Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

15+ Hewan Transparan Ini Membuktikan Bumi Penuh Keajaiban

Terdapat banyak hewan yang seolah menemukan jubah tembus pandang dari seri Harry Potter untuk melindungi diri dari predator. Beberapa bahkan sepenuhnya transparan dan cuma ada sepasang mata yang mengungkapkan keberadaannya di bawah kulit yang sebening kaca. Bahkan ada yang lebih menarik, beberapa dari mereka tidak dilahirkan seperti ini, melainkan mengembangkan tipe tubuhnya menjadi transparan sebagian atau penuh selama bertahun-tahun, seperti gurita kaca dan katak kaca.

Sisi Terang tak pernah bosan menjelajahi keajaiban alam semesta, oleh karenanya, kami mengumpulkan hewan-hewan tembus pandang terlangka yang akan membuatmu ingin menyentuh mereka secara langsung agar percaya bahwa mereka memang ada.

1. Surgeonfish Remaja Transparan

Kalau kamu terheran-heran kenapa ikan transparan yang indah ini terlihat tidak asing, jawabannya adalah karena ia merupakan anggota keluarga Dory, teman Nemo di film Finding Nemo. Ini adalah surgeonfish remaja dan spesiesnya bernama Acanthuridae. Ikan ini tinggal di lautan tropis.

2. Portuguese Man o’ War

Portuguese man o’ war atau Physalia physalis bukanlah ubur-ubur meski bentuknya sangat mirip, hewan ini punya tentakel panjang yang sengatannya sangat sakit dan beracun, berbahaya bagi ikan, bahkan manusia. Nama hewan ini didapat dari bentuknya yang aneh. Jenis man o’ war ada beragam dan yang paling populer adalah Portuguese man o’war Atlantik yang hidup di permukaan laut dekat Portugal.

3. Kupu-kupu Sayap Kaca

Tidak seperti kupu-kupu pada umumnya, kupu-kupu yang satu ini tidak punya warna cerah, melainkan transparan. Hewan ini disebut Greta oto dan merupakan anggota dari subfamili Danainae, suku Ithomiini, dan subsuku Godyridina. Sesuai namanya, kupu-kupu sayap kaca punya sayap transparan yang berfungsi sebagai kamuflase.

4. Ikan Es

Chaenocephalus aceratus dikenal sebagai ikan es sirip hitam dan hewan ini termasuk dalam keluarga ikan es buaya yang sebagian besar hidup di Antarktika. Darah hewan ini transparan, seperti tubuhnya, dan punya tulang kerangka yang sangat lemah dan insang berwarna putih krem.

5. Gooseberry Laut

Makhluk imut yang terlihat mirip bola kaca kecil ini disebut Pleurobrachia pileus, tapi lebih dikenal dengan sebutan “gooseberry laut” dan besarnya bisa mencapai 2,5 cm. Mahluk ini adalah ubur-ubur sisir yang hidup di air terbuka. Tentakelnya 20 kali lebih panjang dibanding tubuhnya dan berfungsi untuk menangkap mangsa.

6. Udang Tengkorak

Palaemonetes paludosus adalah makhluk yang lebih dikenal dengan udang tengkorak. Asalnya dari Amerika Serikat bagian tenggara dan sebenarnya merupakan udang transparan. Ia hidup di air tawar, biasanya di danau, dan memakan plankton. Tubuhnya yang transparan berfungsi sebagai kamuflase yang hebat.

7. Rangkaian Salpa maxima yang menyatu

Salpa maxima adalah planktonik berselaput yang berbentuk seperti barel. Nama makhluk ini sebenarnya hanyalah salp. Struktur tubuh gelatin membantunya bergerak dengan mengisap dan memompa air. Salp tinggal di perairan dingin dan dapat terlihat bergerak sendirian atau dalam koloni membentuk rantai panjang.

8. Katak Kaca

Membayangkan katak transparan rasanya mustahil. Tapi makhluk seperti ini memang benar-benar ada di Amerika Serikat Selatan, namanya Katak Kaca dan berasal dari famili amfibi, Centrolenidae. Akan tetapi, mereka biasanya berwarna hijau seperti jeruk nipis, sebagian besar katak kaca sepenuhnya transparan sehingga organ mereka, seperti hati, bisa terlihat dari luar.

9. Amphipod cystisoma neptunia

Amphipod Cystisoma Neptunia adalah makhluk amfipoda dari laut dalam yang punya tubuh tembus pandang. Tubuhnya yang tersamarkan ini melindunginya dari predator dan cuma bisa dilihat lewat foto karena flash atau cahaya dari kamera.

10. Ubur-ubur Abadi atau Turritopsis dohrnii

Turritopsis dohrnii mungkin merupakan makhluk paling luar biasa di Bumi karena merupakan satu-satunya makhluk abadi. Ubur-ubur abadi adalah penghuni perairan Mediterania dan Jepang. Berbeda dari ubur-ubur lain, siklus hidupnya tidak punya batas maksimum. Para peneliti terkejut melihat keajaiban alam ini.

11. Gurita Kaca atau Vitreledonella richardi

Gurita kaca, yang sebenarnya bernama Vitreledonella richardi, mungkin terlihat seperti patung, tapi makhluk ini memang benar-benar ada. Ia berasal dari famili Amphiuridae, bentuknya mirip gelatin, dan sepenuhnya transparan serta dapat ditemukan di lautan tropis. Gurita kaca tidak tumbuh terlalu besar, dengan panjang mantelnya yang bervariasi sekitar 11 sampai 45 cm.

12. Pelagic Nudibranch

Pelagic Nudibranch adalah salah satu gastropoda yang paling terkenal. Ia adalah pemburu di laut terbuka yang meniru bentuk tubuh dan gerakan ikan. Untuk menangkap mangsanya, yaitu ubur-ubur, ia menggunakan rinofora yang mirip tanduk. Ukurannya agak kecil dengan panjang maksimal hanya 5,5 cm.

13. Ikan Sapi Remaja

Makhluk cantik ini adalah ikan sapi remaja. Ikan ini biasanya hidup di sekitar terumbu karang di laguna dan fakta paling menarik tentang mereka adalah mereka bukan cuma tembus pandang, tapi juga lebih sering mengapung, alih-alih berenang.

14. Kumbang Kura-kura Emas

Kumbang indah yang terlihat menakjubkan ini adalah Charidotella sexpunctata atau yang lebih dikenal dengan nama Kumbang Kura-kura Emas. Ia berasal dari famili kumbang daun, Chrysomelidae. Yang menarik dari makhluk ini adalah warnanya berubah seiring hidupnya berjalan, saat dewasa, selama masa kawin, dan lain-lain. Kumbang kura-kura emas dewasa berubah dari emas ke merah saat merasa terancam.

15. Malaikat Laut

Malaikat Laut, Gymnosomata, atau ikan kupu-kupu laut adalah moluska yang hidup di Samudra Arktik. Mereka adalah hermafrodit dan mencari makanan dengan berenang mengepak di air. Mereka sepenuhnya transparan dengan sayap pedal yang membuat mereka terlihat seperti malaikat terbang saat bergerak.

16. Cumi-cumi Kaca

Cranchiidae lebih umum dikenal sebagai cumi-cumi kaca. Ada sekitar 60 spesies berbeda dari keluarga Cranchiidae dan panjang mantelnya bervariasi dari 10 cm hingga lebih dari 3 meter. Mereka punya kulit semi-transparan yang digunakan sebagai kamuflase untuk melindungi diri dari predator dan membantu mereka menangkap mangsa.

17. Siput dengan cangkang semi-transparan

Kita jarang melihat cangkang transparan, tapi cangkang siput ini hampir sepenuhnya transparan. Nama aslinya adalah Zospeum tholussum. Hewan ini baru ditemukan pada tahun 2013, di kedalaman gua Kroasia. Ia adalah spesies kecil dengan ukuran sekitar 3 mm. Siput kaca ini biasanya buta dan bentuknya sangat imut.

Sebagian besar makhluk tadi terlihat seperti berasal dari galaksi lain. Apa kamu pernah bertemu dengan salah satunya? Makhluk mana yang ingin kamu lihat lebih dekat atau mungkin ingin kamu sentuh? Tulis di kolom komentar, ya.

Kredit foto pratinjau kaschiee / Instagram
Bagikan Artikel Ini