Sisi Terang
Sisi Terang

7 Film Ini Mengubah Sedikit Kisah Nyata yang Menjadi Inspirasi Ceritanya

Membuat film berdasarkan fakta merupakan tantangan besar. Menggambarkan peristiwa tertentu secara tepat, sambil menciptakan cerita yang menghibur, koheren, dan dapat berdiri sendiri, bisa mengarah kepada beberapa perubahan cerita. Tentunya, dengan tidak menghilangkan rasa hormat terhadap kejadian yang sebenarnya.

Di Sisi Terang, kami akan menunjukkan beberapa film yang mengubah sebagian fakta untuk membuat cerita film terasa lebih ringan.

1. John Nash tidak memberikan pidato yang menggugah saat menerima Hadiah Nobel seperti di film A Beautiful Mind.

Film pemenang Oscar, A Beautiful Mind, mengambil beberapa inisiatif saat menceritakan kisah matematikawan John Nash. Salah satu yang paling menonjol adalah saat dia menerima Hadiah Nobel di bidang ekonomi dan memberikan pidato yang menggugah yang bercerita tentang cinta. Nyatanya, dia tidak memberikan pidato atau membacakan sesuatu saat menerima penghargaan.

2. Beberapa karakter sengaja diciptakan dalam film The Dallas Buyers Club.

Film The Dallas Buyers Club menggambarkan kisah yang kuat dan menyentuh, yang membuat Matthew McConaughey memenangkan piala Oscar dalam kategori aktor terbaik berkat penampilannya yang luar biasa. Di dalam film, beberapa orang yang terlibat dalam kisah nyata tidak ditampilkan (seperti saudara perempuan dan anak perempuan dari tokoh protagonisnya), dan terdapat beberapa karakter yang ditambahkan, seperti dokter yang diperankan oleh Jennifer Garner dan karakter yang diperankan Jared Leto.

3. Michael Oher sudah tahu cara bermain sebelum diadopsi, tidak seperti yang terlihat dalam film The Blind Side.

Film The Blind Side, dengan cara yang menyentuh, berkisah tentang Michael Oher yang berhasil mengatasi rintangan dan sukses menjadi atlet football Amerika, sambil didampingi oleh karakter yang diperankan Sandra Bullock.

Namun, Michael sendiri tidak menyukai cara dia digambarkan di dalam film, sebab di film, diceritakan bahwa Michael belajar dasar-dasar permainan football Amerika dari tutornya. Atlet ini berkata, “Aku sudah belajar, benar-benar belajar, mengenai permainan ini sejak aku masih kecil.”

4. Tidak seperti di film Captain Phillips, sang kapten tidak sehebat yang digambarkan.

Film Captain Phillips menceritakan perjalanan sebuah kapal kargo yang dikuasai oleh sekelompok bajak laut. Di dalam film, sang kapten, yang diperankan oleh Tom Hanks, digambarkan sebagai pahlawan yang berhasil menangani semua situasi menegangkan.

Namun, para awak kapal yang berada di kapal saat kejadian tersebut tidak setuju dengan gambaran di dalam film, dan menegaskan bahwa tindakan kapten yang sangat tidak bertanggung jawablah yang menempatkan mereka pada situasi tersebut.

5. Nyatanya, Mary lebih tua dari Anne, tidak seperti yang digambarkan dalam film The Other Boleyn Girl.

Film The Other Boleyn Girl menceritakan kisah nyata dari dua bersaudara, Anne dan Mary, serta perselisihan mereka untuk mendapatkan cinta Raja Inggris, Henry VIII. Terdapat kontroversi tentang perbedaan usia antara dua bersaudara tersebut, meskipun banyak sejarawan mengeklaim bahwa usia Mary lebih tua.

Film ini menggambarkan Anna sebagai anak yang lebih tua, dan Mary sebagai yang lebih muda.

6. Queen tidak pernah berhenti konser selama bertahun-tahun seperti yang disebutkan dalam film Bohemian Rhapsody.

Film Bohemian Rhapsody mengambil beberapa langkah kreatif dalam menceritakan kisah Freddie Mercury dan band legendaris Queen. Salah satu yang jelas terlihat adalah pada saat menceritakan tentang konser Queen di acara Live Aid. Dalam film, disebutkan Queen kembali ke panggung setelah beberapa tahun. Ternyata ini tidak benar, karena band ini baru menyelesaikan tur mereka dua bulan sebelum acara besar ini diselenggarakan.

7. Kejadian di film The Sound of Music berlangsung beberapa waktu sebelumnya.

Film The Sound of Music adalah salah satu film klasik terbaik dalam sejarah perfilman, yang didukung oleh penampilan hebat dari sang legenda Julie Andrews. Walaupun film ini berlatar belakang sekitar tahun 1938, nyatanya, Maria von Trapp diperkenalkan ke keluarga von Trapp beberapa tahun sebelumnya, yaitu sekitar tahun 1926.

Apakah kamu tahu film lain dengan kesalahan yang serupa? Menurutmu, apakah kesalahan ini merupakan sesuatu yang bisa dihindari, atau justru membantu memperkaya cerita?

Sisi Terang/Film/7 Film Ini Mengubah Sedikit Kisah Nyata yang Menjadi Inspirasi Ceritanya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya