Beginilah Penampilan 12 Aktor “Matrix” Sekarang, 20 Tahun Setelah Rilis

The Matrix, film fiksi ilmiah dan futuristis pada masa itu, disutradarai oleh Wachowski bersaudari. Film ini pertama tayang di bioskop pada tahun 1999. Film yang menampilkan seorang peretas bernama Neo (Keanu Reeves) terjun ke realitas lain, dunia paralel yang penuh perjuangan dan situasi yang tak diketahui kebanyakan orang. Dia mengajak kita ke dalam pertualangan untuk menemukan bahwa semua yang sebelumnya dia percaya nyata, ternyata tak demikian adanya.

Lebih dari 20 tahun setelah penayangan perdananya, Sisi Terang ingin melihat kembali kehidupan para aktor film ini dan perubahan fisik yang mereka alami. Jadi, kami membuat artikel yang menunjukkan foto para aktor kesayangan kita ini, dulu dan sekarang.

1. Keanu Reeves, Neo

Aktor yang telah menghebohkan internet berkali-kali ini diberi tugas membawakan peran Neo, karakter utama film ini, ke layar lebar. Dalam film ini, Neo adalah seorang ahli komputer muda yang menjadi peretas dalam waktu senggangnya. Hidupnya berubah saat dia menemukan kebenaran baru dan dimensi realitas baru yang ingin dan perlu dia selidiki. Karier Reeves tak pernah padam sejak memerankan tokoh ini dan terus menanjak. Dia mendapat pengakuan besar untuk penampilannya dan membintangi banyak film blockbuster, seperti saga John Wick dan Siberia. Tak lama lagi dia akan kembali sebagai Neo dalam film keempat Matrix yang tanggal rilisnya dijadwalkan pada bulan Desember 2021.

2. Carrie-Anne Moss, Trinity

Aktris asal Kanada, Carrie-Anne Moss, memerankan Trinity, peretas seperti Neo, yang sadar bahwa dia sebenarnya hidup di dalam simulasi bernama Matrix dan memutuskan keluar dari sana untuk bergabung melawan mesin yang telah memperbudak manusia. Carrie-Anne Moss belum berhenti dari karier aktingnya meskipun dia tak sepopuler Reeves. Moss tampil dalam beberapa film, seperti Pompeii dan The Bye Bye Man, juga serial TV, seperti Jessica Jones.

3. Laurence Fishburne, Morpheus

Laurence Fishburne memerankan Morpheus dalam The Matrix. Dia muncul sebagai ketua yang memimpin pemberontak dalam pertarungan melawan mesin dan membantu anggotanya untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dengan begitu, dia juga menjadi guru yang hebat dan sekutu Neo. Morpheus tak hanya bertugas melindungi, tapi juga membimbing dan membantu Neo mempelajari semua yang dia abaikan sebelumnya.

Fishburne sudah banyak berperan dalam film-film hebat sebelum dia memerankan karakter ikonis di The Matrix. Setelah penampilannya di film itu, dia tetap fokus berakting. Kamu mungkin ingat melihatnya di film seperti Batman v Superman: Dawn of Justice, Passengers, dan Ant-Man and the Wasp.

4. Hugo Weaving, Agen Smith

Salah satu penjahat paling kuat dan ditakuti di layar lebar, dan tak diragukan lagi menjadi penjahat utama di The Matrix, dialah Agen Smith. Karakter aneh yang haus kekuasaan ini diperankan oleh aktor Hugo Weaving. Tugasnya adalah menangkap Morpheus. Tapi dalam berbagai upaya untuk menangkapnya, dia tak hanya sadar bahwa Neo sebenarnya lebih penting daripada Morpheus, tapi dia juga menemukan tujuannya dalam hidup. Hal ini memberinya kekuatan untuk melakukan segala cara dalam menangkap Neo dan berusaha menang melawan para pemberontak.

Seperti para bintang lain, Weaving sudah memiliki karier yang panjang dan sukses sebelumnya. Setelah memerankan agen jahat ini, kariernya di layar lebar tidak pudar. Kamu mungkin melihatnya di The Lord of the Rings, V for Vendetta, Captain America: The First Avenger, dan Cloud Atlas. Itu adalah beberapa judul film yang pernah dia bintangi.

5. Joe Pantoliano, Cypher

Aktor ini memulai kariernya pada awal tahun ’80-an. Perlahan dan dengan susah payah, dia berhasil mengukir kariernya. Akhirnya, pada tahun 1999, dia ditawari peran Cypher dalam film The Matrix, dan tak mungkin dia menolak kesempatan untuk tampil dalam film yang sudah diduga akan meledak di pasaran. Cypher adalah sekutu Morpheus sebelum dia menjadi salah satu musuh terkuatnya. Akhirnya dia berkhianat dan membantu Agen Smith dengan memberinya informasi berharga dari pihak pemberontak. Joe Pantoliano terus berkembang dan bekerja sebagai aktor. Dia muncul dalam film seperti Memento, Daredevil, dan Bad Boys Forever.

6. Gloria Foster, The Oracle

Dalam dua film The Matrix, Gloria Foster bertugas membawakan karakter The Oracle dalam layar lebar. Karakter misterius, penuh pengetahuan dan kebijaksanaan, The Oracle memiliki misi yang sangat spesial dalam Matrix: membimbing manusia dalam perjuangan melawan mesin lewat prediksi dan perhitungannya, meskipun dia sebenarnya adalah mesin. Aktris Gloria Foster, yang sebelum memainkan peran ini sudah memiliki karier cemerlang di dunia film dan televisi, telah meninggal dunia pada tahun 2001. Kita terakhir melihatnya dalam film, Matrix Reloaded pada tahun 2003, yang menjadi penampilannya setelah meninggal.

7. Marcus Chong, Tank

Aktor Marcus Chong memerankan Tank, salah satu dari banyak kaki tangan Neo di film pertama. Tank adalah anggota tim Morpheus dan bagian tak terpisahkan dari anggota Nebuchadnezzar. Namun, tak seperti para aktor lainnya, Chong tidak mendapat peran berarti dalam produksi film besar lainnya. Namun, setelah The Matrix, dia muncul sesekali dalam acara TV populer, seperti Numb3rs dan Law & Order: Criminal Intent, juga beberapa film pendek.

8. Belinda McClory, Switch

Switch, seperti Tank, adalah anggota awak kapal dan bagian dari pemberontak. Karakter ini dibawakan di layar lebar oleh aktris asal Australia Belinda McClory. McClory belum mundur dari karier aktingnya setelah kehadirannya di film The Matrix. Dia melanjutkan karier aktingnya, dalam film (The Soldier Protocol) dan program televisi (Glitch).

9. Anthony Ray Parker, Dozer

Anthony Ray Parker memerankan Dozer dalam film The Matrix. Karakter ini adalah pilot kapal Morpheus dan dia juga bertugas menjaga kesehatan dan kesejahteraan awak Nebuchadnezzar. Setelah memainkan peran ini, aktor Anthony Ray Parker tampil dalam film (Shadowboxing 2: Revenge) dan serial televisi (Prison Break). Namun, dia lebih sering mendapat peran kecil dan tampil sesekali.

10. Julian Arahanga, Apoc

Apoc adalah satu lagi anggota awal kapal pemberontak yang dipimpin oleh Morpheus. Dia bertugas mengatur operasi di dalam Matrix. Setelah penampilannya di film pertama The Matrix, Julian tampil dalam beberapa film lainnya (seperti The Ferryman), tapi tampaknya dia lebih fokus pada kariernya sebagai produser daripada aktor.

11. Matt Doran, Mouse

Matt Doran memerankan anggota awak paling muda dan tak berpengalaman di kapal yang dipimpin oleh Morpheus. Mouse adalah anak muda dengan banyak karisma yang hanya muncul di film pertama. Sebaliknya, dalam kehidupan aslinya, Doran memiliki karier yang sukses sebagai aktor dalam berbagai film (Battle of the Damned), acara televisi (Rake), dan bahkan memandu acara di Australia.

12. Robert Taylor, Agen Jones

Bersama Agen Smith dan Agen Brown, Jones adalah salah satu penjahat utama yang bertugas mengejar dan menjebak Neo, Morpheus, dan anggota pemberontak lainnya. Karakter ini diperankan oleh aktor Australia, Robert Taylor, yang belum meninggalkan akting dan tampil dalam film-film besar seperti drama Faster, yang juga dibintangi oleh Dwayne “The Rock” Johnson.

Dari para aktor yang tampil dalam film pertama The Matrix, mana yang menurutmu sudah sangat berubah? Apa yang paling menarik perhatianmu dalam trilogi klasik modern ini?

Bagikan Artikel Ini