Sisi Terang
Sisi Terang

7 Hewan Ini Sulit Dikenali kalau Tidak Berbulu

Di dunia hewan, ada ribuan spesimen, beberapa lebih dikenal dibanding yang lain. Mungkin kita mengira kita bisa membedakan karakteristik dari semua hewan yang kita ketahui, tapi pada kenyataannya, kita tidak tahu segalanya tentang mereka! Ada banyak kasus ketika hewan yang, karena penyakit atau perubahan genetik, tidak memiliki bulu, sehingga mereka hampir mustahil dikenali.

Sisi Terang ingin memperlihatkan beberapa gambar hewan tak berbulu yang menakjubkan sehingga kamu bisa mengenal mereka lebih dekat dan terkejut saat melihat mereka tanpa bulu khasnya.

1. Babi tanah

Khas Afrika sub-Sahara, babi tanah adalah hewan nokturnal pemakan rayap. Hewan ini punya telinga mirip kelinci dan ekor mirip kanguru, meskipun bentuknya sangat berbeda dari keduanya!

2. Wombat

Wombat adalah hewan Australia yang mirip dengan beruang dan koala. Hewan ini berbulu seperti boneka beruang, tapi saat masih kecil, mereka hampir tidak berbulu, yang membuatnya terlihat seperti tikus kecil yang imut.

3. Kucing sfinks

Jenis kucing ini sangat mencolok karena bentuknya jauh berbeda dari kucing yang biasa kita lihat. Sekilas, mereka terlihat sangat botak, tapi kenyataannya, mereka punya lapisan bulu yang sangat tipis, hampir tidak terlihat, dan indah.

4. Tikus belanda

Tikus belanda adalah hewan pengerat kecil yang biasanya berbulu halus dan lembut. Tapi ada juga jenis yang dinamai “kurus”, yang diciptakan pada tahun 1978. Jenis ini hanya punya rambut di kaki dan moncongnya, yang ideal bagi mereka yang suka hewan pengerat, tapi alergi terhadap bulunya.

5. Beruang

Beruang yang satu ini bernama Dolores, dan tinggal di kebun binatang di Leipzig, Jerman. Para ahli meyakini bahwa dia dan beruang lain yang tinggal bersamanya, Bianca dan Lolita, kehilangan semua rambut mereka karena pola makan yang buruk dan iklim di sana. Kurangnya bulu membuatnya sangat sulit dikenali.

6. Kanguru

Bayi kanguru sangat imut. Saat lahir, mereka tidak berambut karena lahir prematur. Mereka kemudian menghabiskan 9 bulan di kantong ibu mereka, hingga sampai usia dewasa.

7. Kuda

Percaya atau tidak, kuda tanpa bulu juga ada, lo. Spesimen di foto ini adalah Akhal-Teke dari Turkmenistan. Kurangnya mantel bulu di badannya disebabkan oleh sesuatu yang disebut Naked Foal Syndrome (NFS), sebuah perubahan genetik yang memberinya penampilan spektakuler ini.

Spesimen mana yang paling mengejutkanmu? Apa kamu tahu tentang contoh makhluk tak berbulu yang aneh ini? Hewan apa lagi yang kamu tahu punya sifat seperti ini? Tulis di kolom komentar, ya.

Kredit foto pratinjau AFP / EAST NEWS
Sisi Terang/Hewan/7 Hewan Ini Sulit Dikenali kalau Tidak Berbulu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya