Sisi Terang
Sisi Terang

10 Kesalahan yang Harus Dihentikan para Pemilik Kucing

Bahkan pemilik kucing yang paling berpengalaman sekalipun kadang membuat kesalahan serius saat merawat anabul mereka. Alhasil, hewan-hewan ini jadi harus merasa tidak nyaman dan anabul kita mungkin akan menjadi nakal.

Sisi Terang ingin membagikan 10 kesalahan yang paling sering kita buat saat merawat kucing dan berharap artikel ini akan membantumu menyelesaikan masalah apa pun dan menghindari masalah ini di kemudian hari.

10. Menolak mengebiri atau melakukan steril pada kucing

Foto atas: Foto X-ray kucing hamil. Foto bawah: Foto X-ray kucing yang sudah dilakukan sterilisasi.

Dalam kebanyakan kasus, prosedur ini memiliki dampak positif untuk kesehatan kucing. Ini mengurangi risiko tumor payudara pada kucing betina dan tumor testis pada kucing jantan. Selain itu, kucing yang sudah dikebiri tidak akan agresif atau kabur dari rumah.

9. Memandikan kucing

Bahkan beberapa anjing gugup saat pemilik mereka memandikan mereka. Kucing hampir tidak perlu dimandikan: mereka membersihkan diri mereka sendiri secara teratur. Jika anabulmu kotor, sebaiknya gunakan handuk basah dan perlahan gosok nodanya. Dalam kasus tertentu, saat mandi diperlukan, coba mandikan bagian tubuh yang kotor saja, jangan seluruh tubuh.

8. Hanya memberi mereka makanan kering

Makanan kering hanyalah camilan. Itu tidak bisa memuaskan rasa lapar hewan. Menu mereka harus mengandung makanan basah dan kamu disarankan untuk memberikan ini kepada kucingmu beberapa kali sehari. Omong-omong, jangan langsung membuang semua makanan kering kucing: ini bagus untuk camilan kucingmu pada siang hari.

7. Tidak membawa mereka ke dokter hewan

Bahkan kucing yang tidak pernah keluar rumah harus divaksin. Tinggal di apartemen bukan berarti anabulmu tidak bisa sakit. Setiap 6 bulan sekali, sebaiknya bawa kucingmu ke dokter hewan.

6. Menaruh tanaman di tempat yang bisa dijangkau mereka

Beberapa tanaman rumah beracun bagi anabul. Seperti yang kamu tahu, kucing suka mencoba makan bunga. Jadi, sebaiknya pastikan lebih dulu flora rumahmu tidak berbahaya bagi fauna rumahmu. Tanaman yang paling beracun di antaranya adalah azalea, daffodil, aloe, begonia, Calla lilly, dan ficus.

5. Menghukum mereka karena nakal

Biasanya, kenakalan kucing adalah cara mereka menyelesaikan masalah. Mereka mulai menggaruk perabot jika tidak suka tempat khusus yang disediakan untuk mencakar atau jika benda itu dipasang di tempat yang tak layak. Kucing menggigit dan menggaruk jika tidak diajarkan cara bermain dengan manusia atau jika mereka merasa kamu berbahaya.

Jika tidak menggunakan litter box-nya, kucing mungkin memiliki masalah kesehatan atau tidak suka litter box-nya. Jika kamu menghukum kucingmu karena ini, kucingmu hanya akan takut dan kesal.

4. Membeli kucing untuk anak kecil

Anak-anak tidak boleh dibiarkan sendirian dengan kucing. Anak kecil bisa melukai anabul. Selain itu, suara bising membuat takut kucing dan mereka bisa menjadi agresif. Jika kamu memutuskan memelihara anabul, sebaiknya awasi anakmu jika berada di dekat mereka.

3. Mengabaikan hak kucingmu untuk sendirian

Seperti manusia, kucing butuh tempat untuk sendirian, serta merasa nyaman dan aman. Kucing butuh naungan, tempat ia bisa sembunyi dan tidur, terutama di rumah.

2. Memberi susu kepada kucing

Anak kucing harus minum ASI induk mereka. Jika karena suatu alasan mereka tak bisa mendapatkannya, susu bisa diganti dengan alternatif susu khusus yang dibeli di dokter hewan, susu kambing, dan light cream (10%). Tapi di masa remaja, beberapa perubahan terjadi pada tubuh kucing dan kucing menghasilkan lebih sedikit enzim yang dibutuhkan untuk penerimaan susu yang baik. Dan pada saat hewan ini dewasa, intoleransi laktosa bisa saja terjadi.

1. Pencabutan kuku

Pencabutan kuku dianggap operasi kejam dan dilarang di banyak negara. Selama prosedur ini, buku jari pertama hewan ini dipatahkan dan diamputasi. Akibatnya, kucing mengalami rasa sakit parah di kakinya saat berjalan.

Kamu pernah membuat kesalahan ini? Kamu mau menambahkan sesuatu pada daftar ini?

Kredit foto pratinjau ignite24 / imgur, sushipizza / imgur
Sisi Terang/Hewan/10 Kesalahan yang Harus Dihentikan para Pemilik Kucing
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya