Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

15 Detail Kecil dalam Film-Film Disney yang Tidak Disadari Kebanyakan dari Kita

Fim-film Disney lebih dari sekadar mesin waktu yang mampu mengembalikan masa kecil kita dan meninggalkan sisa nostalgia. Faktanya, semua film-film itu berkaitan dan ada berbagai detail kecil yang tersembunyi dari para pemirsa yang belum menonton film-film ini berkali-kali. Tapi, meskipun kamu telah menonton banyak film ini berulang-ulang, ada begitu banyak detail tersembunyi di dalamnya, sehingga mungkin sebagian telah kamu lewatkan.

Sisi Terang memutuskan untuk mengadakan penelitian singkat guna mengetahui apa detail tersembunyi terbaik dari film-film Disney, dan inilah yang kami temukan. Peringatan bocoran—jika kamu telah menemukan sebagian di antaranya, artinya kamu bermata elang.

1. Kepala Hercules terbentur di kapal yang dia naiki.

Saat Hercules muda pertama kali memasuki kabin Phil, mungkin kamu ingat kepalanya tak sengaja terbentur tiang kapal Argo. Dalam mitologi Yunani, Argo adalah kapal milik pahlawan terkenal lain, Jason. Di atas kapal Argo, dia memimpin sejumlah awak kapal pahlawan, dan salah satunya adalah Hercules sendiri. Yang cukup menarik, dikatakan bahwa Jason meninggal karena pukulan di kepalanya saat dia membentur sepotong kayu dari kapal itu, seperti yang terjadi kepada Hercules dalam adegan film itu.

2. Jin dalam film Aladdin menulis dari kanan ke kiri.

Aladdin, salah satu film Disney terpopuler, terinspirasi oleh kompilasi cerita rakyat klasik yang dikenal sebagai Kisah Seribu Satu Malam. Kisah-kisah ini populer di Timur Tengah dan film Disney memberi penghormatan kepada budaya Arab, bahkan dalam detail terkecilnya. Salah satunya adalah adegan saat Jin mencatat keinginan khayali Aladdin. Kamu bisa melihat dengan jelas Jin menulis dari kanan ke kiri, persis seperti yang dilakukan dalam bahasa Arab dan bahasa-bahasa lain dari Timur Tengah.

3. Dalam film The Princess and the Frog, bayangan Dr. Facilier memantulkan tengkorak.

Bayangan penyihir ambisius yang jahat dalam film The Princess and the Frog memantulkan gambar tengkorak, yang serupa dengan gambar di topinya. Detail kecil ini benar-benar mengubah tempat kerjanya menjadi semakin seram.

4. Ketika Maui berubah wujud, tatonya juga berubah menjadi hiu.

Dalam film Moana, Maui mengalami berbagai transformasi sampai dia menjadi setengah hiu, setengah manusia, dan tatonya juga berubah dengan penampilan barunya, salah satu tato kecilnya berubah menjadi kepala ikan hiu dan kaki manusia, persis seperti dirinya.

5. Dokumen adopsi Stitch sebenarnya adalah ucapan terima kasih untuk tim produksi dan kreatif.

Ketika Lilo meyakinkan saudara perempuannya untuk mengadopsi Stitch yang lucu (dan agak gila), sebenarnya, dokumen yang ditandatangani olehnya adalah sebuah ucapan terima kasih untuk staf produksi dan kreatif dari film itu, Lilo & Stitch.

6. Tidak seperti singa-singa lain, cakar Scar selalu keluar dan siap digunakan.

Salah satu ciri yang paling membedakan kucing-kucing besar seperti singa adalah cakarnya. Cakar ini bisa ditarik dan seringnya tersembunyi. Hanya saat merasa terancam atau harus mempertahankan diri sajalah singa menggunakan cakar ini. Dalam film The Lion King, cakar mengancam dari Scar yang jahat selalu bisa dilihat jelas, tidak seperti singa lain dari kerajaan itu.

7. Cahaya yang menyinari Frollo si penjahat, berbentuk seperti peti mati.

Hakim kejam dan jahat, Frollo, dalam film The Hunchback of Notre Dame berencana untuk menghabisi Esmeralda selama lagu “Hellfire.” Dalam alunan melodi jahat ini, cahaya yang menerangi Frollo berbentuk seperti peti mati, yang memprediksikan nasibnya.

8. Ketika ditanya apa sebelumnya pernah ditahan, awalnya Nick menyawab “ya.”

Dalam film Zootopia, Nick, seekor rubah yang kebetulan calon polisi, mengisi lamaran untuk masuk badan kepolisian Zootopia. Dalam formulirnya, kamu bisa melihat dengan jelas bahwa dia mencentang kotak yang terbaca “ya” untuk pertanyaan apakah sebelumnya dia pernah melakukan kejahatan atau pernah ditahan.

9. Saat Gaston jatuh, tengkorak muncul di matanya.

Pemburu sombong dan congkak, Gaston, ternyata tidak begitu terampil dan mengalami akhir tak terduga saat dia mencoba menyerang Beast. Dalam adegan film terkenal ini, saat dia jatuh dari sebuah menara tinggi, 2 tengkorak muncul di matanya, seperti pertanda buruk yang meramalkan akan seperti apa akhir nasibnya.

10. Rekor dalam Wreck-It, Ralph adalah tanggal lahir Walt Disney.

Mungkin kamu belum menyadari, tapi skor tertinggi dan tak terkalahkan dalam Wreck-It, Ralph menunjukkan angka 120501, yang jelas mengacu pada tanggal lahir Walt Disney, 5 Desember 1901.

11. Di buaian Rapunzel terdapat benda-benda yang mewakili berbagai karakter dalam film itu.

Di awal film Tangled, kita bisa melihat Rapunzel bayi yang sedang melihat benda bergerak yang digantungi berbagai benda berbentuk binatang. Bentuk semua makhluk ini seperti sebagian karakter yang akan muncul kemudian dalam film itu dan yang akan menolong atau paling tidak berperan penting bagi Rapunzel.

12. Karpet terbang Aladdin muncul sebagai kameo di film The Princess and the Frog.

Dalam film The Princess and the Frog, saat Tiana berjalan berkeliling New Orleans, kita bisa melihat jelas karpet ajaib Aladdin, yang sedang digantung atau ditepuk untuk dibersihkan oleh seorang wanita di balkon.

13. Tas Honey Lemon butuh formula kimia untuk setiap benda.

Dalam film Big Hero 6, ahli kimia Honey Lemon punya tas khusus yang didesain dengan tabel sistem periodik di atasnya. Kapan saja butuh sebuah benda, kamu harus mengetik rumus kimia khusus sesuai dengan benda yang kamu inginkan dan benda itu akan muncul.

14. Dalam mantranya, Ursula menyihir seekor kupu-kupu Vanessa, nama yang dia gunakan kemudian dalam film itu.

Ketika mengucap mantra sihir hitam yang dimaksudkan untuk mengambil alih suara Ariel, Ursula memakai seekor kupu-kupu. Genus sebenarnya dari serangga itu dikenal sebagai Vanessa. Itu nama yang sama dengan yang dia pakai dalam tampilan barunya sebagai wanita muda yang lembut dan cantik.

15. Ibu Gothel selalu mencium dan menyentuh rambut Rapunzel saat memeluknya karena itulah satu-satunya bagian yang dia cintai dari Rapunzel.

Ketika ibu angkat Rapunzel, Ibu Gothel, memeluknya, satu-satunya bagian yang dia perhatikan hanyalah rambutnya. Hanya bagian itulah yang dia belai dan cium. Dalam film, ini adalah petunjuk sangat jelas yang mengungkapkan bahwa dia tidak benar-benar mencintai Rapunzel. Dia hanya menyayangi rambutnya yang ajaib.

Apa kamu tahu salah satu rahasia Disney ini? Film Disney mana yang membuatmu merasa senang dan bersemangat sebagai orang dewasa? Beri tahu kami pendapatmu di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini