah Teorema Terakhir Fermat, salah satu teorema yang dikenal karena tingkat kesulitannya yang tinggi dan salah satu persamaan dengan kegagalan terbanyak saat berusaha diselesaikan.

13. Kail ajaib milik Maui di film Moana

Di film Moana, ketika Maui berubah bentuk, kamu masih bisa melihat kail ajaibnya di suatu tempat di tubuh hewan atau makhluk lainnya ketika dia bertransformasi.

14. Mengapa Gill selalu ingin kabur di film Finding Nemo

Gill di film Finding Nemo adalah spesies ikan yang dikenal dengan sebutan Moorish Idol, atau secara ilmiah bernama Zanclus cornutus. Spesies tropis ini dikenal tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan yang terkendali atau tempat-tempat kecil, seperti akuarium. Itulah sebabnya, Gill selalu menyusun rencana pelarian yang dipenuhi dengan kecemasan—dia hanya ingin kembali ke habitat aslinya.

Apa detail paling aneh yang kamu temukan dalam sebuah film?

Sisi Terang/Film/14 Detail Tersembunyi dalam Film yang Bisa Menarik Perhatian para Penonton
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya