Sisi Terang
Sisi Terang

Dalam 15 Momen Ini, Pencipta Film Melupakan Logika-Logika yang Ada

Membuat suatu film yang sukses membutuhkan banyak usaha. Pencipta film pun harus memikirkan banyak hal sejak awal dan menyatukan begitu banyak ide serta rencana yang membuat usaha mereka tampak mustahil meski bagi komputer sekali pun. Inilah sebabnya tak heran jika di film-film terhebat sekali pun masih ada sedikit kesalahan yang tidak disadari oleh penonton biasa, tapi disadari oleh penonton yang super teliti.

Sisi Terang suka menonton kembali film-film lama dan mencari detail penting di dalamnya. Dan kami ingin membagikan temuan-temuan ini kepada para penonton yang super jeli di antara para pembaca setia kami dan warganet lainnya.

1. Iron Man (2008)

Saat Tony Stark melakukan gerakan di depan ledakan yang terkenal di dalam film Iron Man ini, kamu bisa mendengar suara ledakannya terlebih dulu, dan tak lama setelah itu, kamu baru bisa melihat cahaya ledakannya. Tapi kita semua tahu bahwa kecepatan cahaya (dari ledakan) lebih cepat daripada kecepatan suara. Jadi, seharusnya sebaliknya. Pertama cahaya muncul, baru kemudian diikuti suara.

2. The Martian (2015)

Dalam film The Martian (dan banyak film lain tentang luar angkasa lainnya), penonton selalu bisa melihat wajah orang-orang yang mengenakan pakaian antariksa seolah ada lampu internal di dalamnya. Meski begitu, melihat wajah para astronaut di dunia nyata dari luar adalah hal yang mustahil. Jika helm pakaian antariksa benar-benar tampak seperti yang ada di The Martian, orang-orang takkan bisa melihat apa pun di luar angkasa. Untuk memahami maksud kami, cobalah melihat keluar pada malam hari dari ruangan yang terang.

3. Forrest Gump (1994)

Di akhir film Forrest Gump, kekasih sang karakter utama meninggal. Forrest mengatakan kekasihnya meninggal pada hari Sabtu pagi, tapi batu nisan menunjukkan tanggal 22 Maret 1982. Jika mengecek hari itu di kalender asli, kamu akan melihat bahwa tanggal itu jatuh pada hari Senin.

4. Titanic (1997)

Dalam film Titanic, Jack bilang kepada Rose bahwa dia pernah ke Danau Wissota di Wisconsin. Namun, perjalanan itu takkan mungkin terjadi karena Danau Wissota baru terbentuk pada tahun 1917, saat ada pembangunan pembangkit listrik di Sungai Chippewa. Titanic tenggelam pada tahun 1912, alias 5 tahun sebelum Danau Wissota terbentuk.

5. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)

Rubeus Hagrid dalam film Harry Potter adalah makhluk setengah raksasa, ibunya merupakan seorang raksasa dan ayahnya adalah penyihir. Tinggi Hagrid hampir 2 kali lipat tinggi orang biasa, sementara raksasa di dalam dunia Harry Potter sangatlah besar. Oleh karena itu, beberapa penonton bertanya-tanya. Misalnya, bagaimana mungkin orang tua Hagrid mengandung 2 anak jika ukurannya begitu berbeda? Lalu bagaimana bisa seorang ayah merawat bayi raksasa itu jika ibu Hagrid meninggalkan keluarga mereka saat Hagrid masih bayi?

6. Modern Family (2009–2020)

Dalam Modern Family, penonton yang jeli pasti menyadari bahwa di salah satu episode, Haley memegang ponsel secara terbalik. Jelas, akan sulit untuk bicara lewat telepon dalam posisi seperti ini di kehidupan nyata.

7. Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Versi remaster trilogi asli Star Wars berisi sedikit perubahan. Tapi para pembuat film ini tidak memperhatikan bahwa dalam adegan Palpatine ini, langitnya terlihat sangat aneh. Seluruh latar belakangnya sangat buram, tapi bintang-bintang dapat terlihat sangat jelas.

8. Jurassic Park (1993)

Dalam Jurassic Park, para ilmuwan berhasil mendapatkan akses ke DNA dinosaurus lewat nyamuk yang terjebak di dalam batu ambar. Di kehidupan nyata, hal ini tidak mungkin berhasil karena para ahli membuktikan bahwa DNA tidak dapat bertahan dalam batu ambar selama itu.

Selain itu, nyamuk di dalam batu ambar lebih mirip crane fly yang tidak mengisap darah dan tidak mungkin membawa DNA dinosaurus.

9. Wild Wild West (1999)

Karakter Will Smith dalam Wild Wild West hampir selalu mengenakan dasi hitam tipis. Akan tetapi, dasi seperti itu baru pertama kali populer pada tahun 1950-an, sementara latar waktu film ini berada pada tahun 1869.

10. Avengers: Endgame (2019)

Dalam Avengers: Endgame yang mengakhiri franchise Avengers, para penggemar berhasil menemukan beberapa kesalahan. Di salah satu adegan pertempuran terakhir, Doctor Strange tiba-tiba memiliki jimat ajaib, yaitu Eye of Agamotto, yang hilang dalam adegan lain. Kesalahan ini sangat menarik karena Eye of Agamotto merupakan artefak ajaib berisi Time Gem yang dihancurkan Thanos pada film sebelumnya.

11. Jurassic World (2015)

Karakter Chris Pratt dalam Jurassic World berhasil menjinakkan velociraptor. Dalam film tersebut, dinosaurus ini sangat besar dan hampir setinggi manusia. Namun, pada kenyataannya, terbukti bahwa tinggi dinosaurus ini hanya sekitar 0,5 meter dan lebih mirip burung karena bulunya.

12. Anaconda (1997)

Para pembuat film Anaconda menggunakan rekaman terbalik untuk menunjukkan perahu yang mengambang mundur. Tapi para pembuat film ini melupakan air terjun yang juga mengalir mundur dalam adegan itu.

13. Back to the Future (1985)

Adegan terkenal dari Back to the Future saat Marty McFly memainkan gitar berisi suatu kesalahan. Gitar yang dimainkan Marty, yang merupakan Gibson ES-345, dirilis 3 tahun setelah peristiwa Back to the Future terjadi. Film ini berlatar di tahun 1955, sementara Gibson merah baru dirilis pada tahun 1958.

14. Nightcrawler (2014)

Ketika karakter yang diperankan Jake Gyllenhaal dalam Nightcrawler sedang mencari sesuatu lewat internet, kamu bisa melihat bahwa itu cuma video yang diputar di layar lewat Windows Media Player.

15. Die Another Day (2002)

Dalam salah satu film James Bond, sang tokoh antagonis, mata-mata Korea Utara, Tan-Sun Moon, mengubah penampilannya lewat rekayasa DNA menjadi seseorang yang penampilannya jauh berbeda. Pada kenyataannya, ini tidak mungkin dan manipulasi tulang sumsum seperti itu sangatlah berbahaya. Kenapa dia tidak pergi ke ahli bedah kosmetik saja, ya?

Apa saja kesalahan yang pernah kamu lihat dalam film dan serial TV? Coba tulis di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Film/Dalam 15 Momen Ini, Pencipta Film Melupakan Logika-Logika yang Ada
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya