Sisi Terang
Sisi Terang

14 Tips untuk Membuat Anjing yang Sudah Tua Merasa Nyaman

Kalau kamu memelihara anjing, kamu mungkin menyadari bahwa temanmu ini berubah seiring berjalannya waktu baik secara fisiologinya, kecepatan geraknya, suasana hati, maupun lainnya. Itulah sebabnya sangat penting untuk memberinya makanan tertentu seiring bertambahnya usia si anjing.

Sisi Terang ingin memberimu 14 rekomendasi untuk dipertimbangkan terkait dengan merawat anabulmu setelah ia tidak lagi selincah waktu kamu mengadopsinya dulu.

1. Ajak anjingmu berjalan-jalan sebentar.

Anjing yang sudah tua cenderung memiliki kondisi yang membatasinya saat berolahraga atau berjalan-jalan. Jadi, ia mungkin akan lambat atau harus sesekali beristirahat untuk mengambil napas. Bagaimanapun juga, ia tidak boleh berhenti sepenuhnya berjalan-jalan. Namun, harus diingat untuk menjaga jalannya tetap singkat dan stabil. Misalnya, alih-alih pergi selama 30 menit dua kali sehari, lakukan tiga kali selama 10 atau 15 menit agar tidak terlalu lelah.

2. Ajak anjingmu berjalan-jalan di area yang mudah dilewati.

Aspek lain yang harus kamu pertimbangkan saat membawa anjing yang sudah tua berjalan-jalan adalah membiarkannya berjalan-jalan di tanah yang lembut. Mungkin bagi kamu yang hidup di perkotaan, hal ini sulit dilakukan, tapi cobalah untuk menghindari aspal sebanyak mungkin. Hindari membuat kesalahan yang umum dilakukan saat berjalan-jalan, antara lain membawa si anjing saat cuacanya tidak menyenangkan, saat matahari dan suhunya sangat panas, atau saat cuaca terlalu dingin.

3. Hindari melompat saat bermain dengannya.

Untuk menghindari kerusakan sendi, hindari membuat anabulmu melompat atau melakukan gerakan tiba-tiba saat bermain dengannya. Tentu saja, itu tidak berarti kamu harus berhenti bermain dengan anjingmu yang sudah tua. Sebaliknya, saat ia sudah tua, anjing perlu dimanjakan dan disayang-sayang.

Selain itu, untuk menunda kemunduran fungsi kognitif anjingmu, stimulasi pikirannya lewat permainan yang membuatnya berpikir. Kamu bisa melakukannya dengan benda-benda yang ada di rumahmu, misalnya dengan mengeluarkan barang dari kotak, menyembunyikan barang-barang di bawah handuk agar bisa ia temukan, atau membangun labirin dari kursi yang ditutupi dengan seprai supaya anabulmu bisa melewatinya. Pastikan saja agar tidak membuat permainan itu terlalu sulit hingga anabulmu akan jadi frustrasi dan sedih.

4. Perhatikan diet anjingmu.

Layaknya manusia, saat mencapai usia tertentu, anjing memerlukan diet khusus yang memenuhi kebutuhannya dalam hal kuantitas dan kualitas. Penting untuk menambahkan vitamin dan suplemen ke dalam makanannya untuk mencegah berbagai penyakit, khususnya yang berkaitan dengan sendi karena radang sendi adalah masalah yang sering terjadi. Kamu juga harus memastikan memberi anjingmu jumlah makanan yang tepat untuk mencegah naik atau turunnya berat badan.

5. Pijat anjingmu.

Pijatan dengan tekanan yang lembut bisa membantu anjing yang sudah tua merasa relaks, melegakan rasa sakit atau kontraktur. Pijatan ini akan membantunya beristirahat dan tidur lebih nyenyak. Memijat anjing juga akan memperkuat ikatanmu dengannya dan membantunya meningkatkan fleksibilitas serta sistem sirkulasi si anjing.

6. Belikan tempat tidur berkualitas bagus.

Setelah mencapai usia tertentu, tulang anabulmu mungkin mulai terasa sakit saat ia berbaring di lantai. Membelikan tempat tidur anjing yang baik adalah ide yang bagus. Dengan begitu, ia akan bisa berbaring santai di atasnya dan tidak akan mengalami sakit otot dan tulang. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak ranjang bagi anabulmu di berbagai bagian rumahmu. Jadi, anabulmu bisa merasa nyaman dan santai di lingkungan lainnya.

7. Lebih sabar dengannya.

Setelah bertahun-tahun, hewan peliharaan kita bisa semakin moody dan lebih mudah marah. Kamu harus lebih bersabar, bertoleransi, dan menunjukkan kasih sayangmu, sekaligus memperkuat hubungan dengannya. Anjingmu mungkin punya alasannya sendiri untuk bersikap nakal; terkadang ini menjadi tanda kondisi yang mendasar.

8. Dorong anjingmu untuk menggunakan indra penciumannya sebagai pemandu.

Sebagian dari tanda-tanda anjing semakin tua adalah hilangnya kemampuan tertentu, kognitif, dan gangguan sensorik secara bertahap. Namun, indra penciuman adalah satu-satunya yang tidak akan hilang saat anjing makin menua. Itu sebabnya sangat penting untuk menstimulasi dan mendorongnya menggunakan penciuman lewat permainan. Misalnya, kamu bisa mengajari anjingmu untuk memercayai hidungnya untuk memandunya. Coba sembunyikan camilan favoritnya di suatu tempat dan anabulmu bisa menggunakan hidungnya untuk mengendus dan mencarinya. Harap diingat, kegiatan ini tidak boleh terlalu sulit dilakukan atau anjingmu akan menjadi frustrasi.

9. Mengambil jalur yang berbeda.

Memang benar kalau jalan-jalan untuk anabul yang sudah tua harus lebih singkat. Namun, penting juga kalau ia melakukan aktivitas yang berbeda, seperti pergi ke tempat-tempat yang baru dan menstimulasinya. Kalau bisa, ajak anabulmu naik mobil untuk berjalan-jalan di tempat yang berbeda, lebih baik luar ruangan agar ia bisa terus menstimulasi indranya lewat penemuan barunya. Kalau kamu tidak bisa pergi jauh untuk alasan apa pun, kami menyarankan memindahkan beberapa objek di sekeliling rumah untuk membuat lingkungan yang berbeda.

10. Ajari anjingmu keahlian yang baru.

Kalau anjingmu selalu sangat aktif, terus mengajarinya trik atau keahlian yang baru meskipun ia semakin menua adalah ide yang bagus. Namun, ingat, akan memakan waktu lebih lama untuk si anjing bisa melakukannya dan belajar trik baru. Selain itu, pastikan juga agar tingkat kesulitannya tidak terlalu berlebihan. Melakukan kegiatan ini akan membuat pikirannya tetap aktif.

11. Kembangkan rutinitas harian.

Rutinitas ini harus terdiri dari momen untuk berjalan-jalan, makan, dan istirahat, selalu pada waktu yang sama. Misalnya, kalau anjingmu mengalami Sindrom Kelainan Kognitif atau Cognitive Dysfunction Syndrome (Sindrom Alzheimer pada Anjing), mengembangkan rutinitas yang tepat akan membantu si anjing mengetahui di awal bagaimana harinya akan berlangsung. Alhasil, ini akan memberi rasa aman dan membuat anjingmu merasa bahagia dan nyaman.

12. Bawalah si anjing ke dokter hewan lebih sering.

Pemeriksaan rutin, kira-kira setiap enam bulan sekali, sangat penting sehingga dokter hewan bisa mendeteksi masalah apa saja secepat mungkin dan menemukan solusi terbaik. Dengan begini, kamu bisa menghindari ketidaknyamanan bagi hewan peliharaanmu. Ini juga bisa menghindarkan anjingmu dari perawatan menyakitkan karena masalah kesehatan yang mungkin terjadi dan tidak terdiagnosis dengan segera. Jika terkait dengan kesehatan, pencegahan selalu jadi jalan keluarnya.

13. Beri hadiah lebih sering untuk anjingmu.

Anjing yang sudah tua masih merasa bahagia setiap kali ia melakukan sesuatu yang benar dan berilah ia hadiah. Itu sangat krusial untuk terus membuat si anjing merasa menjadi bagian dari keluargamu sehingga ia tidak akan merasa terbuang setelah ia sedikit lebih tua. Kamu bisa memberinya camilan khusus untuk anjing yang sudah tua, tapi selalu pertimbangkan kondisi dan berat badannya.

14. Ajak anjingmu berenang.

Berenang adalah bentuk olahraga menenangkan yang memperkuat otot anjing tanpa memengaruhi persendian. Untuk alasan itu, membawa anjingmu berenang di kolam renang khusus atau menginap di suatu tempat yang bisa dinikmati si anjing merupakan ide yang bagus. Namun, hindari tempat-tempat yang berarus kuat agar si anjing tetap bisa mengapung dengan sedikit usaha. Di akhir sesi berenang, ingatlah untuk mengeringkan tubuh si anjing agar terhindar dari hipotermia.

Apa kamu punya anjing yang sudah tua di rumah? Apa perawatan khusus yang kamu berikan kepadanya?

Kredit foto pratinjau moodyfoodie99 / Reddit
Sisi Terang/Hewan/14 Tips untuk Membuat Anjing yang Sudah Tua Merasa Nyaman
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya