Sisi Terang
Sisi Terang

16 Tokoh Remaja yang Diperankan Aktor Dewasa, dan Aktingnya Tetap Meyakinkan

Terkadang, karakter yang kita saksikan di layar serta aktor dan aktris yang menghidupkannya lewat akting berbeda jauh. Misalnya, di antara karakter dan pemerannya, perbedaan usia adalah hal yang sangat fleksibel, kita sering melihat orang dewasa berperan sebagai remaja atau remaja memerankan karakter dewasa dengan meyakinkan. Mereka membuktikan bahwa, untuk soal bakat dan dedikasi, usia hanyalah angka yang tidak menghambat penampilan memukau.

Dengan ide ini, Sisi Terang ingin berbagi daftar 16 aktor dan aktris dari film dan serial TV yang memerankan karakter yang jauh lebih muda dari usia asli mereka baik ke layar besar ataupun kecil.

1. Tobey Maguire sebagai Peter Parker

Kisah Peter Parker, seorang fotografer muda yang menjadi pahlawan super setelah digigit laba-laba radioaktif, sudah sangat kita kenal. Bahkan, karena sangat populer, kisah ini sudah beberapa kali diadaptasi ke layar lebar selama bertahun-tahun. Di antara adaptasi itu, terdapat trilogi Spider-Man karya Sam Raimi, tempat Tobey Maguire bertanggung jawab dalam memerankan sang pahlawan remaja. Maguire, yang lahir pada tahun 1975, berumur 26 tahun ketika memainkan karakter Spider-Man yang terkenal untuk kali pertama, jadi, jarak umur antara dia dan karakternya, yang adalah seorang murid SMA, setidaknya 8 tahun.

2. Rachel McAdams sebagai Allie Hamilton

Pada tahun 2004, aktris asal Kanada, Rachel McAdams memerankan salah satu karakter paling ikonisnya: Allie Hamilton yang punya sifat pemberontak dan romantis dalam film The Notebook. Film ini, yang diangkat dari novel karya Nicholas Sparks dengan judul yang sama, menceritakan kisah cinta terlarang karena aturan strata sosial di Amerika Serikat pada tahun 1940-an. Karakter Allie berumur 15 tahun di awal novel ini, namun, di layar lebar, umurnya 17 tahun. Meski begitu, perbedaan terbesar paling nyata yang sebenarnya adalah: McAdams berumur 24 tahun pada saat syuting film ini dimulai.

3. Michael J. Fox sebagai Marty McFly

Trilogi film fiksi sains, Back to the Future, merupakan contoh lain di mana karakter utama remajanya dimainkan oleh aktor berusia 20-an tahun. Michael J. Fox berusia 24 tahun saat dia pertama kali memerankan penjelajah waktu pemberani berusia 17 tahun, Marty McFly. Fox berusia 28 tahun ketika volume terakhir film ini dirilis pada tahun 1990. Namun, perbedaan usia antara karakter dan sang aktor tidak menjadi hambatan dalam kehebatan dan kesuksesan film box-office ini. Bahkan, volume pertamanya dianggap sebagai film fiksi ilmiah terbaik kesepuluh di bioskop Amerika.

4. Florence Pugh sebagai Amy March

Adaptasi novel Little Women pada tahun 2019 menampilkan serangkaian aktor dan aktris yang berbakat. Pada saat itu, Florence Pugh memiliki pengalaman industri yang lebih sedikit dibanding sejumlah rekannya, tapi itu tidak menghentikan dirinya masuk ke dalam nominasi Oscar untuk aktris pendukung terbaik lewat penampilannya sebagai Amy March, yaitu karakter termuda dari March bersaudari. Usia karakter Amy berkisar antara 12 sampai 19 tahun disepanjang film dan di kedua tahap ini, dia diperankan oleh Florence Pugh, yang berusia 22 tahun saat itu.

5. Cory Monteith sebagai Finn Hudson

Mari melompat ke layar kecil untuk memperkenalkan murid SMA lain yang diperankan oleh orang dewasa. Finn Hudson adalah pemain futbol berusia 16 tahun yang populer dan berbakat, dia bergabung dengan kelompok paduan suara unik di SMA-nya, Glee, yang membuatnya dilema akibat hasratnya untuk bernyanyi dan rasa takut ditolak dari teman-temannya yang populer. Cory Monteith, yang berusia 27 tahun saat pilot serial ini tayang perdana, bertanggung jawab untuk memerankan suara dan wajah karakter berkarismatik dan kompleks ini dari tahun 2009 hingga 2013. Dalam penampilan terakhirnya di acara itu, karakter Finn berusia 19 tahun, sementara itu, di kehidupan nyata, Monteith sudah berusia 31 tahun.

6. Emilia Clarke sebagai Daenerys Targaryen

Diangkat dari seri buku fantasi sukses karya George R. R. Martin, serial kontroversial Game of Thrones tayang perdana pada April 2011 dan berakhir pada tahun 2018. Di antara para pemerannya terdapat Emilia Clarke, pemeran Daenerys Targaryen yang anggun dan kompleks. Dalam novel, Daenerys baru berusia 13 tahun saat dia pertama kali muncul, tapi dalam serialnya, usia awal Daenerys sekitar 17 tahun. Meski diubah, masih ada jarak usia yang cukup besar antara Daenerys dan Clarke, yang berusia 24 tahun saat pertama kali memainkan peran ini.

7. Ralph Macchio sebagai Daniel LaRusso

The Karate Kid adalah film ’80-an yang telah melewati beberapa dekade. Dibintangi oleh Ralph Macchio sebagai Danny LaRusso, film ini merupakan kombinasi dari pelajaran hidup dan karate yang berakhir dengan nostalgia saat kita menyaksikan karakter Danny tumbuh dewasa. Namun, usia Macchio tidak perlu bertambah seperti karakternya. Aktor itu sudah berusia 21 tahun saat dia memerankannya, dan pada saat trilogi film ini berakhir, umurnya sudah 27 tahun.

8. Rachel McAdams sebagai Regina George

Pada tahun yang sama ketika berperan dalam The Notebook, McAdams membawa ratu remaja, Regina George, ke layar lebar lewat film Mean Girls. Karena kisah ini terjadi di tahun pertama dalam sistem SMA Amerika Serikat, karakter Regina seharusnya berusia antara 16 dan 17 tahun. Meski dia tampil dengan sangat meyakinkan, di kehidupan nyata, McAdams sudah meninggalkan masa remaja hampir satu dekade silam: dia berusia 25 tahun saat memerankan karakter ini.

9. Cole Sprouse sebagai Jughead Jones

Cole Sprouse beralih dari anak kembar yang lucu dan manis dalam Zack and Cody menjadi Jughead Jones yang sarkastik dan eksentrik, karakter dan narator utama dari Riverdale, serial di jaringan televisi The CW yang diangkat dari Archie Comics. Seperti banyak aktor dan aktris dalam daftar ini, Sprouse sudah berusia 20-an tahun ketika mulai memerankan Jones, dan ada perbedaan usia hampir 10 tahun antara sang karakter dan aktornya, umur Jughead baru sekitar 16 tahun, sementara Sprouse sudah berumur 24 tahun.

10. Jessica Barden sebagai Alyssa

Pada tahun 2018, serial asal Inggris, The End of the F***ing World, adaptasi dari novel grafis dengan judul yang sama, didistribusikan ke seluruh dunia. Jessica Barden memerankan karakter Alyssa yang baru berumur 17 tahun dan punya sifat pemberontak serta non-konformis dalam komedi gelap ini. Penampilannya yang apik dan sinisme karakternya begitu realistis sehingga dapat dengan mudah dikaitkan dengan remaja tidak bahagia pada umumnya, namun saat Barden memainkan peran itu, usianya sudah jauh dari remaja: umurnya 25 tahun saat itu.

11. Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark muda

Downey Jr. sudah berusia 43 tahun saat dia memerankan peran jutawan eksentrik super genius dalam volume pertama trilogi Iron Man pada tahun 2008. Selama bertahun-tahun berikutnya, sang aktor memainkan peran yang sama dalam beberapa film garapan Marvel Cinematic Universe.

Salah satu filmnya adalah Captain America: Civil War, yang dirilis pada tahun 2016. Meski partisipasinya begitu menonjol dalam banyak aspek, kita perlu mengingat bahwa Downey sendirilah yang memainkan peran Tony Stark versi muda. Pada saat itu, sang aktor sudah berumur 51 tahun, tapi penampilannya diubah dengan efek khusus menggunakan sejumlah foto dari dirinya saat masih muda.

12. Alexa Demie sebagai Maddy Pérez

Pembuatan ulang versi Amerika Serikat dari serial asal Israel, Euphoria, tayang perdana pada tahun 2019. Serial ini langsung menarik perhatian banyak orang, terutama dari segi alur ceritanya yang kontroversial, sinematografi, musik, dan performa akting para pemerannya. Salah satu performa yang perlu diperhatikan adalah Alexa Demie, yang berusia 27 tahun ditugaskan untuk memerankan Maddy Perez, seorang remaja berusia 17 tahun yang impulsif dan energik.

13. Stockard Channing sebagai Rizzo

Film tahun 1978, Grease, adalah film yang perbedaan usia antara sang aktor dan karakter tidak terlalu jauh. Di antara beberapa aktor dan perannya masing-masing, ada perbedaan usia cukup besar yang sangat terlihat pada beberapa karakter, sehingga audisinya dikritik. Stockard Channing, misalnya, adalah aktris tertua di antara para pemeran murid SMA: umurnya sudah 33 tahun saat dia memerankan Rizzo, ketua Pink Ladies di film yang umurnya 17 tahun.

14. Putri Marino sebagai Lala Anindhita

Film Posesif yang dirilis tahun 2017 ini mengisahkan tentang percintaan remaja yang menonjolkan sisi lain dari suatu hubungan. Salah satu aktris yang terlibat dalam film ini adalah Putri Marino, yang memerankan tokoh utama, yaitu Lala Anindhita. Ternyata, pada saat pembuatan film, Putri sudah berusia 24 tahun. Tetap cocok memerankan anak SMA, ya?

15. Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides

Pada September 2021, film Dune, volume pertama dari 2 volume film yang diangkat dari novel tahun 1965, dirilis. Tanggung jawab untuk memerankan karakter utama bernama Paul Artreides berada di pundak aktor keturunan Amerika-Prancis, Timothée Chalamet, yang berusia 23 tahun ketika syuting film ini dimulai. Meski versi asli Dune memiliki plot sangat luas dan berjarak beberapa tahun, di awal cerita, Artreides berusia 15 tahun, yang berarti ada perbedaan usia 8 tahun antara sang aktor dan karakternya di awal film.

16. Aimee Lou Wood sebagai Aimee Gibbs

Musim pertama dari serial Sex Education ditayangkan perdana di Netflix pada Januari 2019. Secara keseluruhan, serial ini sangat menyenangkan atas materi pelajarannya yang segar dan terbuka untuk beragam pengalaman remaja. Tentu saja, banyak daya tarik dari serial ini berasal dari para pemerannya yang menawan, termasuk aktris Aimee Lou Wood. Meski pada saat audisi dia sudah berumur 23 tahun, Wood dipilih untuk memerankan remaja manis dan populer yang masih berumur 17 tahun.

Apakah menurutmu usia membawa perbedaan besar dalam memerankan karakter di film? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Film/16 Tokoh Remaja yang Diperankan Aktor Dewasa, dan Aktingnya Tetap Meyakinkan
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya