Sisi Terang
Sisi Terang

10+ Pasangan Hewan Ini Hampir Identik (dan Begini Cara Membedakannya)

Apa kamu sadar, kita mungkin secara tidak sengaja menyebut sejumlah hewan dengan nama yang salah. Dan hewan-hewan ini bukannya hewan asing yang belum pernah kita lihat, melainkan hewan yang selalu ada di depan mata kita. Beberapa orang bahkan mengabaikan fakta bahwa dromedari/unta arab dan unta lainnya berbeda.

Dengan mengingat hal ini, Sisi Terang sedikit meriset pasangan hewan yang sering dikira sama, dan menemukan apa saja perbedaan di antara keduanya. Jadi, teruslah membaca dan buat seseorang terkesan dengan memberi tahu mereka bahwa mereka tidak sedang melihat unta, melainkan sedang melihat dromedari!

1. Unta dan dromedari

Kemungkinan besar, orang yang pernah melihat foto dromedari berpikir foto itu adalah unta, dan jika tebakan kami benar, kemungkinan besar, mereka pasti baru tahu tentang spesies bernama dromedari ini setelah membaca artikel ini. Kalau kamu adalah salah satunya, kamu tidak perlu cemas. Lagi pula, perbedaan keduanya tidak begitu jauh.

Dromedari adalah spesies dari genus unta, tapi keduanya punya beberapa perbedaan mencolok. Kamu bisa membedakannya dari segi bentuknya, sebab bulu unta lebih panjang, juga dari jumlah punuk yang dimiliki keduanya. Unta punya dua punuk, sementara dromedari hanya punya satu.

2. Llama dan alpaka

Llama dan alpaka terlihat sangat mirip karena memang berasal dari keluarga hewan yang sama, seperti yang kami sebutkan tadi... Bisakah kamu membedakannya? Anehnya, alpaka dan llama sama-sama merupakan kerabat unta. Cabang famili mereka disebut camelidae (jadi, kita bisa menganggap mereka seperti sepupu).

Tapi ada banyak perbedaan di antara alpaka dan llama. Llama lebih besar dari alpaka, llama juga punya wajah dan telinga lebih panjang. Selain itu, llama punya wajah yang lebih gemuk, sementara alpaka punya bulu yang lembut dan halus. Pasti enak sekali jika dielus! Eits, mereka belum tentu mau kamu sentuh, karena keduanya adalah hewan yang sangat pemalu.

3. Domba dan kambing

Pertama-tama, domba dan kambing jelas tidak ada hubungannya dengan unta. Keduanya termasuk dalam subfamili Caprinae. Bergantung pada jenisnya, bentuk domba atau kambing sangat beragam. Perbedaan visual ini termasuk janggut kambing dan bibir atas domba yang terbelah. Selain itu, ekor domba menggantung ke bawah, sedangkan ekor kambing yang pendek terangkat ke atas.

Jika domba yang kamu lihat bertanduk, kamu masih bisa membedakan keduanya karena tanduknya biasanya berbentuk bulat dan spiral, sedangkan pada kambing, bentuknya lonjong dan pipih, tergantung jenisnya.

4. Gurita dan cumi-cumi

Meski cumi-cumi dan gurita hidup di air, keduanya tidak sama. Pertama-tama, gurita punya 4 pasang lengan, sementara cumi-cumi memiliki 8 tentakel dan 2 yang dianggap lengan. Selain itu, dengan sejumlah pengecualian, cumi-cumi jauh lebih kecil daripada kebanyakan gurita.

5. Bebek dan angsa

Keduanya terlihat sangat mirip dan melihat salah satunya sering terasa sangat menyenangkan, tapi akan jauh lebih baik jika kita bisa membedakannya, ’kan? Untuk bisa membedakannya, kamu harus membandingkan ukurannya. Angsa leher pendek lebih besar dan punya leher lebih panjang dibanding bebek. Selaput pada kaki angsa leher pendek pun cenderung lebih menonjol dibandingkan kaki bebek.

6. Semut dan rayap

Oke, mengetahui apakah ada rayap atau semut di rumahmu adalah hal yang mudah. Keduanya sama-sama menyerang rumahmu, yang satu dengan menyerang perabotan kayu, sementara yang lain mencuri gula. Akan tetapi, meski kecil, kamu pasti tetap menyadari keberadaan keduanya. Apalagi mereka sering datang dalam jumlah besar...

Meski begitu, kalau kamu ingin tahu dengan cepat serangga mana yang menyerbu rumahmu, kamu harus tahu bahwa saat keduanya punya sayap, kamu bisa membedakannya dengan melihat pinggang dan antenanya. Rayap punya pinggang besar dan antena lurus, sementara semut memiliki pinggang yang lebih longgar dan antena bengkok. Bagaimanapun, kecuali kamu menyukai serangga, kamu takkan senang menemukan salah satu dari mereka bersembunyi di dalam barang-barangmu.

7. Kodok dan katak

Katak dan kodok tidak sama seperti yang kita kira. Bahkan, keduanya dapat dengan mudah dibedakan. Katak berukuran lebih kecil dan berkulit lebih halus. Di sisi lain, kodok biasanya lebih kuat, berotot, dan punya kaki yang lebih pendek dibanding katak. Katak punya bentuk tubuh yang lebih memanjang, termasuk kakinya.

8. Monyet dan simpanse

Bukankah monyet dan simpanse itu sama? Jawabannya, tidak. Spesies monyet tidak termasuk simpanse, begitu pula gorila, yang sering dianggap kera (kata ini juga digunakan sebagai sinonim untuk “monyet”, tapi dalam ilmu hewan, kera sebenarnya termasuk cabang studi lain). Perlu diperhatikan bahwa monyet lebih kecil dan lebih berbulu. Selain itu, fitur yang paling khas dari simpanse adalah, seperti halnya manusia dan tidak seperti monyet, mereka tidak berekor.

9. Panda merah dan rakun

Agar jelas, perbedaan di antara keduanya bukan karena panda merah berkerabat dengan beruang panda! Jika bukan karena warna panda merah yang mencolok, dia bisa sangat mudah menyamar menjadi rakun, karena keduanya sangat mirip. Keduanya punya ekor belang dan sama-sama suka memanjat pohon. Akan tetapi, seperti yang bisa kita lihat dalam gambar, moncong panda merah lebih pipih daripada rakun, dan bintik-bintik di sekitar matanya tidak hitam, melainkan putih.

10. Bunglon dan iguana

Ciri yang paling bisa membedakan kedua reptil ini adalah matanya. Mata bunglon, tidak seperti iguana, punya “lingkaran hitam”. Kelopak mata atas dan bawahnya menyatu sedemikian rupa sehingga membentuk lingkaran sempurna tempat pupilnya bisa melihat. Sementara itu, iguana punya mata yang terlihat mirip dengan apa yang kita sebut sebagai mata normal.

11. Marmot tanah dan anjing padang rumput

Apakah keduanya kembar? Jika memperhatikan kedua hewan itu baik-baik, kamu mungkin akan melihat bahwa mereka jauh berbeda. Keduanya memang berasal dari keluarga Sciuridae yang sama, yang menjelaskan kenapa bentuknya sangat mirip. Tapi anjing padang rumput lebih kecil dan punya kaki lebih pendek dibanding marmot tanah. Marmot tanah juga punya kepala yang lebih datar dan secara umum lebih kuat.

12. Kumbang koksi dan firebug

Kamu tentu harus mengamati kedua makhluk ini dari dekat untuk membedakannya, karena keduanya adalah serangga kecil dengan punggung berbintik merah. Tapi jangan tertukar! Seperti yang kamu lihat, firebug punya tubuh yang lebih memanjang dibanding kumbang koksi. Firebug juga punya antena panjang dan kaki yang lebih menonjol. Selain itu, kumbang koksi punya bintik-bintik melingkar di sayapnya, sedangkan firebug punya bentuk bersudut. Bahkan, terkadang, warna sayap firebug terlihat seperti buatan manusia.

13. Rubah dan jakal punggung hitam

Dengan penampilan yang mirip, bahkan dalam detail kecil seperti ujung telinga, kamu mungkin kesulitan membedakan keduanya. Cara termudah untuk membedakannya adalah dengan memperhatikan warna bulunya. Cuma jakal punggung hitam yang punya bintik hitam besar di punggungnya, sesuai dengan namanya. Punggungnya juga ditutupi bintik-bintik putih, yang tidak dimiliki spesies rubah.

Apa kamu pernah salah membedakan hewan? Pasangan hewan mana yang membuatmu keliru? Apa kamu tahu hewan lain yang serupa, tapi tak sama?

Sisi Terang/Hewan/10+ Pasangan Hewan Ini Hampir Identik (dan Begini Cara Membedakannya)
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya