Sisi Terang
Sisi Terang

12 Ras Anjing Kecil Trendi yang Bikin Orang Ingin Buru-Buru Punya, tapi Kemudian Cepat Kapok

Sebelum membeli seekor anjing, penting untuk selalu mempertimbangkan semua pro dan kontranya. Sebab, meskipun tampilannya lucu dan ukurannya mungil, sebagian di antara ras anjing itu bisa membawa beberapa masalah besar. Itu sebabnya, lebih baik mengetahuinya di muka, sehingga kamu tahu apakah kamu siap menghadapinya atau tidak.

Kami di Sisi Terang ingin dengan jujur memberitahukan kepadamu masalah apa saja yang mungkin akan kamu hadapi jika memutuskan untuk membeli anjing kecil. Mungkin ini akan membantumu mengambil keputusan yang telah diteliti dengan benar, sekaligus juga untuk membantu anjing mendapatkan pemilik yang benar-benar bertanggung jawab.

Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier adalah salah satu ras anjing yang nyaman dipelihara di apartemen. Anjing ini sangat lucu dan memukau orang-orang yang berada di sekitarnya pada pandangan pertama.

Tapi sayang, ras ini memiliki beberapa kelemahan. Anjing Yorkshire Terrier cenderung mengalami stres, ada juga kecenderungan menderita gula darah rendah, dan bertulang rapuh. Selain itu, fakta bahwa bulunya yang mirip rambut manusia, berarti anjing ini membutuhkan mandi dan potong rambut yang teratur. Anak-anak anjing ras ini bahkan butuh perawatan yang lebih saksama, sebab kakinya bisa terluka ketika meloncat dari perabot yang tinggi.

  • Fitur menonjol paling utama dari anjing ini adalah bulunya. Bulu anjing ras ini halus, seperti sutra dan tampak seperti rambut manusia jika ditinjau dari strukturnya. Juga, ras ini tidak memiliki bulu lapisan bawah. Ini menguntungkan sekaligus merugikan. Keuntungannya karena dia hipoglikemia dan hampir tidak pernah mengalami rontok bulu. Kelemahannya bulunya sangat cepat menjadi berminyak, sehingga harus terus-menerus disikat dan dimandikan dengan sampo khusus. © AsiyaHot / Irecommend.ru

Shih Tzu

Anjing kecil ini mirip boneka mainan dan tidak perlu diajak jalan-jalan tiap hari. Ras ini sangat bersih dan mudah dilatih untuk memakai litter box. Ini adalah hewan peliharaan lucu, manis, dan menggemaskan. Anjing ini berteman baik dengan ras lain dan cocok bagi keluarga yang memiliki anak-anak.

Tapi anjing Shih Tzu sangat cepat terbiasa dengan manusia, sehingga tidak tahan kesepian, hal yang menjadi kelemahan besar bagi mereka yang sibuk di kantor sejak pagi sampai petang tiap hari. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan cara mengajak jalan-jalan anjing berbulu putih ini di musim hujan. Apa kamu mau mencuci kakinya saja, atau seluruh tubuhnya, tiap kali pulang dari jalan-jalan? Selain itu, kamu harus sering memotong bulu anjing ras ini agar tampak rapi.

  • Kami memiliki masalah dengan bulu anjing kami. Kami selalu merasa takut. Kami mencoba menyisirnya dengan teratur di musim dingin, tapi di musim semi, ketika cuaca lebih hangat, kami akan membawanya ke salon anjing. © designrooms / Irecommend.ru

Toy Rusia

Toy Rusia adalah anjing yang cukup energik yang suka berjalan, berlari, dan meloncat. Dan anjing ini sangat bisa dilatih.

Tapi meskipun sangat cerdas, anjing ini cukup mengkhawatirkan. Ras ini bisa merasa takut terhadap apa saja di sekitarnya tanpa alasan dan memberi tahu pemiliknya akan hal ini dengan menggonggong keras.

  • Anjing ini menggonggongi tiap bunyi di balik pintu depan. Selain itu, jika seseorang memasuki rumah kami dan menjulurkan tangannya kepada anjing itu, ia akan bersembunyi di bawah sofa dan mulai menggonggonginya tanpa henti. © Alice_Litlay / Irecommend.ru

Jack Russell Terrier

Ras ini bisa disebut teman. Meskipun karakternya mandiri, anjing ini sangat suka kehangatan dan kepedulian pemiliknya. Ras ini juga sangat pandai berkomunikasi dengan anak-anak. Mereka suka naik ke tempat tidur pemiliknya dan tidur di dekatnya.

Ras ini tidak suka tinggal sendiri untuk waktu yang lama dan ketika merasa bosan, ia mungkin akan mulai bermain dan merusak barang-barang di sekitarnya.

  • Suatu saat di pagi hari, aku enggak bisa menemukan bra-ku. Aku mencarinya ke mana-mana, tapi tetap enggak ada. Beberapa saat kemudian, kami lihat anjing kami memasuki kamar seperti seorang ratu dengan bra-ku dipakai di kepalanya seperti topi. © Chamber #6 / VK.com

Kamu juga harus mempertimbangkan bahwa bulu ras Jack Russell Terrier rontok sepanjang tahun, yang menjadikannya seperti penghasil bulu kecil. Jadi, kalau tidak suka membersihkan rumahmu tiap hari, mungkin lebih baik kamu pilih ras lain saja.

Papillon

Ras Papillon bergaul dengan baik dengan anjing-anjing lain dan kucing serta suka hewan lain ikut terlibat dalam permainannya. Anjing kecil ini tergolong berumur panjang, rata-rata rentang umurnya antara 13-16 tahun.

Jangan dikira anjing ini akan betah berada di pangkuan, dalam pelukan, atau dalam tasmu—ras ini suka aktif, sangat aktif.

Anjing ini tidak cocok untuk anak-anak yang masih kecil dan masih aktif menjelajah dunia. Semua ini karena bayi tidak mungkin menjauh dari anjing lucu ini, yang dengan mudah bisa membuat bayi trauma tanpa disengaja.

Chihuahua

Chihuahua bisa berbulu tebal atau berbulu halus. Ini adalah anjing yang aktif, ingin tahu, dan cepat. Ras anjing ini menyukai pemiliknya dan selalu siap berkomunikasi dengannya.

Satu kelemahan besar adalah tulangnya yang rapuh, ini menjadikannya hewan yang mudah cedera. Selain itu, ubun-ubun anjing ini seringnya tidak menutup, dan ini membuat jatuh seperti apa pun berpotensi membahayakan kesehatannya.

Bichon Frise

Ras anjing hias ini berasal dari wilayah Mediterrania. Mereka tidak suka jalan-jalan jauh. 30 menit cukup bagi anjing dewasa dan 15-20 menit cukup bagi anak-anak anjing ras ini.

Bulunya yang cantik butuh perawatan teratur, yang artinya, calon pembeli harus memiliki semua alat yang dibutuhkan dan menguasai keterampilan potong rambut, atau mempercayakan anjing ini kepada tenaga profesional.

  • Cukup sikat bulunya 2 kali seminggu untuk mencegah terbentuknya gimbal. Bulu anjing ini juga butuh dipotong secara teratur. Anjingku kupotongkan bulunya sekali tiap 3 minggu atau sekali sebulan. Bulunya sangat lembut dan pemangkas bulu tidak bisa memotong dengan benar, dan karena itu, harus dipotong secara manual. © _piratka_ / Irecommend.ru

Griffon Belgia

Meskipun mukanya serius, anjing griffon cukup bersahabat dan terbuka. Kadang ras ini disebut anjing berwajah manusia.

Tapi seperti halnya anjing-anjing kecil lain, ras ini merasa cukup khawatir dengan dunia besar di sekitarnya. Ras Griffon biasanya bangga dan sensitif, itu sebabnya ia akan bersikap protektif jika kamu mengganggu dia. Sedihnya, anjing ini cenderung mengalami berbagai masalah mata, jadi pemilik harus sangat memperhatikan hal itu.

Prague Ratter

Tinggal bersama anjng ini sangat nyaman karena ia tenang, suka berada di dekat pemiliknya, dan melakukan itu dengan sangat tidak mencolok.

Lebih baik kamu tidak memelihara anjing ini jika punya hamster, tikus, atau chinchilla di rumah, sebab ras ini senang sekali mengejar pengerat. Ketika melihat pengerat, insting pemburu anjing ini akan langsung bangkit. Kadang, ras ini bahkan bisa memburu hewan yang lebih besar.

  • Seekor anjing ratter bisa menyerang Anjing Gembala Kaukasia. Naluri mempertahankan dirinya menjadi aktif jika seekor anjing “asing” lewat atau menggonggongi pemiliknya. © FoxLegion / Pikabu

Anjing ini sangat rentan terhadap pilek, jadi jika cuaca sangat dingin, kamu harus menyelimutinya dengan baik.

Anjing Maltese

Kelebihan utama dari ras ini adalah bulu putih saljunya yang sangat indah, yang menjadikan anjing ini seperti mainan yang lembut. Anjing ini sangat terbuka dan gembira. Anjing imut ini sangat menuntut dalam hal nutrisi sebab sangat rentan terhadap alergi makanan.

  • Aku punya anjing Maltese yang super imut. Ia manis, pintar, sopan dan sangat pemilih terhadap makanan. Makanannya harus disajikan hangat, segar, dan mengandung daging. Tapi kadang ia menjadi anjing biasa dan mulai menggali sampah, makan sisa-sisa sayuran, mengunyah bekas kantong teh, dan membawa semua barang ini di sekitar rumah. Setelah besedawa dan mengecap-ngecapkan bibirnya, akhirnya dia akan kembali menjadi tuan putri lagi. © Overheard / VK.com

Bulu panjang anjing ini butuh disikat dengan sisir khusus tiap hari. Membuang gimbal secara teratur diperlukan karena anjing akan tampak tidak terawat tanpa bulu panjang yang terjaga.

Bulldog Prancis

Moncong rata dan telinga kelelawar adalah ciri khas ras ini. Jenis ini sangat bisa beradaptasi untuk hidup di apartemen di kota-kota.

Sayang, jenis anjing ini rentan terhadap beberapa penyakit yang cukup parah, seperti masalah dengan tulang belakang, mata, dan pernapasan. Anjing ini tidak tahan hawa dingin, panas, atau cuaca buruk lain.

  • Aku punya seekor kucing dan seekor buldog Prancis. Anjing itu cepat terlatih buang air. Tapi ia enggak suka cuaca hujan—dia menolak berjalan dan kembali pulang. Suatu pagi tempo hari turun hujan, tapi dia tetap harus jalan untuk buang air. Maka kami keluar. Ia berdiri di bawah atap pintu masuk dan menolak melangkah dalam hujan. Aku berdiri di sampingnya dan menunggu naluri alaminya mengambil alih. Pada suatu saat, tetanggaku juga meninggalkan bangunan kami dan anjing itu bergegas masuk. Aku mengejarnya dan dia kembali ke apartemen. Aku membuka pintu depan dan dia buru-buru ke litter box kucing. Sekarang, jika di luar sedang hujan, kucingku harus berbagi kotaknya. © Overheard / VK.com

Anjing ini mendengkur cukup kuat, yang artinya ras ini tidak cocok untukmu jika bunyi dengkur mengganggumu.

Norwich Terrier

Meskipun anjing Norwich Terrier tampak seperti mainan yang lembut, sisi baiknya adalah bulunya tidak akan memenuhi rumahmu.

  • Bulu ras ini tidak rontok. Bulunya akan rontok cuma kalau tidak kamu rawat dengan baik. Menyisir atau menyikatnya di rumah saja cukup bagi ras ini. Bulu anjing ini butuh dipangkas secara teratur (kurang lebih 4 kali sebulan). Tapi menurut pengalamanku, lebih baik pemilik menyisir sendiri bulu lamanya di rumah atau di luar setidaknya sebulan sekali. © Andrey / Tvoidrug

Anjing ini sangat aktif dan berisik berkat masalah pernapasannya, dan orang yang lebih suka hewan peliharaan yang lebih tenang mungkin menganggap ini sebagai kelemahan.

Apa kamu punya hewan peliharaan berbulu dan berkaki empat? Kesulitan apa yang belum kamu ketahui, tapi harus kamu hadapi saat memiliki hewan ini?

Sisi Terang/Hewan/12 Ras Anjing Kecil Trendi yang Bikin Orang Ingin Buru-Buru Punya, tapi Kemudian Cepat Kapok
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya