Sisi Terang
Sisi Terang

14 Film Bollywood Lucu Ini Terinspirasi dari Film Terkenal Hollywood

Industri film India sangat beragam dan populer. Sejak tahun 2007, India telah memimpin dalam jumlah film yang diproduksi: misalnya, pada tahun 2018, India memproduksi 2.446 film. Namun, ada banyak masalah dalam produksi film India, sebagai contoh, banyak film India merupakan buatan ulang atau bahkan tiruan film Hollywood. Meski begitu, masih banyak film India yang diterima dengan baik oleh khalayak India.

Sisi Terang ingin mencari tahu film Hollywood ikonis apa saja yang menjadi sumber inspirasi para sutradara film India dan bagaimana mereka mengadaptasinya ke budaya India.

1. Léon (1994) dan Bichhoo (2000)

Dalam Léon versi India, Mathilda setidaknya baru berusia 18 tahun dan guru kriminalnya berumur sekitar 30 tahun. Jadi, ada alur cerita romantis dalam film ini. Secara garis besar, alur ceritanya sama: Mathilda kehilangan kedua orang tuanya dan ingin membalas dendam. Lalu, Mathilda menemukan seorang pembunuh yang mengajarkan kemampuannya.

2. Rain Man (1988) dan Yuvvraaj (2008)

Cerita keduanya hampir sama: sang karakter utama dan saudaranya mendapatkan warisan yang sangat kecil dari ayah mereka dan sebagian besar uang itu diberikan kepada saudara lain yang mengidap autisme. Mereka mencoba mendapatkan uang dari saudaranya yang malang ini, tapi pada akhirnya, malah akrab dengannya. Sutradara India menambahkan alur cerita romantis ke dalam filmnya dan beberapa twist yang tidak terduga.

3. Mrs. Doubtfire (1993) dan Chachi 420 (1997)

Karakter utama film ini menceraikan istrinya dan kehilangan hak bertemu putrinya (ada 3 anak di versi Hollywood). Berpakaian sebagai seorang wanita, dia datang sebagai pengasuh untuk anak-anaknya sendiri.

4. Disclosure (1994) dan Aitraaz (2004)

Dalam film aslinya, sang karakter utama bertemu seorang wanita yang menurutnya cocok untuk menjalin hubungan dengannya. Versi Bollywood-nya agak lebih rumit dalam hal kisah cinta, tapi plot keseluruhannya masih sama: seorang wanita yang marah menuduh sang karakter utama hal yang tidak-tidak.

5. Bonnie and Clyde (1967) dan Bunty Aur Babli (2005)

Dalam versi Hollywood, Bonnie jatuh cinta kepada Clyde saat dia mencoba mencuri mobil ibunya. Setelah itu, pasangan ini menjadi penjahat bersama. Versi India-nya menunjukkan kisah yang berbeda: seorang anak laki-laki dan perempuan yang tumbuh dalam kemiskinan meninggalkan orang tua mereka, bertemu satu sama lain, dan menjadi penjahat bersama.

Untuk yang satu ini, film India-nya sangat berbeda dari aslinya. Sang kreator film menambahkan karakter utama tambahan, seorang perempuan yang datang ke penjara untuk membuat film dokumenter tentang 3 narapidana yang akan dihukum mati. Kemudian, perempuan ini membantu salah satu dari mereka melarikan diri.

7. Scarface (1983) dan Agneepath (1990)

Versi Bollywood dari film barat ini bahkan punya film buatan ulang atau remake sendiri yang dirilis pada tahun 2012. Semua film ini sama-sama menceritakan tentang seorang penjahat.

8. Confidence (2003) dan Ek Khiladi Ek Haseena (2005)

Dua orang penipu menipu bos mafia berbahaya. Dampaknya tragis: salah satu dari mereka tewas, sementara yang lain harus memainkan permainan yang sangat serius untuk menyelamatkan hidupnya sendiri.

9. Lolita (1997) dan Nishabd (2007)

Seorang fotografer berumur 60 tahun sangat bahagia saat mengetahui putrinya datang ke rumahnya dan dia punya perhatian lebih pada teman putrinya. Lolita di versi India setidaknya masih berumur 18 tahun.

10. The Silence of the Lambs (1991) dan Sangharsh (1999)

Hubungan antara Clarice dan dr. Hannibal Lecter dalam remake versi India-nya sangat berbeda. Agen FBI India yang masih muda dan tidak berpengalaman bertemu seorang pembunuh (Lecter versi India, yang tidak memakan orang) yang kemudian membantu agen perempuan ini menangkap seorang maniak. Kemudian, sang agen dan profesor menjalin hubungan yang berakhir dengan tragedi.

11. Hitch (2005) dan Partner (2007)

Film India ini hampir sepenuhnya meniru yang versi Hollywood. Seorang pemegang pembukuan jatuh cinta dengan bosnya, tapi karena malu, dia tidak sanggup mengungkapkannya. Oleh karena itu, dia pergi ke “guru” cinta yang membantunya memenangkan hati sang pujaan hati.

12. Dead Poets Society (1989) dan Mohabbatein (2000)

Versi Bollywood film ini mengambil karakter utama dari Dead Poets Society. Seorang guru musik yang mencoba mengubah metode pengajaran di sekolah asrama bergengsi untuk anak laki-laki. Tapi kalau John Keating mengajar sastra dan seni kepada para muridnya, sang guru versi India mengajarkan para muridnya cara mendapatkan perempuan.

13. The Godfather (1972) dan Sarkar (2005)

Kisah film India ini berpusat di sekitar bos mafia besar yang mencoba menjaga wilayahnya tetap terkendali. Dia mulai melawan geng kriminal lain dan menarik putranya sendiri ke dalam konflik.

14. Pretty Woman (1990) and U R My Jaan (2011)

Menurut alur cerita film India ini, sang tokoh perempuan ingin menjadi bintang Bollywood. Tentu saja, ada banyak masalah yang dia temui di sepanjang jalan, dan ketika sedang sangat putus asa, dia bertemu dengan pria yang kaya raya.

Apa kamu suka menonton film India? Apa film favoritmu dan siapa aktor atau aktris India favoritmu?

Sisi Terang/Film/14 Film Bollywood Lucu Ini Terinspirasi dari Film Terkenal Hollywood
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya